Jenis dan Harga Kura Kura Peliharaan Ini Menarik Untuk Dipelihara

Kura-kura merupakan salah satu jenis hewan peliharaan dari golongan reptil yang memiliki empat kaki. Dengan tempurungnya yang unik, kura-kura juga menjadi salah satu jenis hewan peliharaan yang unik dan harganya pun bervariasi.

Sebelum masuk ke inti artikel, yaitu jenis dan harga untuk kura-kura peliharaan, tidak ada salahnya menyinggung terlebih dahulu untuk mengenal hewan yang satu ini.

Jika diperhatikan, tempurung kura-kura ini terdiri atas dua bagian. Bagian pertama adalah punggungnya yang disebut dengan istilah karapas (carapace), sedangkan bagian kedua adalah bagian perutnya yang biasa disebut plastron.

Setiap bagian-bagian tersebut ternyata memiliki lapisan lagi, yaitu lapisan luar dan lapisan dalam. Biasanya, lapisan luar tempurung berbentuk sisik-sisik yang besar, keras, dan tersusun layaknya genting rumah. Sedangkan lapisan dalamnya berbentuk lempengan-lempengan tulang yang tersusun rapat seperti tempurung. Kedua lapisan tersebut berfungsi untuk melindungi tubuhnya yang lunak dari musuhnya.

Secara umum, jenis kura-kura dibagi menjadi 2 jenis, yaitu kura-kura air dan kura-kura darat. Namun ada pula yang membaginya menjadi 3 jenis, yaitu labi-labi atau bulus, kura-kura darat, dan kura-kura air atau penyu.

Untuk kura-kura peliharaan sendiri dibagi menjadi banyak jenis lagi. Harganya pun bisa berbeda-beda karena bergantung faktor dan alasan tertentu. Berikut ini merupakan beberapa jenis kura-kura peliharaan, baik yang termasuk kura-kura air dan juga kura-kura darat, serta harga per ekornya di pasaran.

Jenis Kura-Kura Air Peliharaan

Jenis kura-kura air peliharaan merupakan jenis kura-kura peliaraan yang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam air ketimbang di darat. Walaupun sebenarnya bisa bernafas di darat, namun jenis kura-kura air peliharaan membutuhkan air untuk melembabkan tubuhnya.

Inilah beberapa jenis kura-kura peliharaan yang hidup di air dan pastinya sangat menarik untuk dipelihara

Jenis Kura-Kura Aligator Snapping Peliharaan / Macrochelys temminckii

Jenis Kura-Kura Aligator Snapping Peliharaan

www.free-pet-wallpapers.com

Jenis kura kura Aligator snapping ini merupakan jenis kura-kura peliharaan yang memiliki bentuk tubuh garang, namun sangat menarik. Selain itu, jenis kura-kura ini juga sedikit agresif karena mudah menyerang dan menggigit.

Jenis Kura-Kura Brazil Peliharaan / Red Eared Slider

Jenis Kura-Kura Brazil Peliharaan

fishbio.com

Jenis kura-kura Brazil merupakan jenis kura-kura yang paling banyak di pasaran Indonesia. Jenis kura-kura Brazil ini juga memiliki corak dan pewarnaan tubuh yang menarik. Selain itu, harganya juga lebih murah ketimbang jenis kura-kura lainnya.

Tubuhnya hampir mirip dengan penyu, namun jenis kura-kura Brazil ini memiliki kuku yang panjang dan tajam. Bahkan dengan kukunya tersebut, jenis kura-kura ini bisa dibedakan antara kura-kura jantan dan betinanya.

Jenis Kura Kura Ambon Peliharaan / Kuya Batok

Jenis Kura Kura Ambon Peliharaan

www.flickr.com

Jenis kura-kura Ambon atau yang dikenal juga dengan nama kuya batok ini adalah salah satu jenis kura-kura peliharaan yang banyak ditemukan di benua Asia, terutama di negara India. Selain itu, jenis kura-kura ini juga banyak ditemukan di negara kita ini, walaupun jumlah di pasaran tidak begitu banyak karena peminatnya juga yang tidak begitu banyak.

Jenis Kura-Kura Darat Peliharaan

Jenis kura-kura darat peliharaan merupakan jenis kura-kura peliharaan yang hanya hidup di darat dan jarang sekali ke air. Biasanya, jenis kura-kura darat peliharaan ini memiliki ukuran yang besar dan harga yang mahal. Berikut ini merupakan beberapa jenis kura-kura peliharaan yang hidup di darat dan pastinya juga sangat menarik untuk dipelihara.

Jenis Kura Kura Aldabra Peliharaan

Jenis Kura Kura Aldabra Peliharaan

hdwallpapershoot.com

Jenis kura-kura Aldabra merupakan salah satu jenis kura-kura terbesar di dunia yang berasal dari Pulau Aldabra Atoll di Seycellessalah. Jenis kura-kura Aldabra termasuk dalam jenis kura-kura terbesar nomer dua setelah kura-kura Galapagos.

Tubuhnya bisa mencapai panjang hingga 1,2 meter, sedangkan bobotnya bisa mencapai 25 kg. Di habitat aslinya, jenis kura-kura peliharaan yang satu ini hidup di semak-semak, rerumputan, dan kayu di hutan bakau.

Warna tubuhnya abu-abu gelap atau hitam dan tidak bercorak seperti kura-kura peliharaan kebanyakan. Uniknya, Jenis kura-kura Aldabra ini mampu memanjangkan lehernya hingga sangat panjang untuk mengambil makanan yang tinggi.

Jenis Kura Kura Radiata Peliharaan

Jenis Kura Kura Radiata Peliharaan

www.wallpapersonweb.com

Jenis Kura-kura Radiata merupakan jenis kura-kura yang berasal dari pulau Madagaskar. Karena disebabkan perburuan secara liar dan berlebihan, kini jenis kura-kura peliharaan yang satu ini termasuk kategori hewan langka sehingga sudah mulai sulit untuk diperjual belikan.

Untuk ukuran tubuhnya, jenis kura-kura Radiata bisa tumbuh hingga 40 cm dan bobotnya bisa mencapai 16 kg. Coraknya terlihat begitu cantik dan mencolok sehingga para pecinta kura-kura peliharaan banyak mencarinya walaupun dengan harganya yang termasuk mahal.

Jenis Kura Kura Sulcata Peliharaan / African Spurred Tortoise

Jenis Kura Kura Sulcata Peliharaan

stompy05.deviantart.com

Jenis kura kura Sulcata ini merupakan salah satu jenis kura-kura peliharaan yang berasal dari benua Afrika. Warnanya yang cerah dan menarik membuat kura-kura ini mampu menarik perhatian dan pandangan para pencinta hewan peliharaan, khususnya para pencinta reptil.

Seperti jenis kura-kura darat lainnya, jenis kura-kura peliharaan yang satu ini juga bisa tumbuh besar. Panjangnya dapat mencapai 90 cm ketika dewasa. Selain ukurannya yang besar, jenis kura-kura Sulcata ini memiliki harga yang tergolong mahal walaupun tidak semahal jenis kura-kura Aldabra.

Harga Kura Kura Peliharaan

Seperti yang telah disinggung di awal tadi, setiap jenis kura-kura peliharaan tentunya memiliki harga yang berbeda-beda. Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor dan alasan. Faktor dan alasan tersebut antara lain adalah kualitas, jenis, populasinya di dunia, ukuran, dan lain sebagainya.

Ada beberapa jenis kura-kura yang dijual di pasaran dengan harga yang cukup murah. Misalnya kura-kura Brazil, anakannya hanya dihargai di bawah 50 ribu rupiah saja. Selain karena ukurannya yang tidak akan sebesar jenis kura-kura darat, populasinya pun masih banyak di dunia ini. Sering kali jenis kura-kura yang berharga murah berasal dari jenis kura-kura air peliharaan.

Selain itu, ada pula jenis kura-kura yang justru dihargai dengan harga yang sangat tinggi. Contohnya adalah jenis kura-kura Aldabra yang harga bisa mencapai 30 juta untuk setiap ekornya. Selain karena ukurannya yang besar, kura-kura ini juga bisa hidup dalam jangka waktu yang sangat lama namun populasinya sudah tak begitu banyak.

***

Selain beberapa contoh jenis kura-kura peliharaan di atas, jumlah varietas kura-kura di dunia ini sangatlah banyak dan bervariasi. Ada jenis kura-kura yang masih legal untuk diperjual belikan dan ada pula yang sudah dilarang karena populasinya yang sudah sangat terbatas.

Selain itu, setiap jenis kura-kura juga memiliki keunikannya masing-masing, baik jenis kura-kura peliharaan yang hidup di darat maupun jenis kura-kura peliharaan yang hidup di air. Keunikan tersebutlah yang menjadikannya begitu diminati di kalangan para pencinta hewan, terutama para pencinta reptil.

Sekian sedikit informasi mengenai jenis-jenis dan harga dari kura-kura peliharaan yang menarik untuk dicoba. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

One Response

  1. Angel October 7, 2017

Leave a Reply