Mengenal Jenis-jenis Ikan Mas Hias yang Populer Dipelihara

Jenis Ikan Mas hias alias Goldfish, salah satu keluarga ikan hias yang ketenarannya sudah tak diragukan lagi. Baik anak-anak maupun orang dewasa, juga para pemula hingga para mastah, semuanya menggemari ikan hias yang satu ini.

Di samping kecantikan akan tubuhnya yang selalu menggoda pandangan mata, ikan Mas hias juga menawarkan berbagai jenis, kualitas, serta harga yang sangat bervariasi. Tak heran ia mampu memikat hati para penggemar ikan hias dari berbagai kalangan ekonomi.

Ikan Mas hias sendiri merupakan jenis ikan hias air tawar. Sebagian cocok dipelihara di akuarium, dan sebagaian yang lain lebih cocok di kolam. Perawakannya sangat cantik, terlebih lagi ketika mereka berenang sembari melenggokkan tubuhnya yang indah itu.

Tahukah kamu? Ikan Mas hias merupakan salah satu jenis ikan yang pertama kali berhasil didomestikasi. Maksudnya, ikan ini telah mengalami proses penjinakan dalam skala populasi, dimana mereka akan diperbaiki kualitasnya sehingga menghasilkan keturunan yang jauh lebih baik.

Ikan Mas hias juga telah mengalami proses pembiakan selektif sehingga varietasnya sangat melimpah. Mereka memiliki postur tubuh serta pola warna yang beragam, juga sangat nyaman untuk dipandang.

Penasaran kan apa saja jenis-jenis dari ikan Mas hias ini? Untuk itu, kami sengaja mengumpulkan berbagai jenis ikan Mas untuk dibahas dalam artikel ini. Berikut ini merupakan beberapa jenis ikan Mas hias yang biasa dipelihara.

#1. Jenis Ikan Mas Hias Koi

Jenis Ikan Mas Hias - Ikan Koi

Sumber: Pixabay

Ikan Mas yang satu ini tentu sudah tak asing lagi bukan? Ikan Koi sapaannya. Ia merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling populer untuk dipelihara. Mungkin karena kecantikan serta harganya yang relatif terjangkau, ikan Koi kerap menjadi pilihan masyarakat untuk menghiasi kolam di rumahnya.

Iya, ikan Koi termasuk salah satu jenis ikan hias yang lebih cocok dipelihara di kolam ketimbang akuarium. Dibandingkan dilihat dari sisinya, kecantikan ikan Koi akan semakin maksimal jika dilihat dari bagian punggungnya.

Postur tubuhnya memanjang dan agak membulat, bak sebuah torpedo kapal selam yang siap dilontarkan. Ia juga memiliki banyak varietas, sehingga pilihan corak cantik lagi menarik semakin beragam.

#2. Jenis Ikan Mas Hias Koki

Jenis Ikan Mas Hias - Ikan Koki

Sumber: Pixabay

Tak kalah populer dari ikan Koi, ikan Mas Koki juga kerap menjadi pilihan masyarakat untuk dipelihara. Perawakannya cantik, unik dan berisi, sehingga membuatnya tampak lebih cocok dipelihara di dalam akuarium ketimbang di kolam.

Ikan Mas Koki sering kali jauh dari kata agresif. Mereka merupakan ikan yang lemah lembut, juga anggun. Siapapun yang memperhatikan gerakannya pasti akan terpesona, bahkan perasaan stres dapat hilang seketika.

Hasil perkawinan silang membuat jenis dari ikan Mas Koki semakin bervariasi. Tentunya, varietas-varietasnya itu memiliki perawakan yang sangat cantik. Beberapa jenis ikan Mas Koki yang biasa dipelihara ialah Koki Oranda, Koki Mutiara, Koki Black Moor, dan sebagainya.

#3. Jenis Ikan Mas Hias Komet

Jenis Ikan Mas Hias - Ikan Komet

Sumber: Pixabay

Ikan Komet merupakan salah satu jenis ikan Mas hias yang cocok dipelihara di kolam maupun di akuarium. Perawakannya tampak mirip dengan ikan Mas biasa, namun ikan Komet cenderung memiliki tubuh yang lebih ramping dengan ekor yang panjang.

Ikan Mas hias yang satu ini sering kali diminati karena ekornya yang cantik. Ia memiliki ekor yang panjang nan tipis, dan akan berkibar dengan lembut saat ia berenang ke sana ke mari. Bak sebuah selendang panjang yang menambah kesan cantik padanya.

#4. Jenis Ikan Mas Hias Kumpay

Jenis Ikan Mas Hias - Ikan Kumpay

Sumber: Sumber: www.Koi-s.id

Ikan Kumpay merupakan jenis ikan Mas hias yang sangat cantik. Tubuhnya agak gemuk dan berekor panjang. Karena dapat tumbuh cukup besar, ikan Kumpay akan cocok dipelihara untuk menghiasi kolam di rumahmu.

Ikan Kumpay terlihat seperti perpaduan antara ikan Koi dan ikan Komet. Ukuran, bentuk tubuh, serta coraknya hampir mirip dengan beberapa varietas ikan Koi, sedangkan ekornya mirip dengan ikan Komet.

#5. Jenis Ikan Mas Hias Wakin

Jenis Ikan Mas Hias - Ikan Wakin

Sumber: Pinterest

Satu lagi jenis ikan Mas hias yang tak kalah menarik adalah ikan Wakin. Ikan Wakin memiliki hubungan yang cukup erat dengan ikan Mas Koki. Bahkan bisa dikatakan, ikan Wakin inilah yang merupakan nenek moyang dari ikan Koki.

Jika dibandingkan dengan jenis ikan Mas biasa, postur tubuhnya memang sedikit berbeda. Perawakannya tersebut lebih mirip dengan ikan Mas Koki yang cenderung membulat, namun masih sedikit berbeda.

Leave a Reply