Inilah Beberapa Jenis Marmut Hias (Guinea Pig) Paling Menggemaskan

Jenis Marmut Hias – Marmut merupakan salah satu jenis hewan pengerat yang kerap dipelihara. Ia selalu tampak cantik dan menggemaskan. Sering kali memiliki rambut yang lebat lagi halus, serta ukuran tubuh yang menjadi penengah antara Kelinci dengan Hamster.

Sejatinya, Marmut merupakan hewan yang berbeda dari yang kita kenal selama ini. Marmut hias yang kita kenal selama ini memiliki nama asli Tikus Belanda alias Guinea Pig. Sedangkan Marmut sungguhan adalah hewan lain yang mirip dengan Tikus Belanda, namun ukurannya lebih besar.

Namun kesalahan dalam penyebutan nama hewan ini sepertinya sudah cukup mengakar di masyarakat kita. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kita juga akan menggunakan sebutan “Marmut Hias” untuk mengganti nama Tikus Belanda.

Klasifikasi Ilmiah Marmut Hias

Marmut hias memiliki nama asli Tikus Belanda atau Guinea Pig. Ia memiliki nama latin Cavia porcellus, merupakan spesies C. porcellus, genus Cavia, famili Cavidae, sub famili Cavidae, ordo Rodent, sub ordo Hystricomorpha, kelas Mamalia, filum Chordata, dan kingdom Animalia.

Jenis Marmut Hias

Ada banyak sekali jenis Marmut hias yang biasa dipelihara. Setiap jenisnya tentu memiliki ciri khas, keunikan, keunggulan, serta kekurangannya masing-masing. Namun secara umum, semuanya menggemaskan dan layak dipelihara.

Jenis Marmut Hias Abyssinian

Jenis Marmut Hias Abyssinian

Sumber: Tobyfarm.Blogspot.co.id

Marmut hias Abyssinian merupakan salah satu jenis marmut hias tercantik dengan pola rambut yang unik dan menarik. Bagaimana tidak? Rambutnya tersebut berpola rosette atau berusar-usar, sehingga tampak “berantakan” yang justru membuatnya semakin menggemaskan.

Jumlah rosette yang dimiliki tiap Marmut Abyssinian tentu berbeda-beda. Namun untuk kualitas terbaik serta yang biasa diikut sertakan ke dalam kontes memiliki 8 hingga 10 buah rosette. Jumlah rosette tentu akan mempengaruhi kecantikannya bukan.

Jenis Marmut Hias American

Jenis Marmut Hias American

Sumber: www.Votebyissue.org

Marmut hias American merupakan salah satu jenis marmut hias yang paling banyak dipelihara. Selain karena sosoknya yang menggemaskan itu, Marmut American juga terbilang mudah dipelihara. Dengan begitu, para pemula sangat cocok untuk merawat Marmut hias yang satu ini.

Marmut American memiliki perawakan yang hampir mirip dengan Marmut lokal. Tubuhnya membulat dan diselimuti oleh rambut-rambut pendek yang halus. Perpaduan warnanya sangat menarik. Marmut jenis ini memiliki banyak variasi pola warna dan motif pada tubuhnya yang menggemaskan itu.

Jenis Marmut Hias Alpaca

Jenis Marmut Hias Alpaca

Sumber: www.Pets4homes.co.uk

Marmut hias Alpaca adalah salah satu jenis marmut hias yang sangat menggemaskan. Bagaimana tidak? Ia memiliki rambut keriting yang menyelimuti sekujur tubuhnya. Sayangnya, Marmut Alpaca memiliki daya tahan tubuh yang lemah, sehingga dibutuhkan perawatan ekstra dalam memeliharanya.

Jenis Marmut Hias Peruvian

Jenis Marmut Hias Peruvian

Sumber: www.Turistia4zampe.it

Untuk kamu yang senang dengan mamalia berambut panjang, maka Marmut hias Peruvian cocok menjadi pilihan. Marmut Peruvian memiliki rambut panjang yang lurus terarai hingga menjuntai ke tanah. Rambut cantiknya tumbuh di sekujur tubuhnya, bahkan termasuk bagian mukanya.

Karena kecantikannya, Marmut hias Peruvian dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi. Apalagi jika pernah mengikuti ajang kompetisi kontes kecantikan. Selain itu, pemeliharaannya pun cukup rumit untuk mempertahankan kesempurnaan rambut yang dimilikinya.

Jenis Marmut Hias Teddy

Jenis Marmut Hias Teddy

Sumber: www.Roedoresdomesticos.com

Pernah lihat boneka Teddy Bear? Nah, Marmut hias yang satu ini memiliki rambut yang hampir mirip dengan bulu-bulu pada boneka beruang yang terkenal itu loh. Oleh karena itulah Marmut hias ini dikenal dengan nama Marmut Teddy.

Rambutnya pendek, halus, dan tebal, mirip seperti boneka Teddy Bear. Kemudian dilapisi oleh perpaduan warna-warna lembut seperti hitam, cokelat muda, dan putih susu. Sayangnya, Marmut Teddy masih jarang di Indonesia, sehingga akan cukup sulit untuk mencarinya.

 

Leave a Reply