Memelihara reptil merupakan salah satu hobi yang sedang naik daun saat ini. Selain karena tergolong unik dan anti-mainstream, reptil peliharaan juga relatif lebih mudah dirawat ketimbang hewan lain, lho.

Beberapa jenis di antaranya memang ekstrim, sih. Tapi di mata penggemarnya, mereka itu cantik-cantik, kok. Baik itu kura-kura, kadal, hingga ular sekalipun. Sebab, reptil-reptil peliharaan itu memang memiliki bentuk tubuh yang unik, dan dibalut lagi dengan corak yang menarik.

Lalu apa saja sih, jenis reptil yang paling populer dan paling sering dipelihara? Berikut ulasannya:

#1. Reptil Peliharaan Paling Populer, Kura-Kura Brazil

Reptil Peliharaan Kura-Kura Brazil
www.animalspot.net

Kura-kura brazil. Ini dia reptil peliharaan pertama yang paling populer. Kura-kura yang berasal dari bagian selatan Amerika ini juga biasa disapa dengan nama red eared slider (RES). Jenis kura-kura ini termasuk kura-kura air, ya.

Warna tubuhnya kehijauan. Saat masih kecil, mereka berwarna hijau cerah. Namun seiring pertumbuhannya, warna tubuhnya itu akan semakin menggelap.

Selain karena perawakannya yang menarik, kura-kura brazil juga bisa dibilang sangat mudah dan murah untuk dipelihara, lho. Pemberian pakan cukup dilakukan 2 sampai 3 kali saja dalam seminggu, dengan pelet sebagai pakan utama, dan tentunya divariasikan lagi dengan pakan lainnya.

Mudah bukan perawatannya?

#2. Masih dari Keluarga Kura-Kura, di Sini Ada Sulcata

Reptil Peliharaan Kura-Kura Sulcata
www.tortoisesupply.com

Nah, kalau kura-kura sulcata ini merupakan jenis kura-kura darat yang paling populer dipelihara. Mereka juga merupakan salah satu jenis kura-kura darat terbesar di dunia, tepatnya urutan ketiga. Wajar, sebab berat badannya saja bisa mencapai hingga lebih dari 80 kg.

Meski banyak dipelihara, kura-kura sulcata sejatinya kurang direkomendasikan untuk pemula, lho. Mereka cukup sensitif dengan iklim di Indonesia, dan rentan menderita penyakit bladder stone. Apalagi mengingat biaya pembelian dan pemeliharaan yang juga tidak bisa dikatakan murah.

Faktor tempat pemeliharaan juga harus mendapat perhatian. Kura-kura sulcata termasuk jenis kura-kura darat yang pertumbuhannya cukup cepat. Tentu kamu tidak bisa hanya mengandalkan torto table sebagai kandang seumur hidupnya.

#3. Reptil Peliharaan Selanjutnya, Iguana Hijau

Kalau kamu tertarik dengan kadal-kadalan, coba deh intip iguana hijau. Mereka merupakan salah satu jenis iguana termurah dan banyak dipelihara oleh para hobbyist di Indonesia.

Meski termasuk jenis yang “murah”, pesona yang ditawarkan iguana hijau tidak murahan, kok. Perawakannya sudah terlihat sangar, apalagi dengan keberadaan deretan spike di atas tubuhnya. Selain itu, warna hijau yang menghiasi tubuhnya juga membuatnya semakin elegan, lho.

#4. Gecko Juga Banyak Peminatnya, nih

Reptil Peliharaan Leopard Gecko
Reptil Peliharaan Leopard Gecko

Selanjutnya ada gecko. Reptil satu ini juga merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang sempat naik daun, lho.

Ciri khasnya, mereka memiliki kulit yang kasar dan bergelombang, serta memiliki corak yang terlihat sangat eksotis. Jika diperhatikan, gecko terlihat sangat mirip dengan tokek, bukan? Bahkan ekornya pun bisa terputus dan tumbuh kembali.

Untuk perawatannya terbilang mudah, karena gecko cenderung bisa beradaptasi di banyak kondisi.

Gecko dapat tumbuh hingga mencapai panjang 20-28 cm dengan berat sekitar 45-65 gram. Makanan favoritnya adalah laba-laba dan jangkrik.

#5. Reptil Peliharaan yang Tak Kalah Menarik, Ular Piton

Reptil Peliharaan Ular Python
trash-ballerina.tumblr.com

Apa yang pertama kali kamu bayangkan tentang ular piton? Apa menyeramkan? Atau justru menarik? Tentu semua itu kembali lagi ke persepsi masing-masing.

Meski begitu, ular piton tidak melulu dapat dikatakan mengancam, kok. Jika sudah dipelihara, mereka bisa menjadi ular peliharaan yang jinak dan bersahabat. Belum lagi, ular piton juga bukan termasuk jenis ular berbisa, sehingga relatif aman untuk dipelihara.

Karena jenisnya ada banyak lagi, ular piton jadi bisa dipelihara oleh berbagai kalangan, lho. Dengan catatan, jenisnya harus disesuaikan, ya:

  • Kalau masih pemula, kamu bisa memulainya dengan memelihara ball python (Python regius).
  • Kalau kamu mencari yang lebih agresif, jenis retics (Malayopython reticulatus) bisa jadi pilihan kamu.
  • Sedangkan kalau ingin jenis yang berbadan bongsor, cocoknya jenis molu (Python molurus).

#6. Reptil Peliharaan Penuh Warna, Bunglon

Reptil Peliharaan Bunglon
breedinfo.ru

Berbeda dengan kebanyakan jenis reptil peliharaan lainnya, bunglon diketahui lebih rentan mengalami stres. Misalnya ketika suasana lingkungannya tidak sama dengan tempat sebelumnya. Hal ini dikarenakan bunglon bukan tipe hewan yang mudah beradaptasi.

Salah satu keunikan bunglon adalah kemampuan mimikri yang dimilikinya, di mana mimikri ini adalah kemampuan yang memungkinkannya dapat mengubah warna tubuh untuk disesuaikan dengan lingkungannya. Karena itulah bunglon menjadi hewan yang penuh warna.

Jenis bunglon yang paling menarik untuk dipelihara antara lain veiled, jackson, dan panther.

#7. Varanus Salvator, Alias Biawak Air

Reptil yang masih banyak keberadaannya di alam liar Indonesia, tapi juga populer dipelihara. Yup, inilah Varanus salvator, atau yang juga akrab disapa biawak air.

Kalau dikategorikan berdasarkan kejinakannya setelah dipelihara, bisa dikatakan biawak air ini termasuk yang semi jinak. Mau bagaimana lagi, sebab memang mereka sudah bersifat karnivora dari sananya.

Terlepas dari hal tersebut, biawak air tetap punya penampilan yang cantik, kok. Lihat saja tubuhnya yang penuh akan motif bulat-bulat berwarna putih keemasan itu. Dengan warna dasarnya kulitnya yang gelap, biawak air mampu memikat hati para penggemar reptil di berbagai penjuru dunia.

#8. Bearded Dragon, Si “Naga Berjanggut”

Namanya bearded dragon, yang kalau diterjemahkan berarti “naga berjanggut”. Hal ini bukan tanpa alasannya, sebab hewan ini memang bisa memekarkan lehernya, bak seekor naga yang berjanggut.

Asalnya dari Australia. Tepatnya di daerah-daerah semacam padang pasir dan sabana. Namun berkat kepopulerannya, kini hewan ini telah mendunia, hingga banyak dipelihara oleh penghobi reptil di Indonesia.

Selain karena karakternya yang cenderung bersahabat dan tidak agresif terhadap manusia, bearded dragon juga memang punya perawakan yang eksotis, lho. Umumnya tubuh hewan ini didominasi oleh warna kemerahan atau kecokelatan, dengan corak yang minim.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa jenis reptil peliharaan yang paling digemari oleh para pencinta hewan. Di antara semua tadi, adakah yang juga ingin kamu adopsi? Share pendapatmu di komentar, ya!

Semoga bermanfaat.