Apa saja sih tankmate ikan palmas yang kira-kira cocok dan bisa hidup berdampingan? Mengingat karakternya yang termasuk ikan bawah, akuarium yang diisi ikan ini jadi terasa kosong-melompong.

Belum lagi ditambah dengan kebiasaannya yang relatif jarang bergerak. Seolah melihat batang kayu yang tenggelam di dasar. Yaa meskipun di beberapa individu ada juga sih yang sedikit lebih heboh dibanding sesamanya.

Intinya, tankmate mungkin diperlukan. Bertujuan untuk lebih menghidupkan suasana akuarium, agar tidak monoton, juga tidak membuat si aquarist bosan dengan ikan jenis ini.

Yuk, kita bahas apa saja tankmate yang cocok buat ikan palmas!

Daftar Tankmate Ikan Palmas

Ikan palmas itu merupakan ikan purba. Jadi, bakal asyik deh kalau konsep akuarium diramaikan dengan jenis ikan purba lainnya. Terkesan eksotis, bukan?

Meski begitu, ikan ini juga bisa kok, digabung dengan sebagian jenis ikan lainnya. Misal, dari anggota keluarga cichlid, sampai ikan yang hobi bersih-bersih.

Berikut ini daftarnya:

#1. Ikan Arwana, Sesama Ikan Purba dan Menghidupkan Bagian Atas

Opsi Pertama Tankmate Ikan Palmas, Arwana
Babab.net

Kalau kamu tertarik dengan konsep akuarium berisi ikan purba seperti yang telah kami singgung tadi, maka arwana adalah salah satu ikan yang bisa kamu pilih.

Iya, ikan arwana juga termasuk salah satu jenis ikan purba, lho. Berdasarkan penemuan fosil dan genetiknya, para ahli meyakaini bahwa arwana setidaknya telah menghuni dunia ini sejak 220 juta tahun yang lalu.

Selain itu, ikan arwana juga merupakan perenang tipe atas dan hobi mondar-mandir. Wah, kalau begini sih, semakin klop saja dengan ikan palmas, ya. Akuarium jadi gak kelihatan sepi lagi, deh.

Soal cantik sudah pasti. Disarankan pilih arwana Asia, seperti jenis super red, golden red, RTG, CBG, dan sebagainya. Sebab, di samping (umumnya) punya warna cerah, ukurannya juga tidak terlalu besar (relatif seukuran dengan palmas).

#2. Tankmate Ikan Palmas Selanjutnya, Sebagian Jenis Gar

Sebagian Jenis Gar
Gersangs.Wordpress.com

Masih dari kalangan ikan purba, sekarang jenis ikan gar atau yang akrab disapa ikan aligator. Mereka juga cenderung menghabiskan waktu di bagian atas, sehingga bisa menghilangkan kesan kosong di akuarium palmas.

Tapi, jangan sembarangan memilih jenisnya, ya. Salah-salah, keselamatan palmas yang bisa jadi taruhannya. Gigi ikan aligator itu tajam, rahangnya lebar, dan ada yang bisa mencapai ukuran luar biasa besar.

Jenis yang bisa kamu pilih sebagai tankmate palmas, sebaiknya adalah jenis gar yang tidak bisa tumbuh terlalu besar. Misalnya, florida gar atau longnose gar.

#3. Berasal dari Benua yang Sama, Cichlid Afrika Juga Bisa Jadi Opsi

African Cichlid Bisa Jadi Tankmate Ikan Palmas yang Sama-Sama dari Afrika
Gerava.com

Palmas dan cichlid afrika berasal dari benua yang sama. Maka dari itu, kalau kamu menginginkan sebuah konsep akuarium yang dihuni oleh jenis ikan dari asal yang sama, maka kedua jenis ikan ini bisa kamu gabungkan.

Ikan cichlid afrika juga umumnya penuh dengan warna dan memiliki ragam varian yang teramat melimpah. Bertolak belakang dengan palmas yang mayoritas identik dengan warna gelap saja. Dengan menggabungkan keduanya, akuarium kamu bakal jadi lebih hidup, deh.

Namun sebaiknya, disarankan untuk memilih ikan cichlid afrika yang bisa tumbuh cukup besar. Misalnya jenis frontosa. Sebab, kalau ukurannya sudah tidak seimbang lagi, bisa-bisa ikan palmas malah menjadikan temannya itu sebagai cemilan.

#4. Datz, Tankmate Ikan Palmas dengan Growth Rate yang Sama-Sama Lambat

Datz Cocok Karena Sama-Sama Lambat Pertumbuhannya
Aquadiction.world

Datz, datnoid, atau disebut juga tiger fish. Merupakan ikan tipe perenang tengah yang cocok untuk meramaikan akuarium. Warnanya yang juga cokelat bergaris hitam, membuatnya tampak senada dengan palmas.

Persamaan lainnya dengan palmas, ialah datz memiliki growth rate (tingkat pertumbuhan) yang juga lambat. Dalam kata lain, mereka seharusnya bisa hidup berdampingan dalam kurun waktu yang cukup lama, tanpa khawatir saling memakan.

#5. Kaviat dan Feifeing, Buat Bantu Bersih-Bersih, nih

Agen Pembersih Dalam Komunitas Tankmate Ikan Palmas
Ferboes.com

Dari divisi bersih-bersih, ikan kaviat dan feifeng bisa jadi pilihan terbaik. Termasuk ikan tipe tengah, aktif bergerak, hemat pakan, bahkan mau membersihkan remeh sisa makanan palmas yang tidak habis.

Akhir Kata

Nah, itulah sebagian jenis ikan yang cocok dipilih sebagai tankmate ikan palmas. Kamu sih tertarik sama yang mana? Ceritakan pendapatmu di komentar, ya!

Oh ya, kalau kamu ingin menambah koleksi ikan palmas kamu, kenali jenis-jenis ikan palmas lainnya di sini, yaa!

Semoga bermanfaat.