Yuk Cicipi Jenis-Jenis Ikan Laut Paling Lezat Ini

Bukan hanya sebatas ribuan atau jutaan, berbagai jenis ikan laut konsumsi tak lagi bisa dihitung jumlahnya. Mulai dari yang tak bisa dilirik oleh pandangan mata, hingga yang berwujud raksasa. Semuanya lengkap berada di sana, di samudera yang masih menyimpan sejuta misteri.

Selain bertampang indah serta nyaman dipandang, soal rasa dari balutan dagingnya yang lezat pun menjadikan ikan-ikan laut semakin menarik perhatian. Belum berhenti di situ, ternyata di balik kelezatannya pun terkandung berbagai manfaat kebaikan bagi kesehatan manusia.

Bisa dikatakan, hampir seluruh spesies ikan di lautan layak untuk konsumsi. Sebagian memang memiliki racun mematikan di tubuhnya. Namun, asalkan bisa mengolahnya dengan tepat, kelezatannya tetap bisa kita nikmati.

Entah kapan artikel ini selesai jika kita membahas semua jenis ikan laut konsumsi yang ada. Namun, kami akan mencoba membahas beberapa jenis ikan yang biasa dikonsumsi menjadi hidangan lezat, lagi bermanfaat. Yuk simak artikelnya.


Baca Juga Artikel “Ikan Monster“.


#1. Jenis Ikan Laut Kakap

Foto Jenis Ikan Laut Kakap

Sumber: Graytaxidermy.com

Ikan Kakap merupakan salah satu jenis ikan laut yang paling diminati, tak hanya Indonsia semata, bahkan oleh dunia. Mereka adalah tipe ikan yang berkelompok dalam menjalani aktifitasnya sehari-hari di daerah lautan yang cukup dalam.

Tubuhnya menyerupai oval yang memanjang, pipih, dan memiliki ujung tubuh yang cukup lancip. Terdapat sirip punggung yang tumbuh di sepanjang tubuhnya. Jenis ikan Kakap antara lain adalah Kakap merah, Kakap kuning, Kakap hitam, dan masih banyak lagi.

Banyak sekali menu masakan yang bisa diolah dengan menggunakan ikan Kakap sebagai bahan baku utamanya. Menu tersebut antara lain adalah ikan Kakap saus telur asin, pindang ikan Kakap, ikan Kakap saus asam manis, gulai ikan Kakap, ikan Kakap bakar, dan masih banyak yang lainnya.

#2. Jenis Ikan Laut Tuna

Foto Jenis Ikan Laut Tuna di Lautan

Sumber: Voodoofishingcharters.com

Ikan Tuna memang diakui sebagai perenang yang sangat handal. Bahkan kecepatan berenangnya dapat menembus angka 77 km per jam. Tubuhnya relatif besar dan memiliki sirip-sirip lancip di punggungnya.

Berbeda dengan kebanyakan jenis ikan laut lainnya, ikan Tuna memiliki warna daging yang berbeda. Kebanyakan ikan biasanya memiliki daging berwarna putih, sedangkan Tuna berwarna kemerah-merahan yang disebabkan oleh kandungan myoglobin pada dagingnya.

Terdapat lebih dari 48 spesies Tuna yang tersebar di belahan dunia ini. Beberapa diantaranya adalah Tuna sirip hitam, Tuna sirip biru selatan, Tuna sirip biru pasifik, Tuna mata besar, Tuna albakora, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sudah bukan rahasia lagi, daging merah ikan Tuna memang mampu membuat lidah siapapun yang mencicipinya bergoyang penuh kenikmatan. Tak heran harganya di pasaran tergolong mahal, bahkan sering menjadi menu unggulan di rumah makan berkelas.

Jenis ikan laut yang satu ini bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan yang sangat lezat. Ikan Tuna sering dimasak menjadi sup ikan Tuna, ikan Tuna oseng asam manis, pesmol ikan Tuna, ikan Tuna puff pastry, makaroni saus bolognase ikan Tuna, nasi goreng ikan Tuna, dan masih banyak lagi.

#3. Jenis Ikan Laut Tenggiri

Gambar Jenis Ikan Laut Tenggiri

Sumber: Journaldemontreal.com

Sejatinya, ikan Tenggiri masih merupakan kerabat dekat ikan Tuna. Hal tersebut didukung dengan bentuk tubuh yang tak jauh berbeda. Ikan tenggiri juga masih termasuk dalam keluarga Scomberomorus dan suku Scombridae, seperti ikan Tuna.

Jenis ikan laut yang satu ini dikenal memiliki tubuh yang pipih memanjang. Kulitnya halus tak bersisik, terkecuali di beberapa bagian tubuhnya saja. Moncongnya berujung lancip, lengkap dengan rahang yang kuat serta gigi-gigi yang tajam.

Ikan Tenggiri memiliki cita rasa yang begitu lezat sehigga diminati oleh orang banyak. Dagingnya kerap diolah menjadi makanan lezat, termasuk sebagai bahan baku pembuatan siomay dan batagor khas Bandung, kerupuk ikan, ikan kering, dan lain sebagainya.

#4. Jenis Ikan Laut Salmon

Foto Jenis Ikan Laut Salmon

Sumber: Animalpicturesociety.com

Salmon merupakan jenis ikan yang unik. Pada saat musim bertelur tiba, induk Salmon akan bermigrasi dari lautan ke sungai untuk meletakan telurnya. Telur-telur Salmon akan menetas di sana sebagai ikan air tawar yang kemudian kembali menuju luasnya lautan.

Ikan Salmon hidup di samudra atlantik dan juga samudra pasifik. Dagingnya telah dipastikan akan memanjakan setiap lidah yang berani mencicipinya. Biasanya, ikan Salmon ini sering kali dijadikan bahan baku pembuatan makanan terkenal dari Jepang, yaitu sushi.

#5. Jenis Ikan Laut Kerapu

Potret Jenis Ikan Laut Kerapu

Sumber: Wikipedia

Ikan Kerapu terlahir sebagai keluarga dari genus Epinephelinae. Ikan Kerapu juga merupakan salah satu jenis ikan laut yang tersebar ke berbagai negeri, termasuk di Indonesia. Rasa dagingnya yang nikmat menjadikan ikan Kerapu membuat para pencinta seafood jatuh hati.

Penyebarannya yang telah mendunia ternyata bukan hanya dari satu jenis ikan Kerapu saja. Jenis-jenis dari ikan Kerapu ini juga cukup banyak. Jenis tersebut antara lain adalah ikan Kerapu Macan, ikan Kerapu bebek, ikan Kerapu kertang, ikan Kerapu batik, ikan Kerapu muara, ikan Kerapu lumpur, ikan Kerapu cantik, ikan Kerapu sunuk (Kerapu merah), dan ikan Kerapu cantang.

Ikan Kerapu juga sering diolah menjadi berbagai jenis makanan yang tak kalah lezat. Ikan Kerapu ini sering dimasak menjadi ikan Kerapu bakar, ikan Kerapu pindang, ikan Kerapu kuah asam, tim ikan Kerapu, bakso ikan Kerapu, sup ikan Kerapu, dan lain sebagainya.

#6. Jenis Ikan Laut Kuwe

Ini Foto Jenis Ikan Laut Kuwe

Sumber: Techrepublic.com

Ikan Kuwe atau yang biasa dikenal dengan nama Belitong ini merupakan jenis ikan laut yang banyak tersebar di perairan Indo-Pasifik. Banyak pula orang yang mengenalnya dengan nama Giant Trevally, sedangkan nama latinnya adalah Charanx ignobilis.

Ikan Kuwe dapat tumbuh hingga mencapai ukuran yang tergolong besar. Panjang tubuhnya dapat mencapai 1,7 meter dengan berat tubuh sekitar 80 kg. Ciri khas yang dimiliki ikan Kuwe ini adalah dahinya yang cukup lebar. Warna tubuhnya adalah keperak-perakan.

Ikan Kuwe ini dikenal memiliki cita rasa yang menggugah selera pada dagingnya. Biasanya, ikan Kuwe dapat diolah menjadi masakan antara lain ikan Kuwe Balado, ikan Kuwe goreng dengan sambal-sambal tertentu, ikan Kuwe bumbu merah, dan lain sebagainya.

#7. Jenis Ikan Laut Sarden

Ilustrasi Jenis Ikan Laut Sarden

Sumber: Originaldiving.com

Ikan Sarden ini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat dengan olahannya yang dicampur saus tomat atau saus cabai, yang kemudian diawetkan di dalam kaleng. Rasanya yang lezat mampu menarik minat banyak orang untuk mencicipinya.

Di habitatnya, ikan Sarden hidup secara berkelompok dan mampu hidup hingga kedalaman lebih 1000 meter di bawah permukaan laut. Ikan Sarden ini termasuk dalam keluarga Clupeidae. Selain itu, ikan Sarden juga memiliki banyak varietas lagi.

#8. Jenis Ikan Laut Tongkol

Masakan dari Jenis Ikan Laut Tongkol

Sumber: Primarasa.co.id

Ikan Tongkol merupakan jenis ikan laut yang masih termasuk kerabat dekat dengan ikan Tuna. Tubuh ikan Tongkol memang terlihat sangat mirip dengan ikan Tuna. Hanya saja, ukuran ikan Tongkol lebih kecil daripada ikan Tuna.

Kebanyakan ikan Tongkol dewasa memiliki panjang tubuh kurang lebih 60 cm. Namun, ikan Tongkol ini mampu tumbuh hingga berukuran 100 cm. Sebagian besar bagian tubuhnya tidak bersisik dengan warna silver menjelang kebiru-biruan.

Ikan Tongkol memiliki 2 sirip punggung dan 2 sirip perut pula. Sirip-sirip tersebut terpisah oleh celah yang sangat sempit, bahkan dikatakan lebih sempit daripada matanya. Selain itu, terdapat duri-duri di tubuh ikan ini.

Ikan Tongkol juga dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan yang pastinya nikmat. Misalnya seperti ikan Tongkol balado, ikan Tongkol bumbu kuning, soun ikan Tongkol, gulai ikan Tongkol, pindang ikan Tongkol, ikan Tongkol asam manis, dan lain-lain.

#9. Jenis Ikan Laut Kembung

Gambar Jenis Ikan Laut Kembung

Sumber: Wcjuni2.Blogspot.com

Ikan Kembung juga masih merupakan kerabat dekat dengan ikan Tuna, ikan Tongkol, ikan Tenggiri, dan sejenisnya. Namun tubuhnya terbilang sangat kecil jika dibandingkan dengan kerabat-kerabatnya. Ikan Kembung termasuk dalam genus Rastrelliger dan termasuk pula dalam keluarga Scombridae. 

Tak hanya dijual ketika masih dalam keadaan segar, ikan Kembung juga sering dijual setelah diolah menjadi ikan pindang atau ikan asin. Hal tersebut bertujuan agar ikan Kembung yang dijual bisa lebih awet dan tahan lama walau sudah cukup lama ditangkap.

Banyak sekali olahan yang dapat dikreasikan dari ikan Kembung ini. Sering kali, ikan Kembung diolah menjadi masakan ikan Kembung goreng, ikan Kembung bumbu kuning, ikan Kembung bakar, ikan Kembung asam manis, tumis ikan Kembung, ikan Kembung sambal tauco, dan sebagainya.

#10. Jenis Ikan Laut Cakalang

Ilustrasi Jenis Ikan Laut Cakalang

Sumber: Seafoodchina.com

Sama seperti ikan Tenggiri, ikan Kembung, dan beberapa jenis ikan yang telah dibahas sebelumnya, ikan Cakalang juga ternyata masih merupakan kerabat dekat dengan jenis ikan Tuna. Ikan Cakalang ini merupakan satu-satunya genus Katsuwonus yang ada di dunia.

Tubuh ikan Cakalang juga mirip sekali dengan tubuh ikan Tuna. Sirip punggung pertamanya terdiri dari 14 sampai 16 jari-jari tajam, sedangkan sirip punggung keduanya terdiri dari 14 sampai 15 jari-jari lunak. Sirip tersebut kemudian diikuti oleh 7 sampai 9 sirip tambahan.

Untuk pengolahannya sendiri menjadi sebuah santapan yang lezat, banyak sekali menu yang dapat dipilih. Di antaranya adalah nasi goreng ikan Cakalang, sambal ikan Cakalang, ikan Cakalang kuah bening, abon ikan Cakalang, ikan Cakalang rabe rica, dan masih banyak lagi yang lainnya.

#11. Jenis Ikan Laut Bandeng

Potret Jenis Ikan Laut Bandeng

Sumber: Fishmauritius.co

Ikan Bandeng merupakan salah satu jenis ikan laut yang sering kali dioleh menggunakan presto karena memiliki duri yang banyak di dagingnya. Dagingnya terasa lembut dan juga nikmat rasanya, namun tidak terasa asin seperti kebanyakan ikan air laut kebanyakan.

Ikan Bandeng termasuk satu-satunya famili Chanidae yang populasinya masih ada. 6 spesies lainnya diketahui telah mengalami kepunahan. Ikan Bandeng hidup cenderung berkelompok di daerah pesisir pantai.

Pada awalnya, ikan Bandeng menetas dari telurnya di lautan. Setelah berumur 2 sampai 3 minggu, ikan ini akan pindah ke muara sungai atau rawa-rawa berair payau (perpaduan antara air laut dengan air tawar). Selain itu, terkadang pula ikan ini hidup di danau-danau berair asin.

#12. Jenis Ikan Laut Barakuda

Gambar Jenis Ikan Laut Barakuda

Sumber: Keyword-Suggestions.com

Ikan Barakuda (Barracuda) ini dikenal juga dengan nama ikan Alu-alu. Wajah serta bentuk kepalanya terlihat menyeramkan, terutama pada bagian mulut yang dihiasi dengan gigi-gigi kecil namun tajam layaknya jarum. Sedangkan tubuhnya terlihat panjang dengan sisik yang halus.

Ikan Barakuda tinggal di daerah laut yang banyak terdapat batuan karang, sisa-sisa kapal tenggelam, dermaga, dan berbagai tempat-tempat lainnya. Selain itu, ikan Barakuda ini bisa ditemukan di samudera tropis maupun samudera sub tropis.

Ikan Barakuda juga dapat diolah menjadi berbagai jenis kuliner yang pastinya nikmat dan lezat. Beberapa olahan ikan Barakuda antara lain yakni fillet ikan Barakuda saus mangga, ikan Barakuda asam pedas, nasi lengko ikan Barakuda, oseng ikan Barakuda, dan masih banyak lagi.

#13. Jenis Ikan Laut Blue Marlin

Penampakan Jenis Ikan Laut Blue Marlin

Sumber: Divinefishandmeat.com

Ikan Blue Marlin merupakan salah satu jenis ikan sekaligus predator tercepat di dunia. Ikan ini mengandalkan kecepatannya untuk berjuang mendapatkan mangsa atau menghindari ancaman. Bahkan karena kecepatannya, ikan Blue Marlin sangat sulit ditangkap sehingga berimbas pada harganya yang mahal.

Tubuh ikan Blue Marlin berwarna silver yang semakin membiru ke bagian atas tubuhnya. Bentuknya yang aerodinamis, kemudian dimaksimalkan dengan ekornya yang berbentuk seperti bulan sabit sangat berpengaruh pada kecepatannya. Selain itu, ikan ini juga memiliki moncong yang lancip bak mata pedang.

Daging ikan Blue Marlin yang terkenal lezat dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan. Mulai dari sup ikan Marlin, ikan Marlin cabe hijau, bakso ikan Marlin, steak ikan Marlin, ikan Marlin bumbu jeruk, dan masih banyak lagi.

#14. Jenis Ikan Laut Layaran (Sail Fish)

Foto Jenis Ikan Laut Layaran

Sumber: Casaviejalodge.com

Ikan layaran atau yang dikenal sebagai Sailfish juga masih termasuk kerabat dekat dengan ikan Blue Marlin. Moncong ikan Layaran juga panjang dan meruncing ke depan seperti yang dimiliki oleh ikan Blue Marlin. Kebanyakan ikan jenis ini memiliki warna tubuh biru keabu-abuan.

Dinamakan ikan layaran karena ikan ini memiliki sirip punggung yang terlihat seperti layar yang berada pada kapal. Sirip punggung tersebut akan ia kembangkan ketika sedang merasa terancam dan akan ia tutup ketika ia berenang.

Ikan layaran juga merupakan jenis ikan tercepat nomor satu di dunia. Ikan laut jenis ini mampu berenang kencang hingga menempuh kecepatan maksimal di titik sekitar 110 kilometer per jam. Hal itu juga didukung oleh postur tubuhnya yang mampu membelah arus air laut.

Ikan Layaran dapat dimasak menjadi berbagai macam makanan yang tentunya sangat nikmat. Makanan-makanan yang bisa diolah dari ikan Layaran ini antara lain ialah ikan Layaran goreng, ikan Layaran bakar, pindang ikan Layaran, dan masakan-masakan lain yang tak kalah nikmat.

#15. Jenis Ikan Laut Todak (Sword Fish)

Gambar Jenis Ikan Laut Todak

Sumber: YouTube

Ikan Todak (Xiphias gladius) dikenal juga dengan nama ikan Pedang (Sword Fish). Dinamakan ikan Pedang karena rahang atasnya memanjang tipis ke depan layaknya mata pedang. Ikan Todak ini juga masih merupakan kerabat dekat dengan ikan Blue Marlin dan juga ikan Layaran.

Bagian yang paling jelas menjadi pembeda antara ikan Todak dengan ikan Layaran dan ikan Blue Marlin adalah sirip punggungnya. Sirip punggung ikan Todak hanya terdiri dari satu bagian saja layaknya sirip punggung ikan Hiu, namun sirip punggung ikan Layaran dan ikan Blue Marlin berbentuk memanjang ke belakang.

Ikan Todak dewasa dapat tumbuh hingga berukuran 2 hingga 4 meter lebih. Sedangkan berat tubuhnya dapat mencapai 650 kg. Tubuhnya diselimuti oleh kulit licin tanpa sisik yang berwarna abu-abu dan semakin membiru ke bagian atasnya.

Terdapat berbagai macam makanan yang dapat diolah dari ikan Todak ini. Masakan-masakan yang dapat diolah dari ikan Todak antara lain ikan Todak bakar, ikan Todak panggang, kebab ikan Todak, ikan Todak kuah kuning, ikan Todak asam pedas, dan sebagainya.

#16. Jenis Ikan Laut Cermin (Look Down)

Gambar Jenis Ikan Laut Look Down

Sumber: Fineartamerica.com

Ikan Cermin atau Look Down merupakan jenis ikan yang sangat unik. Bersembunyi dan menyamar merupakan keahlian ikan laut jenis ini. Kemampuan khas yang dimiliki oleh ikan Look Down ini ialah kemampuannya memanipulasi cahaya sehingga keberadaannya tidak diketahui oleh predator yang mengancam mereka.

Tubuh ikan Look Down ini berbentuk seperti ketupat. Jika dilihat sekilas, ikan ini memang sangat mirip dengan ikan Atlantik Moon Fish. Namun jika diperhatikan lebih jauh lagi, ikan Look Down memiliki bentuk wajah dan mulut yang berbeda dengan ikan Atlantik Moon Fish.

Ikan Cermin atau ikan Look Down ini dapat dimasak menjadi beragam jenis masakan seperti sup ikan Look Down, ikan Look Down panggang, ikan Look Down goreng bumbu rica-rica, dan masih banyak lagi.

#17. Jenis Ikan Laut Pari

Potret Jenis Ikan Laut Pari

Sumber: Fishwallpapers.com

Ikan Pari merupakan jenis ikan laut dengan bentuk tubuh yang sangat unik. Tubuh ikan Pari berbeda dengan tubuh jenis ikan kebanyakan. Tubuhnya pipih dengan sirip dada yang terlihat seperti sepasang sayap, dan ekornya berbentuk seperti cambuk.

Terdapat sekitar 560 spesies ikan Pari dengan 13 famili ikan Pari yang berbeda-beda. Sebagian jenis ikan Pari memiliki racun yang terletak pada ekornya. Keberadaan populasi ikan Pari  ini telah tersebar ke berbagai penjuru dunia.

Ikan Pari dapat diolah menjadi berbagai macam masakan yang nikmat. Masakan-masakan yang dapat diolah dari ikan Pari antara lain adalah kotok ikan Pari, ikan Pari goreng, ikan Pari bumbu kuah santan, ikan Pari asap, penyet ikan Pari, dan lain-lain.

#18. Jenis Ikan Laut Hiu

Foto Jenis Ikan Laut Hiu

Sumber: Washingtonian.com

Mungkin bagi sebagian orang, mengkonsumsi ikan Hiu adalah hal yang aneh. Namun jangan salah dulu, ternyata ikan Hiu pun dapat dikonsumsi dan diolah menjadi makanan yang nikmat sekaligus mengandung banyak manfaat.

Bagian tubuh yang paling sering diambil dari ikan Hiu adalah siripnya. Sirip ikan Hiu sering kali dimasak menjadi sup yang kaya akan manfaat. Namun, bagian tubuh ikan Hiu lainnya pun tetap dapat diolah menjadi makanan seperti steak ikan Hiu ataupun yang lainnya.

#19. Jenis Ikan Laut Buntal

Potret Jenis Ikan Laut Buntal

Sumber: Tes.com

Ikan Buntal dikenal sebagai ikan laut yang dapat menggembungkan dirinya ketika dalam saat-saat tertentu, misalnya ketika ikan ini sedang merasa terancam. Ikan Buntal juga memiliki duri-duri di sekujur tubuhnya. Duri tersebut akan semakin terlihat jelas ketika mereka menggembungkan dirinya.

Ikan Buntal dapat dijadikan berbagai macam masakan yang lezat. Misalnya seperti fugu sashimi khas Jepang, fugu roe khas Jepang, ikan Buntal panggang, ikan Buntal goreng, dan berbagai masakan-masakan lainnya.

Namun sayangnya, memasak sekaligus memakan masakan ikan Buntal tak bisa dilakukan sembarangan saja. Selain karena populasinya yang semakin menurun, ikan Buntal termasuk jenis ikan laut yang beracun. Bahkan racunnya disebut sebagai yang paling kuat kedua di dunia setelah katak Racun Emas.

#20. Jenis Ikan Laut Amberjack

Foto Jenis Ikan Laut Amberjack

Sumber: Fineartamerica.com

Ikan Amberjack sebenarnya masih merupakan kerabat dekat dengan ikan Kuwe. Karenanya, ikan Amberjack ini sering disebut pula dengan nama ikan Kuwe Batu. Ikan Amberjack ini banyak beredar ke berbagai tempat, seperti Indonesia, Jepang, dan lain sabagainya.

Ikan Amberjack ini memiliki 2 varietas lagi. Kedua varietas tersebut antara lain ialah Ikan Lasser Amberjack yang berada di kedalaman 50 sampai 130 meter di bawah permukaan laut, dan ikan Greater Amberjack yang berada di kedalaman 20 sampai 80 meter di bawah permukaan laut.

Ikan Amberjack atau ikan Kuwe Batu ini juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang menyehatkan. Masakan-masakan yang dapat diolah dari ikan Amberjack antara lain adalah ikan Amberjack goreng, ikan Amperjack bakar, Sashimi Amberjack, dan masakan-masakan lainnya.

#21. Jenis Ikan Laut Sauri Pasifik (Sanma)

Gambar Jenis Ikan Laut Sauri Pasifik

Sumber: Nihonbashirestaurants.Blogspot.com

Ikan Sauri Pasifik termasuk dalam keluarga Scomberesocidae. Ikan ini bernama latin Cololabis saira. Selain itu, ikan ini memiliki nama panggilan yang berbeda-beda di setiap negara, misalnya seperti Sanma di Jepang, Kongchi di Korea, Qiu Dao Yu di China, dan sebagainya.

Ikan yang berasa dari Samudera Pasifik ini tersebar di berbagai negara, seperti perairan Jepang, Amerika, Alaska, hingga ke Meksiko. Bentuk tubuhnya tergolong memanjang dan memiliki sisik berwarna keperak-perakan. Ketika ikan ini dewasa, mereka akan berenang dengan membentuk sebuah koloni.

Olahan makanan yang bisa dikreasikan dari ikan Sauri Pasifik juga sangat bervariasi. Mulai dari yang dimasak dengan matang seperti ikan Sauri Pasifik goreng, masakan yang kaya akan rempah seperti ikan Sauri Pasifik asam manis, sampai sashimi ikan Sauri Pasifik yang tidak dimasak sedikit pun.

#22. Jenis Ikan Laut Kapas (Sea Bream)

Ilustrasi Jenis Ikan Laut Kapas

Sumber: Souqsamak.com

Ikan Kapas dikenal juga dengan nama ikan Sea Bream. Tubuhnya  cenderung pipih dan kadang berwarna perak, merah, atau kecokelatan. Ikan Kapas sering kali diolah menjadi ikan asin yang kemudian dimasak kembali menjadi ikan Kapas asin balado. Sedangkan di Jepang, ikan ini sering diolah menjadi sashimi.

#23. Jenis Ikan Laut Teri

Ilustrasi Jenis Ikan Laut Teri

Sumber: Ericamilenia.Blogspot.com

Ikan Teri merupakan jenis ikan laut yang berukuran sangat kecil. Ketika ikan Teri telah dewasa, panjang ikan laut jenis ini hanyalah sekitar 5 cm saja. Ukuran tersebut tentu terbilang sangat kecil, terutama jika dibandingkan dengan ikan laut jenis lainnya yang mampu tumbuh hingga mencapai panjang bermeter-meter.

Selain disebut sebagai ikan Teri, banyak pula orang yang menyebut ikan ini dengan nama ikan Bilis. Namun nama tersebut tidaklah setenar nama ikan Teri, bahkan untuk sebagian orang nama tersebut bisa dibilang sedikit asing.

Ikan laut yang bertubuh mungil ini memiliki sisik berwarna keperak-perakan, kebiruan, atau bahkan kehijauan. Mereka hidup berkelompok dalam sebuah koloni besar. Jika diperhatikan, ikan Teri juga memiliki gigi-gigi kecil yang cukup tajam walaupun makanan utam ikan Teri hanyalah plankton.

Untuk pemanfaatannya, ikan Teri sering diolah sebagai tambahan dalam olahan sebuah masakan. Misalnya menjadi pelengkap dalam pembuatan sambal, sayur daun singkong, rempeyek, dan sebagainya. Ikan laut jenis ini juga kadang kala diolah menjadi ikan asin.

Belum sampai di situ, jika kita berkunjung ke daerah di sekitar Laut China Selatan dan selat Malaka, maka kita akan menjumpai ikan Teri yang digoreng kemudian disajikan dengan nasi lemak. Sedangkan di Vietnam, ikan Teri diolah menjadi saus ikan nước mắm.

#24. Jenis Ikan Laut Ekor Kuning

Foto Cantik Jenis Ikan Laut Ekor Kuning

Sumber: Wikipedia

Ikan Ekor Kuning (Caesionidae) ini memiliki banyak nama panggilan. Misalnya seperti ikan Yellow Tail, ikan Sunin, ikan Suli, ikan Sulih, ikan Suliri, ikan Fusilier, dan beberapa nama panggilan lainnya.

Ikan Ekor Kuning juga termasuk salah satu jenis ikan laut yang banyak ditemukan di perairan Indo-Pasifik, termasuk lautan Indonesia tercinta ini. Walaupun kadang kala berada di dalam karang, namun ikan Ekor Kuning lebih banyak menghabiskan waktunya di luar terumbu karang yang ada.

Plankton merupakan jenis makanan utama ikan Ekor Kuning ini. Mereka dikenal sebagai perenang yang handal. Karena memang, jenis ikan laut yang satu ini mampu berenang dengan cukup cepat dan lincah di lautan luas.

Ikan Ekor Kuning dapat diolah menjadi berbagai macam masakan lezat yang kaya akan rempah. Mulai dari pindang ikan Ekor Kuning kuah asam pedas, woku ikan Ekor Kuning, Arsik ikan Ekor Kuning bumbu kacang panjang, ikan Ekor Kuning bakar sambal tomat mentah, dan masih banyak lagi.

#25. Jenis Ikan Laut Kacangan

Potret Jenis Ikan Laut Kacangan

Sumber: Permatahatimy2u.Blogspot.com

Ikan Kacang merupakan jenis ikan laut yang tergolong sebagai ikan predator. Ikan Kacangan sering menyantap ikan-ikan yang memiliki ukuran tubuhnya sebagai makanannya sehari-hari.

Ikan Kacangan memiliki tubuh yang panjang. Sekilas memang ikan laut jenis ini terlihat mirip dengan ikan Barakuda. Warna sisiknya abu-abu kecoklatan dengan garis-garis di sekujur tubuhnya. Ikan ini akan mencapai panjang lebih dari 1 meter ketika dewasa.

Mulutnya yang lebar dan berbentuk layaknya paruh tersebut dihiasi dengan gigi-gigi tajam untuk mengoyak hasil buruan hariannya. Memang hal tersebut merupakan suata hal yang wajar bagi seekor ikan predator.

Walaupun merupakan ikan predator yang dikenal ganas di lautan lepas, bukan berarti ikan Kacangan ini tidak bisa dikonsumsi. Ikan Kacangan ini sering diolah menjadi beraneka rupa masakan. Rasanya pun sangat lezat dan disukai banyak orang.

Selain diolah menjadi ikan goreng dan ikan bakar, ikan Kacangan ini juga sering diolah menjadi pepes ikan Kacangan, gulai ikan kacangan, ikan kacangan bumbu kuning, dan berbagai masakan yang tak kalah lezat lainnya.

#26. Jenis Ikan Laut Lemadang (Mahi-mahi)

Foto Jenis Ikan Laut Mahi-mahi

Sumber: Pelagicgear.com

Lemadang, Mahi-mahi, dan Dolphin fish. Dengan nama-nama tersebutlah jenis ikan laut yang satu ini dikenali. Mereka banyak berkeliaran di lautan Indonesia. Perawakannya besar dengan panjang hingga 2 meter dan berat mencapai 50 kg.

Untuk seekor ikan konsumsi, Lemadang merupakan ikan yang cukup cantik. Tubuh besarnya dilapisi oleh kombinasi warna cerah nan cantik, memadukan antara kebiruan dan kuning keemasan. Kepalanya unik karena memiliki dahi yang cukup lebar.

Namun ikan Mahi-mahi tidak bisa sembarang dikonsumsi. Apabila ikan ini tidak disimpan dengan baik -termasuk dalam masa penjualan- bakteri-bakteri akan memecah asam amino histidin yang dapat menimbulkan penyakit jika dikonsumsi.

One Response

  1. Sekolah Kapal Pesiar Yogyakarta October 25, 2016

Leave a Reply