Bukan Cuma Hitam, Ternyata Banyak Pula Jenis Lele Hias dengan Warna Cantik Lagi Menarik

Si ikan berkumis ini memang tak asing lagi didengar. Ikan Lele sapaannya, atau dikenal juga sebagai catfish di luar sana. Tahukah kamu? sebenarnya banyak loh jenis lele hias yang biasa dipelihara. Penasaran apa saja? Simak artikel ini sampai selesai yaa.

Saat berbicara mengenai ikan Lele, mungkin kita semua akan teringat akan kelezatan dagingnya yang dikenal lembut dan hanya memiliki sedikit duri. Apalagi di saat mengkonsumsinya di warung pecel lele pinggir jalan, sembari menikmati semilir angin malam yang mengingatkan kita pada mantan menyejukkan.

Namun sebenarnya, jenis ikan Lele tak hanya itu-itu saja. Selain jenis lele yang biasa dikonsumsi, ada pula jenis Lele hias yang biasa dijadikan sebagai hewan peliharaan. Walaupun mungkin bagi orang-orang kita, perawakan beberapa jenis lele hias sedikit berbeda dengan lele konsumsi.

Jenis Lele hias tak kalah menarik untuk dipelihara loh. Bahkan mereka cukup cantik untuk menghiasi akuarium di rumahmu. Memelihara ikan Lele hias juga dirasa dapat menjadi solusi untuk kamu yang sudah bosan memelihara ikan hias dari keluarga Goldfish alias ikan Mas.

Cukup ya basa-basinya, mungkin di antara kita sudah banyak yang penasaran mengenai jenis-jenis ikan Lele hias ini, bahkan melewati bagian prolog tadi dan langsung mengenali jenis-jenisnya di bawah ini.

Perkenalkan, inilah jenis-jenis Lele hias yang cocok untuk kamu pelihara di rumah.

#1. Jenis Lele Hias Albino Clarias Catfish (Lele Bule)

Jenis Lele Hias Bule

Sumber: Infoikan.com

Jenis ikan Lele Bule merupakan salah satu jenis Lele hias yang sudah cukup dikenali oleh masyarakat Indonesia. Perawakannya masih mirip dengan jenis Lele konsumsi, namun kulitnya yang berwarna pink dan bermotif seperti sapi menjadi daya tarik tersendiri dari jenis Lele ini.

Melihatnya berlenggak-lenggok di dasar akuarium tentu sangat menyejukkan mata. Sesekali mereka muncul ke permukaan air dan menyapa angkasa. Ah, untuk seukuran ikan Lele, jenis Lele Bule memang sangat manis.

#2. Jenis Lele Hias Redtail Catfish (Lele Ekor Merah)

Jenis Lele Hias Ekor Merah

Sumber: Flickr

Jenis Lele hias lainnya yang tak kalah cantik ialah Redtail Catfish atau yang akrab disapa RTC di kalangan pencintanya. Ia merupakan Lele asli Amazon dan beberapa sungai lain di benua Amerika.

Sirip serta ekornya yang berwarna kemerahan menjadi alasan mengapa hewan ini diberi nama Redtail (ekor merah). Tubuhnya nampak cantik dengan perpaduan antara warna hitam dan putih. Apalagi perawatannya yang tak begitu sulit semakin membuatnya dicintai, khususnya oleh para hobbyist.

#3. Jenis Lele Hias Glass Catfish (Lele Kaca)

Jenis Lele Hias Kaca

Sumber: www.Fishtanksandponds.co.uk

Ikan hias dengan tubuh berwarna mungkin sudah terlalu biasa. Namun ikan Lele kaca ini berbeda. Ia merupakan tipe ikan hias tanpa warna dan tembus pandang. Bahkan duri-duri kecilnya pun terlihat tanpa perlu merobek perutnya.

Lele Kaca juga merupakan jenis ikan yang pemalu. Mereka lebih nyaman saat berada dalam tempat yang tertutup, apalagi gelap. Oleh karenanya, aksesoris berupa tanaman buatan, bebatuan, atau sejenisnya diperlukan sebagai tempat persembunyian mereka.

#4. Jenis Lele Hias Tiger Shovelnose Catfish

Jenis Lele Hias Tiger Shovelnose Catfish

Sumber: Flickr

Tiger Shovelnose Catfish merupakan jenis ikan hias predator yang juga dapat tumbuh besar seperti kebanyakan jenis ikan Lele lainnya. Pertumbuhannya pun sangat cepat, terlebih lagi pada tahun-tahun pertamanya.

Nama Tiger Shovelnose Catfish terinspirasi dari perawakannya sendiri. Jenis Lele hias yang satu ini memiliki motif loreng seperti harimau (tiger), moncong yang datar seperti sekop (shovel), serta kumis yang menjadikannya tergolong ke dalam keluarga ikan Lele (Catfish).

#5. Jenis Lele Hias Banjo Catfish

Jenis Lele Hias Banjo Catfish

Sumber: www.Fishtanksandponds.co.uk

Jenis Lele Hias lainnya yang tak kalah menarik adalah Banjo Catfish. Tubuhnya pipih dan melebar pada bagian kepala sehingga membuatnya tampak seperti gitar. Banjo Catfish juga memiliki kulit yang khas, bergelombang, dan tak bersisik.

 

Leave a Reply