Tahukah kamu tentang kura-kura siebenrocki? Itu lho, salah satu spesies kura-kura berleher panjang yang berasal dari Australia.

Saat trend memelihara reptil naik, kura-kura siebenrocki termasuk opsi yang cukup diburu. Mungkin karena keunikan dari lehernya itu, menjadikan kura-kura jenis ini banyak digemari oleh penghobi.

Nah, kamu juga mungkin termasuk orang yang tertarik dengannya, bukan? Untuk itu, yuk kita sama-sama bahas berbagai hal tentangnya di sini!

Pengenalan Kura-Kura Siebenrocki

Kenalan dengan Kura-Kura Siebenrocki
Depositphotos.com

Pertama-tama, mari kita kenali lebih jauh dulu soal kura-kura ini. Silakan simak bahasannya di bawah ini, ya:

#1. Nama dan Klasifikasi

Paling umum sih disebut siebenrocki (kadang disingkat “sieben”). Ada juga yang memanggilnya kura-kura leher panjang atau kura-kura leher ular, mengarah kepada bentuk lehernya yang memang lebih panjang dibanding spesies kura-kura pada umumnya.

Berikut klasifikasinya:

KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoTestudines
Sub OrdoPleurodira
FamiliChelidae
GenusChelodina
Sub GenusChelydera
SpesiesChelodina rugosa

#2. Deskripsi Fisik Kura-Kura Siebenrocki

Secara umum, ciri paling identik dengan kura-kura siebenrocki tentunya adalah bentuk lehernya itu yang sangat panjang. Bagaimana tidak? Panjang lehernya itu bahkan hampir menyamai panjang karapasnya sendiri, lho.

Meski begitu, bukan berarti hanya siebenrocki sajalah yang memiliki leher semacam ini. Sebab, masih ada spesies lain yang juga berleher panjang. Misalnya kura-kura leher panjang asal pulau Rote yang belum lama ini dinyatakan punah di habitat aslinya.

Nah, untuk mengenali fisiknya secara lebih akurat, mari kita lihat juga ciri lainnya dari kura-kura ini, yuk!

2.1. Karapas

Bentuknya seperti telur. Posturnya agak memanjang dan lebih lebar di bagian belakang, dengan tepi karapas yang relatif halus. Warna cokelat gelap mendominasi karapasnya, dengan sedikit warna yang lebih cerah pada bagian bawah dari tepi karapasnya.

2.2. Plastron

Sebagaimana tepi bagian bawah dari karapasnya, plastron kura-kura ini juga berwarna lebih cerah. Lebih ke arah kuning warnanya. Bentuknya oval, dengan lekukan meruncing berbentuk “V” ke dalam di bagian belakangnya.

2.3. Kepala

Selain memiliki leher yang panjang, mereka juga mempunyai kepala yang besar. Seperti yang kurang proporsional dengan karapasnya memang, apalagi di usia mudanya. Meski begitu, justru karena hal inilah jadi banyak orang kepincut padanya.

2.4. Ukuran Tubuh

Ukuran kura-kura siebenrocki umumnya tidak terlalu besar. Panjang karapasnya (SCL/Straight Carapace Length) saat dewasa biasanya berkisar antara 35 sampai 40 cm, baik pada jantan maupun betina.

Namun ingat, panjang tersebut baru hitungan untuk karapasnya saja, ya. Belum termasuk dengan lehernya yang panjang itu. Sedangkan untuk lehernya sendiri bisa berukuran lebih dari 75% panjang karapasnya.

#3. Penyebaran

Kura-kura siebenrocki berasal dari bagian Utara Australia. Karena itulah mereka juga disebut Northern snake-necked turtle dalam bahasa Inggris, yang berarti kura-kura leher ular utara.

Selain itu, daerah penyebaran lainnya dari kura-kura ini adalah bagian Selatan Papua di Indonesia, juga menyambung ke Papua New Guinea yang berada tepat di sebelahnya.

Informasi Perawatan Bagi Kura-Kura Siebenrocki

Pemeliharaan Kura-Kura Siebenrocki
reptilianostra.com

Nah, kamu mungkin tertarik memelihara kura-kura ini, bukan? Sekarang, yuk kita pelajari apa-apa yang harus diperhatikan dalam merawatnya. Ini penjelasan singkatnya:

#1. Tempat Pemeliharaan Kura-Kura Siebenrocki

Kura-kura siebenrocki membutuhkan tempat tinggal yang cukup besar untuk menampung ukuran tubuhnya. Bukan hanya karapas yang perlu diperhatikan di sini, tapi juga panjang lehernya.

Selain itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan jumlah kura-kura yang dipelihara di dalamnya. Semakin banyak jumlahnya, maka semakin luas pula ukuran tempat yang dibutuhkan untuk memeliharanya.

#2. Kedalaman Air

Termasuk perenang ulung yang menyukai air dalam. Selain itu, sebagian keeper juga mengatakan, bahwa kura-kura ini juga jarang mau mampir ke daratan untuk berjemur, meskipun telah disediakan area basking dalam kandangnya.

Nah, maka dari itu, ketimbang kamu repot-repot memberinya area basking kering yang mungkin bakal jarang dimanfaatkan, lebih baik kamu memfasilitasinya dengan kedalaman air yang berbeda, yaitu area berair dalam dan area dengan ketinggian air yang lebih dangkal.

Dengan begitu, kura-kura bisa beristirahat sembari menarik napas, tanpa perlu benar-benar keluar dari air yang mungkin merupakan hal “mengancam” baginya.

#3. Kebutuhan Suhu

Suhu udara yang baik bagi kura-kura siebenrocki berkisar antara 26 sampai 32 derajat celcius. Sedangkan untuk suhu airnya, disarankan kurang lebih 23-24 derajat celcius.

Lebih dari itu, khususnya jika kamu memelihara hewan ini secara indoor, maka kamu harus menjemur kura-kura ini secara rutin di bawah hangatnya sinar matahari, sebelum sinarnya terlalu menyorot terik.

Ini penting. Sebab, sinar matahari bisa membantu untuk menghangatkan dirinya yang notabene termasuk hewan berdarah dingin. Selain itu, matahari juga punya peranan penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin D, serta mencegah jamur maupun penyakit lain terkait fisiknya.

#5. Teman “Serumah”

Secara umum, mereka berkarakter ramah terhadap teman satu rumahnya. Meski demikian, selayaknya pada spesies lainnya, kadang ada saja yang cenderung lebih agresif dan menyerang teman-temannya.

#6. Pemilihan Pakan

Untuk memenuhi kebutuhan gizinya, pemberian pakan mesti divariasikan. Tidak baik hanya memberinya satu jenis pakan yang sama setiap harinya. Apalagi hanya pelet, demi mencari pekerjaan yang instan.

Sebetulnya kura-kura siebenrocki ini memiliki kecenderungan sebagai hewan karnivora. Meski demikian, mereka juga kadang mau menerima sebagian sayuran.

Lantas apa saja sih, pakan yang bisa diberikan untuk kura-kura ini? Berikut ini di antaranya:

  • Udang
  • Ikan
  • Cacing tanah, cacing darah, dan jenis cacing pakan lainnya
  • Jangkrik
  • Pelet
  • Dan lain-lain

#7. Jadwal Makan

Kura-kura sieben tergolong rakus saat makan. Karena memang terlihat penuh gairah dan semangat saat makan, membuat para keeper menikmati momen ini. Gigitannya pun terlihat mencengkeram, meski mungkin tak sekuat kura-kura AST dan CST.

Namun di balik keseruan itu, kadang justru malah berdampak pada pola pemberian pakan yang menjadi kurang tepat. Alih-alih ingin menikmati keseruan tadi, kura-kura malah diberi makan secara berlebih. Akhirnya, obesitas, atau menjadi penyakit lainnya.

Oleh karena itu, perhatikanlah pola makan yang tepat. Sebaiknya, pemberian pakan dilakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu bagi kura-kura dewasa, sedangkan anakan bisa diberi setiap hari untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.

Akhir Kata

Nah, begitulah pembahasan kita kali ini tentang kura-kura siebenrocki.

Memang menarik kan kura-kura ini? Selain punya keunikan di lehernya yang super duper panjang, mereka juga adalah tipe perenang aktif dan rakus saat makan. Makin seru deh, pokoknya!

Kamu bagaimana? Tertarik jugakah memelihara kura-kura siebenrocki? Yuk, cerita di komentar!

Semoga bermanfaat.