Kalau kamu mencari kura-kura air yang harganya terjangkau, tapi bosan dengan RES dan ambon batok yang sudah terlalu populer, maka kura-kura dada merah adalah pilihan yang cocok buat kamu.

Meski harganya masih cukup terjangkau, kura-kura dada merah atau yang biasa disapa “damer” ini ternyata punya paras yang luar biasa cantik, lho. Itu disebabkan, mereka dihiasi oleh warna merah yang cerah, sehingga terlihat begitu menor dan pedas.

Nah, kamu penasaran tentang kura-kura ini, kan? Yuk, kita kenalan sekarang!

Mengenal Kura-Kura Dada Merah

Namanya kura-kura dada merah (damer). Penamaan tersebut tentunya bukan sembarang kata, melainkan langsung mengarah pada ciri fisik hewan ini sendiri, yakni berupa plastron (bagian bawah cangkang) yang berwarna oranye kemerahan.

#1. Klasifikasi Ilmiah Kura-Kura Dada Merah

Bernama Ilmiah Emydura subglobosa dari Genus Emydura
Wikipedia

Supaya nyaman dibaca, klasifikasinya kita buat dalam bentuk tabel, ya!

KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoTestudines
Sub-ordoPleurodira
FamiliChelidae
GenusEmydura
Nama IlmiahEmydura subglobosa

#2. Habitat dan Rentang Geografis

Kura-Kura Dada Merah Berasal dari Australia dan Papua Nugini
Pinterest

Di alam liar, damer biasa ditemukan di sungai-sungai, danau, bahkan hingga laguna. Selain itu, mereka juga kerap menghuni rawa-rawa di dataran rendah dan wilayah tropis.

Termasuk kura-kura air tawar semi akuatik. Mereka banyak menghabiskan waktu untuk berenang di dalam air, tanpa melupakan waktu berjemur guna menghangatkan diri.

Penyebarannya termasuk Australia dan Papua Nugini. Tepatnya meliputi sungai Jardine, Fraser Island, Cape York, Daru, pulau-pulau di selat Torres, kepulauan Stradbroke, hingga bagian barat di Papua Nugini.

#3. Seputar Fisik Kura-Kura Dada Merah

Ciri Khas Damer Adalah Plastron Berwarna Kemerahan
Petshoods.com

Damer dicirikan dengan plastron berwarna kemerahan. Sebagian ada yang lebih condong warnanya ke arah merah, ada juga yang lebih oranye, pink, atau bahkan kuning. Selain itu, warna tersebut juga kadang bergradasi dengan warna putih atau hitam di di bagian tengahnya.

Bagian karapasnya berwarna kecoklatan. Warna coklat tersebut juga bisa ditemukan di bagian kaki, kepala, dan ekornya. Selain itu, khusus pada bagian kepala, terdapat corak garis putih atau kuning di sekitar matanya.

Bentuk cangkangnya bulat dan pipih. Mirip seperti kura-kura brazil deh kurang lebih. Meski demikian, bentuk tersebut relatif akan memanjang menjadi agak oval seiring waktu, mengiringi pertumbuhannya.

#4. Tidak Mampu Menarik Lehernya

Kura-Kura Dada Merah Hanya Bisa Menekuk Lehernya
Aminoapps.com

Damer bukanlah spesies yang bisa menarik kepalanya ke dalam cangkang. Jadi, demi melindungi dirinya, mereka hanya bisa menekuk lehernya ke samping saja. Mirip seperti yang terjadi pada kura-kura siebenrocki.

Itulah sebabnya, meski berleher pendek, kura-kura jenis ini tetap digolongkan ke dalam sub-ordo Pleurodira atau kura-kura leher sisi, yang mana dalam klasifikasi ini diisi oleh ragam kura-kura dengan kemampuan menekuk leher serupa.

#5. Harga Kura-Kura Dada Merah

Harga Kura-Kura Dada Merah Masih Terjangkau
Tokopedia

Di awal tadi, sudah disebutkan kalau harganya terjangkau. Akan tetapi, karena kata “terjangkau” itu bersifat relatif, lantas berapa sih nominal harganya yang pasti?

Nah, kalau kamu cek ke salah satu marketplace populer di Indonesia, maka kamu bisa mendapati banyak sekali seller yang menawarkan kura-kura ini. Tentunya dengan harga yang beragam, ya.

Meski begitu, kebanyakan penjual di sana rata-rata menjualnya dengan harga sekitar 100 ribuan saja untuk ukuran kecil (sekitar 3 cm). Ada juga yang di atas 200 ribu untuk ukuran serupa, tapi jarang.

Memang lebih mahal jika dibandingkan kura-kura brazil atau ambon, sih. Tapi jika dibandingkan dengan kura-kura koleksian hobi lainnya, seperti painted turtle, map turtle, AST, CST, apalagi diamondback terrapin, maka harga damer bisa dipastikan jauh lebih terjangkau.

Akhir Kata

Seperti itulah kira-kira pembahasan kita kali ini, tentang kura-kura dada merah.

Memang masih cukup ringkas sih bahasan ini. Tapi, semoga saja informasi yang disampaikan di sini, sudah cukup mengenalkan kamu dengan kura-kura ini.

Lain waktu, artikel ini mungkin akan kami perbarui lagi untuk menambahkan informasi-informasi lainnya yang tak kalah menarik. Untuk itu, sampaikan di komentar dong, informasi apa yang ingin kamu ketahui lagi tentangnya?

Itu saja. Semoga bermanfaat, ya!