Categories
Reptil

Pilihan Makanan Kura-Kura CST yang Sehat dan Penuh Gizi

Kura-kura CST (Common Snapping Turtle) adalah salah satu jenis kura-kura air tawar yang memiliki penampilan menyeramkan dan ganas. Kura-kura ini memiliki nama latin Chelydra serpentina dan habitat aslinya berada di Amerika Utara.

Kura-kura CST termasuk kura-kura predator yang sangat rakus dan dapat memakan berbagai macam daging-dagingan. Namun, tidak semua makanan cocok untuk kura-kura CST. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan, infeksi, atau kerusakan tempurung.

Lalu, apa saja makanan yang baik untuk kura-kura CST? Berikut ini adalah beberapa pilihan makanan yang sehat dan bergizi untuk kura-kura CST.

Makanan Kura-Kura CST

#1. Makanan Kura-Kura CST: Udang

yummy.ph

Udang adalah salah satu makanan favorit kura-kura CST.

Udang memiliki aroma amis yang kuat dan rasa yang lezat yang dapat memancing selera makan kura-kura. Udang juga mengandung protein, lemak, kalsium, dan karoten yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan kura-kura.

Kamu bisa memberikan udang segar, beku, atau kering kepada kura-kura CST. Namun, sebelum memberikan udang, sebaiknya kamu membuang bagian kepala, ekor, dan kulitnya karena dapat menyebabkan tersedak atau luka pada mulut kura-kura.

Selain udang, kamu juga bisa memberikan beberapa jenis seafood lainnya, seperti cumi, kerang, atau kepiting.

#2. Makanan Kura-Kura CST: Ikan Kecil

aquariumcoop.com

Ikan kecil adalah salah satu makanan alami kura-kura CST di habitatnya. Kura-kura CST dapat memburu dan melahap ikan kecil dengan cepat dan mudah. Banyak ikan kecil mengandung protein, lemak, dan vitamin yang penting untuk kura-kura CST.

Kamu dapat memberikan ikan kecil yang hidup atau mati kepada kura-kura CST. Jika kamu memberikan ikan mati, sebaiknya kamu memilih ikan yang segar dan tidak berbau busuk. Kamu juga sebaiknya membuang bagian duri dan kepala ikan karena dapat menyebabkan luka atau infeksi pada kura-kura.

Beberapa jenis ikan kecil yang bisa dipilih, antara lain seperti guppy, molly, atau goldfish.

#3. Makanan Kura-Kura CST: Cacing-cacingan

reconnectwithnature.org

Cacing-cacingan adalah makanan yang mudah didapatkan dan murah untuk kura-kura CST. Cacing-cacingan memiliki tekstur yang lembut dan mudah dicerna oleh kura-kura. Cacing-cacingan juga mengandung protein, lemak, dan mineral yang baik untuk kura-kura CST.

Kamu bisa memberikan cacing-cacingan yang hidup atau mati kepada kura-kura CST. Kalau kamu memberikan cacing-cacingan mati, sebaiknya kamu memilih cacing-cacingan yang beku atau kering.

Di samping itu, kamu juga harus mencuci cacing-cacingan sebelum memberikannya kepada kura-kura untuk menghilangkan kotoran atau bakteri yang mungkin ada.

Jjenis cacing-cacingan yang bisa diberikan kepada kura-kura CST kesayangan kamu, termasuk cacing tanah, cacing sutra, atau cacing beku.

#4. Makanan Kura-Kura CST: Ulat-ulatan

digitani.ipb.ac.id

Ulat-ulatan adalah makanan yang menarik dan bervariasi untuk kura-kura CST. Ulat-ulatan memiliki bentuk dan warna yang beragam yang dapat merangsang insting berburu kura-kura. Ulat-ulatan juga mengandung protein, lemak, dan kalsium yang baik untuk kura-kura CST.

Kamu dapat memberikan ulat-ulatan yang hidup atau mati kepada kura-kura cst. Jika Anda memberikan ulat-ulatan mati, sebaiknya kamu memilih ulat-ulatan yang sudah dikeringkan.

Kamu juga harus selektif dalam memilih ulat-ulatan sebelum memberikannya kepada kura-kura untuk memastikan tidak ada ulat-ulatan yang sakit atau beracun.

Kamu bisa memberikan jenis ulat-ulatan seperti maggot, ulat hongkong, atau ulat jerman.

#5. Makanan Kura-Kura CST: Pelet

piscespros.com

Pelet adalah makanan yang praktis dan bergizi lengkap untuk kura-kura CST. Pelet memiliki bentuk dan ukuran yang sesuai dengan mulut kura-kura dan mudah disimpan. Pelet juga mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang seimbang untuk kura-kura CST.

Kamu bisa memberikan pelet khusus untuk kura-kura CST yang tersedia di toko-toko hewan peliharaan. Namun, sebaiknya kamu memperhatikan tanggal kadaluarsa dan komposisi pelet sebelum membelinya.

Tips tambahan, kamu juga bisa merendam pelet dalam air hangat sebelum memberikannya kepada kura-kura untuk menghindari dehidrasi atau sembelit pada kura-kura.

Akhir Kata

Itulah beberapa pilihan makanan yang sehat dan bergizi untuk kura-kura CST.

Kamu dapat memberikan makanan tersebut secara bergantian atau dicampur untuk memberikan variasi kepada kura-kura. Kamu juga harus menyesuaikan jumlah dan frekuensi pemberian makanan dengan usia, ukuran, dan aktivitas kura-kura.

Dengan memberikan makanan yang tepat, kamu dapat menjaga kesehatan dan kebahagiaan kura-kura CST kesayangan kamu. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *