Variasi Makanan Kura kura Agar Gemuk dan Sehat

Sejatinya, makanan Kura-kura sangat bervariasi. Namun sayang, banyak di antara kita yang memelihara Kura-kura ternyata belum mengetahui apa saja variannya, sehingga bergantung pada satu jenis makanan saja, seperti pelet misalnya.

Hal tersebut pastinya kurang baik bagi kesehatan Kura-kura. Sebab nutrisinya akan kurang terpenuhi. Selain itu, Kura-kura juga akan merasa bosan dengan apa yang dimakannya, sehingga melakukan aksi mogok makan sampai makanan yang diiinginkannya ia dapatkan.

Berdasarkan kebiasaan makannya, Kura-kura dapat digolongkan menjadi 3 kelompok, yakni Kura-kura karnivora (pemakan daging), Kura-kura herbivora (pemakan tumbuhan), dan Kura-kura omnivora (pemakan segala).

Setiap jenis Kura-kura tentu memiliki variasi makanannya sendiri, tergantung di dalam kelompok manakah ia berada. Apakah ia termasuk karnivora, herbivora, atau omnivora.

Kura-kura karnivora tidak bisa kita paksakan untuk mengkonsumsi sawi, karena mereka merupakan pemakan daging. Dan begitu pula sebaliknya, Kura-kura herbivora tidak bisa kita beri Pinkies, karena mereka hanya memakan tumbuhan saja.

Pertanyaannya sekarang, ada di kelompok manakah Kura-kura peliharaanmu? Kamu harus mengetahuinya terlebih dahulu sebelum memutuskan memberikannya makanan apa.

Untuk mengetahuinya, yuk kita bahas jenisnya satu per satu…

Makanan Kura kura Brazil (Red Eared Slider)

Sumber: www.Thesprucepets.com

Kura-kura Brazil merupakan jenis Kura-kura peliharaan terpopuler saat ini. Selain karena menawarkan paras yang menawan, harganya pun sangat terjangkau. Karena itu, Kura-kura ini banyak dipelihara oleh berbagai kalangan.

Kura-kura Brazil termasuk jenis Kura-kura omnivora yang berarti pemakan segala. Pilihan makanan yang bisa dikonsumsi oleh Kura-kura Brazil di antaranya adalah pelet, sawi putih, wortel, pisang, pepaya, serangga, cacing, ikan, daging ayam, tulang sotong, dan sebagainya.

Makanan Kura kura Sulcata

Sumber: YouTube

Salah satu jenis Kura-kura herbivora alias pemakan tumbuhan adalah Kura-kura Sulcata. Ia berasal dari daratan gersang di Afrika. Habitat aslinya yang minim air membuat tubuhnya beradaptasi sehingga tidak membutuhkan jumlah air yang banyak.

Jika dilihat dari karakternya yang seperti itu, maka makanan yang dipilih haruslah jenis sayuran dengan kandungan air cukup dan tidak berlebih, namun tetap kaya akan serat.

Kura-kura Sulcata biasa diberi pakan berupa selada air, kaktus centong, bunga sepatu, wortel, sawi hijau, buncis, siomak, fumak, semanggi, kangkung, dan sebagainya.

Makanan Kura kura Aldabra

www.Tortoiseforum.org

Selain Kura-kura Sulcata, Si raksasa Aldabra juga termasuk kelompok Kura-kura herbivora. Memang sih kalau melihat secara umum, mayoritas –atau bahkan semua- jenis torto (Kura-kura darat) merupakan jenis hewan yang tergolong herbivora.

Kura-kura Aldabra adalah sosok vegetarian bertubuh besar. Bahkan ia disebut-sebut sebagai Kura-kura terbesar ke dua dunia setelah si legendaris Kura-kura Galapagos.

Mulutnya yang tak bergigi itu selalu nampak lahap saat mengkonsumsi sayur mayur nan segar. Beberapa makanan Kura-kura Aldabra yang biasa diberikan oleh para hobbyist adalah kaktus centong, fumak, siomak, bunga sepatu, caisim, semanggi, kailan, wortel, dan kangkung.

Makanan Kura kura Aligator (Alligator Snapping Turtle)

Sumber: Reptilepark.com.au

Kura-kura Aligator merupakan salah satu jenis Kura-kura karnivora yang biasa dipelihara. Di kalangan para hobbyist, ia dikenal dengan nama Alligator Snapping Turtle (AST).

Ada yang unik dari caranya makan. Walaupun termasuk sosok predator, namun mereka tidak agresif mencari mangsa. Kura-kura AST memilih berdiam diri menyerupai batu, membuka mulutnya menganga lebar, dan menunggu mangsa datang kepadanya.

Lidah menjadi umpannya. Iya, mereka menggunakan lidahnya yang mirip cacing itu sebagai umpannya. Lidahnya akan mereka goyangkan hingga nampak begitu mirip seekor cacing. Dengan trik licik seperti itu, ikan-ikan akan mengira itu santapannya.

Naas, begitu ikan menghampiri lidah cacing itu, Kura-kura AST dengan sigap akan menutup rahangnya seketika. Rahang yang mampu memecahkan kaleng soda itu akan membunuh mangsanya, lalu mengoyak dagingnya, hingga seluruhnya tertelan ke dalam perut laparnya.

Makanan Kura-kura AST di antaranya adalah ikan segar, udang, ulat hongkong, jangkrik, pelet, cacing, kecoa dubia, kodok, pinkies (anak tikus putih yang masih kemerahan tanpa bulu), dan daging-dagingan lainnya.

Makanan Kura kura Penggigit (Common Snapping Turtle)

Sumber: Pixfeeds.com

Masih dari kelompok karnivora, kali ini merupakan kerabat dekat Kura-kura AST. Common Snapping Turtle alias CST namanya.

Berbeda dengan kerabatnya yang berburu secara pasif, Kura-kura AST lebih bersikap agresif dalam berburu. Mereka akan berburu secara manual, mengejar mangsanya hingga tertangkap dalam cengkraman mulutnya yang mengerikan itu.

Di habitat aslinya, Kura-kura CST sering memilih bangkai sebagai santapannya. Tak jarang juga mereka menyerang orang-orang yang berenang di sungai hingga menyantap anak bebek yang melintas di permukaan.

Namun saat dipelihara oleh para hobbyist, Kura-kura ini biasa diberi pakan layaknya kura-kura karnivora peliharaan lainnya. Di antara makanannya adalah pinkies, pelet, kodok, kecoa dubia, cacing, jangkrik, ulat hongkong, ikan, dan udang. Mirip seperti pakan Kura-kura AST.

***

Nah, jadi jenis Kura-kura apa yang kamu miliki?

Jika bukan termasuk salah satu dari lima Kura-kura di atas, kamu hanya perlu mengetahui sifat makanan dari Kura-kura peliharaanmu. Apakah mereka tergolong omnivora, herbivora, atau karnivora?

Kura-kura karnivora bisa diberi pakan yang sama seperti Kura-kura karnivora lainnya. Begitu pula dengan Kura-kura herbivora maupun omnivora. Samakan sifatnya, dan berikan ia pakan yang sesuai dengan sifatnya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat yaa…

Leave a Reply