Kura-kura aldabra, salah satu spesies yang kerap “diburu” oleh kalangan berada. Bagaimana tidak? Harganya yang bisa mencapai 20 hingga 40 kali lipat harga sulcata, membuat tidak sembarang orang mampu memeliharanya.

Perawakannya sederhana, tanpa corak, juga tanpa motif yang luar biasa. Meski begitu, kesan premium sudah melekat erat padanya.

Banyak hal menarik dari spesies kura-kura satu ini. Kalau kamu tertarik mengenalnya lebih jauh, yuk simak artikel ini sampai habis!

Informasi Dasar

Info Dasar Tentang Kura-Kura Aldabra
www.Researchgate.net

Kura-kura aldabra adalah salah satu spesies kura-kura darat (tortoise/torto) terbesar yang ada saat ini. Menempati urutan ke dua, di bawah kura-kura galapagos dan di atas sulcata tepatnya.

Nama aldabra sendiri merujuk ke daerah di mana spesies ini berasal, yakni pulau Atol Aldabra yang merupakan atol karang terbesar kedua di dunia.

Klasifikasi dan Status Konservasi

Status Konservasi dan Klasifikasi Aldabra
Wallpaperbetter.com

Nama ilmiahnya Aldabrachelys gigantea. Spesies ini berada dalam genus Aldabrachelys, di keluarga Testudinidae, dan ordo Testudines.

Detail klasifikasinya bisa langsung kamu lihat sendiri dalam tabel berikut ini, ya:

KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoTestudines
SubordoCryptodira
SuperfamiliTestudinoidea
FamiliTestudinidae
GenusAldabrachelys
SpesiesA. gigantea

Sedangkan terkait status konservasinya, kura-kura aldabra adalah salah satu spesies Rentan (IUCN 3.1: VU; Vulnerable) dalam daftar merah IUCN dan masuk kategori Appendix II dalam daftar CITES.

Deskripsi Fisik Kura-Kura Aldabra

Perawakan Kura-Kura Aldabra
Medium.com

Seekor kura-kura raksasa yang berukuran besar dan berat. Ukuran karapas aldabra bahkan bisa mencapai 1,5 meter dengan berat mencapai 3 kwintal.

Dengan ukurannya yang luar biasa itu, aldabra dibekali dengan kaki-kaki yang kekar dan kuat. Harus cukup kuat tentunya, paling tidak untuk menopang berat badannya yang sama sekali tidak bisa disebut ringan.

Juga dibekali dengan leher yang panjang. Sehingga, selain menghabiskan rerumputan di tanah, mereka juga mampu meraih dedauan dari ranting-ranting pohon hingga ketinggian 1 meter, tanpa harus susah payah melompat untuk menggapainya.

Sedang soal perawakannya, aldabra lebih didominasi oleh warna cokelat kehitaman. Mereka tidak memiliki corak pada karapasnya, sehingga terlihat seperti bongkahan batu besar, namun cantik dan bernilai. Ah iya, secara fisik aldabra punya banyak kemiripan dengan kura-kura galapagos, lho.

Meski begitu, sejatinya ada 2 spesimen berbeda dari spesies ini dan meninggalkan sedikit perbedaan pada fisiknya:

  • Pertama, kura-kura aldabra yang hidup di daerah dataran rendah, mempunyai karapas dengan dome yang lebih tinggi.
  • Sedangkan kura-kura aldabra yang hidup di dataran tinggi, cenderung memiliki bentuk dome yang lebih rendah.

Satu lagi yang menarik darinya, ialah potensi usia yang luar biasa. Bukan main lamanya, karena spesies ini mampu bertahan hidup hingga mencapai usia 200 tahun, atau bahkan lebih lama lagi. Meski begitu, bukan berarti kura-kura ini bisa mati di usia muda, ya.

Habitat dan Daerah Asalnya

Habitat Aslinya
Planetzoo.Fandom.com

Sempat disinggung sebelumnya, bahwa kura-kura ini berasal dari pulau Atol Aldabra, yang akhirnya pun dipilih menjadi nama untuknya juga. Pulau tersebut tepatnya berlokasi di samudera Hindia.

Iya, pulau ini sudah menjadi rumah baginya. Tercatat ada lebih dari 100 ribu ekor kura-kura raksasa ini yang meninggali area tersebut. Terletak di kawasan yang dilindungi, sehingga relatif aman dari sentuhan tangan jahat segilintir manusia.

Habitat asli bagi kura-kura aldabra berupa pada rumput, area semak belukar dengan ketinggian rendah, hutan bakau, hingga area pesisir pantai.

Selama menjadi hewan peliharaan di Indonesia, sejauh ini aldabra termasuk spesies yang relatif tangguh, karena mampu beradaptasi dengan cukup baik terhadap kondisi lingkungan yang ada di negara beriklim tropis ini.

Makanan Kura-Kura Aldabra

Diet Kura-Kura Aldabra
YouTube

Adalah seekor kura-kura herbivora yang doyan sekali mengonsumsi makanan berbasis bahan nabati, seperti rerumputan, dedaunan, sayur dan buah, hingga batang tanaman.

Akan tetapi, sesekali mereka juga ditemukan mau mengonsumsi invertebrata kecil dan bangkai hewan lain. Lebih dari itu, mereka bahkan berani memakan bangkai dari kura-kura lainnya, lho.

Dalam pemeliharaan dan penangkaran, biasanya kura-kura aldabra diberi pakan berupa sebagian jenis sayuran, buah, bunga, kaktus, atau makanan olahan seperti pelet.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya, kebanyakan akan memperoleh secara tidak langsung dari apa-apa yang dikonsumsinya sebagai hidangan utama.

Seputar Perkembangbiakan

Seputar Perkembangbiakannya
Tulsaworld.com

Sebagaimana kura-kura lainnya, aldabra juga termasuk hewan ovipar yang berkembangbiak dengan cara bertelur. Namun dalam sekali bertelur, sayangnya mereka hanya bisa menghasilkan 9 sampai 25 butir telur saja.

Kura-kura ini biasanya akan bertelur pada bulan Februari hingga bulan Mei. Sebelumnya, mereka akan menggali lubang dangkal terlebih dahulu untuk meletakkan telurnya itu, kemudian menginkubasinya dengan tanah kering selama 8 bulan.

Dengan begitu, bayi-bayi mungil aldabra yang umumnya berwarna lebih gelap akan menetas pada bulan Oktober hingga Desember.

Fakta Unik Kura-Kura Aldabra

Fakta-Fakta Seputar Kura-Kura Raksasa Ini
Reptilianostra.com

Supaya kamu bisa mengenali kura-kura aldabra lebih jauh lagi, di sini kita juga akan membagikan rangkuman poin-poin fakta unik terkait hewan ini. Apa saja? Berikut daftarnya:

  • Merupakan salah satu makhluk hidup dengan potensi usia terpanjang
  • Individu tertua diketahui berusia 255 tahun yang telah mati pada tahun 2006 silam
  • Kura-kura darat terbesar kedua di dunia
  • Sosok pembuka jalur di alam liar, berkat ukuran tubuhnya yang besar dan melata
  • Bisa menjadi kanibal dengan memakan bangkai kura-kura lain, meski sebetulnya herbivora
  • Terdapat 2 spesimen dengan bentuk karapas berbeda
  • Baru mencapai kematangan seksual di usia 30 tahun
  • Butuh waktu lama untuk bertelur
  • Telur lebih lama menetas di lingkungan yang dingin
  • Salah satu kura-kura peliharaan termahal di Indonesia saat ini
  • Kura-kura darat yang tidak akan mengalami BS (bladder stone)

Harga Kura-Kura Aldabra

Berapa Harga Kura-Kura Aldabra?
www.Torontozoo.com

Sebagai kura-kura premium, tentu harga kura-kura aldabra tidak terjangkau. Untuk ukuran kecilnya saja, dengan karapas sekitar 10 cm, harganya bisa mencapai 20-30 juta. Apalagi kura-kura dewasa, bisa seharga mobil mewah harganya.

Memang sih, buat orang awam, tampilan kura-kura ini sangat biasa. Tanpa corak, tanpa warna nyentrik, tidak bisa dipeluk sebagai teman tidur, sulit diajak bermain, dan lain sebagainya. Seolah-olah sangat tidak layak mendapatkannya dengan harga setinggi itu.

Akan tetapi, banyak hal pastinya yang mengakibatkan harga kura-kura ini begitu mahal. Mulai dari faktor sulitnya untuk dikembangbiakan, populasinya yang terbatas, predikatnya sebagai salah satu kura-kura terbesar di dunia, dan masih banyak lagi.

Semua itu akhirnya mendorong para kolektor sultan kepincut untuk mengadopsi hewan peliharaan premium satu ini. Ada kepuasan tersendiri saat seseorang mampu membelinya dengan harga tinggi, bukan?

Akhir Kata

Nah, itulah kira-kira pengenalan kita kali ini tentang kura-kura aldabra.

Memang asyik rasanya kalau bisa memelihara torto premium seperti aldabra ini. Kamu bagaimana? Tertarik juga kah untuk mengadopsinya? Kalau iya, semoga impiannya bisa terwujud, ya!

Sebagai penutup, tuliskan kesan-kesanmu tentang kura-kura ini di komentar, yuk! Pertanyaan atau menambahkan informasi juga boleh, hitung-hitung sharing dengan penghobi lain yang juga membaca artikel ini.

Semoga bermanfaat!