Kalau kamu sudah lama bermain di dunia reptil atau akuatik, harusnya kamu sudah kenal dengan makhluk satu ini, dong? Yup, kura-kura ambon namanya. Salah satu kura-kura semi akuatik paling populer di Indonesia, tepatnya kedua setelah RES.

Tapi, sampai saat ini, sudah sejauh mana sih, pengetahuanmu tentang kura-kura ini? Apa hanya baru tahu jenis saja? Atau, jangan-jangan baru tahu belum lama ini, ya?

Ah, itu bukan masalah, kok. Yang penting, sekarang kita kenalan lebih jauh dengan kura-kura Ambon ini, yuk!

Mengenal Kura-Kura Ambon

Yuk, Kenalan dengan Kura-Kura Ambon
www.Inaturalist.org

Ada beberapa poin penting dalam mengenali kura-kura jenis ini. Dimulai dari penamaannya, klasifikasi, ciri fisik, kemampuan, hingga daerah penyebarannya. Detail pembahasannya ada di bawah ini, ya:

#1. Variasi Nama

Paling umum disebut dengan nama kura-kura ambon, merujuk ke salah satu daerah penyebarannya, yaitu pulau Ambon di Maluku, Indonesia. Meski begitu, sebagian ada juga yang menyebutnya dengan nama kuya batok, atau kura-kura batok.

Sebab tak hanya menyebar di Indonesia, menjadikan kura-kura ini pun dikenal oleh dunia. Oleh masyarakat internasional, mereka dikenal dengan nama Southeast Asian box turtle, dan ada pula yang menyebutnya Amboina box turtle.

Namun itu semua sejatinya hanyalah masalah penamaan semata. Mereka tetaplah satu spesies kura-kura yang sama, yaitu Cuora amboinensis dari genus Cuora, meski mungkin ada nama-nama yang lebih condong digunakan untuk menyebut salah satu sub spesiesnya.

#2. Klasifikasi Kura-Kura Ambon

Memperdalam soal klasifikasi, setelah di poin sebelumnya sempat disinggung soal nama ilmiah dan genus kura-kura ini. Untuk detail klasifikasinya, dapat kamu baca dalam tabel berikut ini, ya:

KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoTestudines
SubordoCryptodira
SuperfamiliTestudinoidea
FamiliGeoemydidae
SubfamiliGeoemydinae
GenusCuora
SpesiesCuora amboinensis

#3. Ciri Fisik Kura-Kura Ambon

Secara umum, kura-kura ini memiliki karapas berwarna hitam kecoketalan dan tanpa corak. Sedangkan plastronnya berwarna putih kotor dengan beberapa bercak hitam berukuran besar.

Terdapat beberapa bagian tubuh yang dihiasi oleh motif garis berwarna kuning. Seperti di kepalanya, yang meliputi area mata, pipi, dan area mulutnya. Motif garis kuning semacam ini pun dapat ditemui di bagian tepi kakinya.

#4. Kemampuan

Kura-kura ini termasuk jenis kura-kura yang mampu menyembunyikan area lunak tubuhnya rapat-rapat. Mereka mampu menggerakkan karapas dan plastronnya sedemikian rupa, sehingga kepala, kaki, dan ekornya benar-benar disembunyikan secara sempurna.

#5. Daerah Penyebaran

Daerah penyebaran kura-kura ambon terbilang luas, lho. Mereka tersebar ke banyak daerah di Asia, seperti India, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Vietnam, Filipina, Laos, Brunei, Malaysia, Singapura, hingga Indonesia.

Di Indonesia sendiri, penyebaran mereka tentunya meliputi pulau Ambon, sehingga menjadi bagian dari namanya. Lebih dari itu, mereka juga dapat dijumpai di alam Sumatera, serta beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Sub Jenis Kura-Kura Ambon

Jika kamu beranggapan bahwa kura-kura ini hanya terdiri dari satu varian saja, maka kamu salah besar. Sebab, sejatinya kura-kura ini masih memiliki beberapa sub spesies lagi di bawah payung taksonominya.

Ada 2 sub jenis kura-kura ambon yang paling populer, yaitu ambon batok dan ambon ceper. Perbedaan paling menonjol terletak pada bentuk tempurungnya, meski mereka juga berasal dari daerah yang berbeda.

Namun menariknya, ternyata sub jenis kura-kura ini lebih dari dua itu, lho. Jika ditotalkan, maka setidaknya terdapat 4 sub spesies dari Cuora amboinensis, di mana masing-masing tentunya memiliki ciri khas dan berbeda satu sama lain.

Keempat sub spesies tersebut antara lain:

  • Cuora amboinensis amboinensis
  • Cuora amboinensis couro
  • Cuora amboinensis kamaroma
  • Cuora amboinensis lineata

Akhir Kata

Sementara, mungkin kita cukupkan dulu pembahasan tentang kura-kura ini, ya. Lain waktu, jika sempat, akan kami tambahkan lagi informasi-informasi lain tentangnya.

Semoga bermanfaat.