Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik dan Paling Diminati

Jenis Ikan Hias Air Tawar – Siapa sih yang tak kenal dengan hewan peliharaan yang satu ini? Hewan peliharaan ini tentunya sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat luas. Selain itu, ikan hias ini termasuk jenis hewan peliharaan yang paling diminati.

Berbagai macam alasan para pemelihara hewan yang satu ini pun beragam. Dimulai dari yang memang hobi memelihara ikan hias, ada pula yang sebatas sebagai aksesoris untuk mempercantik tampilan interior rumah mereka, dan lain sebagainya.

Selain memiliki banyak peminat, jenis ikan hias ini sangat lah beragam dan bervariasi. Secara garis besar, ikan ini bisa kita golongkan menjadi dua kategori.

Kategori pertama adalah ikan hias air laut dan yang kedua adalah ikan hias air tawar. Sesuai penamaannya, ikan ini digolongkan berdasarkan habitat aslinya.

Berhubungan kedua kelompok jenis ikan hias ini sangat luar biasa banyak, kali ini kita hanya akan membahas salah satunya saja, yaitu jenis ikan hias air tawar yang tentunya paling diminati dan juga paling dicari oleh para penggemarnya.

Jenis ikan hias air tawar ini sangatlah beragam. Mulai dari yang biasa dikenal di masyarakat luas pada umumnya seperti ikan Koi, ikan Koki, ikan Arwana, ikan Louhan, ikan Cupang, dan lain sebagainya, hingga yang cukup jarang dikenal namanya seperti halnya ikan Aligator Gar, ikan Black Ghost, ikan Botia, ikan Discus, dan masih banyak lagi.

Untuk lebih mengenal berbagai jenis ikan hias air tawar, berikut ini kami ulas mengenai beragam jenis ikan hias air tawar tercantik dan tentunya paling diminati oleh para penggemar ikan hias.


Baca Juga Artikel “Jenis Ikan Hias Air Laut“.


#1. Jenis Ikan Hias Arwana

Jenis Ikan Hias Air Tawar Arwana

Sumber: Akuariumhias.Blogspot.co.id

Ikan hias air tawar yang satu ini dikenal dengan keanggunan tubuhnya yang diselimuti oleh sisik-sisik cantik yang terkesan berkilau. Karena keanggunannya itu, ikan hias Arwana ini sangat cocok dijadikan sebagai ikan hias air tawar yang dipelihara di dalam akuarium.

Ikan hias bernama latin Scleropages sp ini terkadang disebut juga dengan istilah “Ikan Naga” karena ikan hias air tawar yang satu ini memang mirip dengan naga yang digambarkan di cerita rakyat Tiongkok.

Sebenarnya ikan hias ini termasuk ikan purba yang masih belum punah. Namun beberapa spesiesnya sudah mulai memasuki kategori terancam punah. Bisa jadi itu karena jumlah peminatnya yang begitu banyak.

Ikan hias Arwana ini memiliki banyak varietas lagi, seperti Arwana Super Red, Arwana Golden, Arwana Golden Red, Arwana Hijau, Arwana Silver, dan masih banyak lagi. Setiap spesiesnya itu tentunya dijual dengan kisaran harga yang berbeda.

Selain ditentukan oleh spesiesnya, harga seekor ikan hias Arwana ini juga ditentukan oleh ukuran dan kondisi fisiknya juga. Harga seekor ikan hias Arwana dewasa ini kurang lebih berkisar di angka 1 juta hingga 20 juta rupiah.

#2. Jenis Ikan Hias Koki

Jenis Ikan Hias Air Tawar Mas Koki

Sumber: Steemit.com

Dengan bentuk tubuhnya yang cenderung bulat, ditambah dengan corak di tubuhnya yang unik dan bervariasi menjadikan ikan hias yang satu ini terlihat sangat menggemaskan. Karena bentuk dan warnanya yang seperti itu, ikan hias Koki ini sangat cocok dipelihara di dalam akuarium.

Ikan hias yang bernama latin Carassius auratus ini ternyata cenderung bersifat adaptif  (mudah beradaptasi) dengan kondisi lingkungannya. Karena cenderung bersifat adaptif, ikan hias jenis ini mampu hidup di kisaran suhu antara 18 hingga 32 derajat celcius.

Soal makanan, ikan hias Koki termasuk jenis ikan yang rakus. Karena memang tergolong omnivora, ikan ini tak jarang tega memakan telur-telur mereka sendiri. Namun biarpun begitu, ikan hias Koki ini bukan ikan yang berkarakter kanibal sepenuhnya, karena mereka tidak pernah menyerang sesamanya.

Harga ikan hias Koki ini sangat beragam. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga seekor ikan hias ini. Faktor tersebut antara lain yaitu grade, jenis, umur, kondisi fisik, tempat dijualnya, dan semua itu kembali lagi kepada si penjual ikan hias ini.

Untuk kualitas biasa, ikan hias Koki hanya dihargai di kisaran 5.000 sampai 50.000 rupiah saja. Namun untuk kualitas tinggi yang memang diperuntukkan bagi mereka yang memiliki hobi memelihara ikan hias, harganya bisa mencapai lebih dari 200.000 rupiah.

#3. Jenis Ikan Hias Black Ghost

Jenis Ikan Hias Air Tawar Black Ghost

Sumber: www.Binatang.Mewarnaigambar.web.id

Ikan hias Black Ghost ini mungkin cukup jarang dikenal oleh para pemelihara ikan pemula. Bentuk tubuhnya terlihat seperti hantu hitam yang berenang di dalam air. Bagian bawah tubuhnya yang mirip dengan kain yang tertiup angin itu menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemarnya.

Ikan hias Black Ghost ini memiliki nama latin Apterontus albifrons. Karena bersifat nokturnal, di siang hari ikan hias Black Ghost ini lebih senang bersembunyi. Ikan Black Ghost baru akan memulai aktivitasnya di malam hari.

Yang cukup unik dari ikan hias ini adalah ekornya. Ikan Black Ghost sering kali harus kehilangan ekornya yang berukuran mungil. Hal itu dikarenakan ekornya selalu bergerak layaknya cacing, kemudian ikan lain akan memakannya. Namun hal itu tidak menjadi masalah besar karena ekornya ini akan kembali tumbuh, persis seperti apa yang dilakukan oleh cicak.

Sama seperti halnya ikan hias Koki, harga ikan hias Black Ghost juga cukup sulit diperkirakan. Kemungkinan harganya dimulai di harga 10.000 rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Namun semua itu kembali pada kualitas ikan hias Black Ghost yang dijual lagi.

#4. Jenis Ikan Hias Discus

Jenis Ikan Hias Air Tawar Discus

Sumber: Wallpaperkeren.co

Ikan hias Discus ini memiliki tubuh yang cukup unik. Tubuhnya akan terlihat pipih jika dilihat dari depan dan akan terlihat lebar jika dilihat dari bagian sampingnya.

Tentu saja ikan hias ini tidak akan cocok jika dipelihara di dalam kolam, namun akan terlihat begitu anggun ketika dipelihara di dalam akuarium.

Ikan bernama latin Symphysodon discus ini berasal dari sungai terpanjang di dunia, Amazon. Jenisnya pun sangat beragam, mulai dari jenis Pearl Pigeon, Red Ribbon, Board Pigeon, Marlboro Red, Angle Blue Diamond, dan masih banyak lagi.

Harga seekor ikan hias Discus ini bervariasi. Untuk anakannya, ikan hias Discus ini dihargai di kisaran 2.000 hingga 10.000 rupiah saja. Namun untuk seekor ikan hias Discus dewasa, harganya berkisar di kisaran 20.000 hingga 100.000 rupiah dan bahkan bisa lebih dari itu.

#5. Jenis Ikan Hias Guppy

Jenis Ikan Hias Air Tawar Guppy

Sumber: Tropical-Fish-Pictures.Blogspot.co.id

Yang sering main ke sawah pasti kenal dengan ikan hias yang satu ini, ikan Guppy namanya. Ikan hias yang sering disebut juga dengan ikan Cere ini pada dasarnya adalah ikan liar. Namun pastinya, yang dijadikan ikan hias bukanlah jenis Guppy yang biasa ditemukan di selokan.

Ikan Guppy yang dijadikan ikan hias tentunya memiliki bentuk fisik dan warna yang menarik. Kebanyakan ikan hias Guppy ini memiliki ciri khas pada ekornya yang terumbai layaknya sebuah rok panjang nan halus.

Selain bentuk ekornya yang mampu membuat para pet lovers jatuh hati, ikan hias bernama latin Poecilia reticulata ini juga memiliki warna-warna yang bervarias setiap jenisnya. Hal itu juga lah yang menambah minat para pencinta ikan hias Guppy ini.

Ikan hias Guppy ini memiliki harga yang sangat bervariasi. Harganya dimulai di angka 1.500 hingga ratusan ribu rupiah. Tentu saja semua itu sangat bergantung pada jenis ikan hias Guppy ini.

#6. Jenis Ikan Hias Koi

Jenis Ikan Hias Air Tawar Koi

Sumber: Wikipedia

Nah, ikan hias yang satu ini akan lebih cocok dipelihara di dalam kolam. Bentuknya yang seperti kapsul membuat ikan ini lebih akan terlihat lebih cantik jika dilihat dari bagian atasnya. Walaupun sebenarnya tak masalah kalau dipelihara di dalam akuarium sekali pun.

Nama lain ikan hias Koi ini adalah Cyprinus carpio l. Pada awalnya, ikan Koi hanyalah ikan mas biasa. Kemudian Jepang bereksperimen dengan mengawin silangkan ikan ini, sehingga didapatlah beragam warna dan corak cantik seperti yang ada saat ini.

Corak ikan hias Koi ini sangat beragam sehingga penjenisannya pun kebanyakan dilihat berdasarkan corak-corak yang berada pada tubuhnya.

Misalnya ikan hias Koi Kohaku berwarna dasar putih dan bercorak merah. Ada juga ikan hias Koi Showa yang memiliki 3 pola warna yaitu merah, putih, dan hitam.

Selain kedua jenis ikan hias Koi tadi, masih banyak lagi jenis ikan hias Koi yang dijeniskan berdasarkan corak atau pola di tubuhnya.

Sama seperti ikan hias lainnya, ikan hias Koi pun bervariasi. Untuk jenis yang dianggap gagal panen, walaupun hanya memiliki sedikit kecacatan dalam coraknya, harganya bisa berada di bawah angka 50.000 rupiah saja.

Namun untuk ikan hias Koi yang berhasil dipanenkan, harganya bisa jauh melambung tinggi. Bahkan ikan Koi termahal asal Jepang yang pernah dijual dihargai sebesar 50.000 poundsterling.

#7. Jenis Ikan Hias Louhan

Jenis Ikan Hias Air Tawar Louhan

Sumber: Fishuntitled.Blogspot.co.id

Ikan hias yang pernah populer di tahun 2000-an ini juga sangat cocok dipelihara di dalam akuarium. Ikan hias Louhan ini memiliki ciri khas benjolan di kepalanya yang mampu menarik minat para penggemarnya, bahkan sampai saat ini setelah masa kejayaannya berakhir.

Sama seperti halnya ikan Koi, ikan Louhan juga tidak murni menjadi ikan hias nan indah dengan sendirinya. Ikan hias Louhan ini merupakan hasil perkawinan silang dari ikan-ikan Cichlid asal Amerika.

Dari hasil persilangan tersebut, didapat lah beberapa jenis ikan hias Louhan yang ada saat ini.

Yang pertama adalah Chencu / Zhen Zhu yang merupakan persilangan dari ikan Trimac Cichlid. Yang kedua adalah Kamfa yang merupakan hasil persilangan dari genus Vieja. Kemudian yang ketiga adalah Red Texas louhan yang merupakan hasil kawin silang Kingkong Parrots dengan Green Texas Cichlid.

Selain ketiga jenis Louhan tadi, masih banyak lagi jenis Louhan yang merupakan hasil persilangan ikan Cichlid yang tak kalah cantik dan menarik.

Harga ikan hias Louhan ini sudah tak lagi semahal dulu di masa kejayaannya, walaupun sebenarnya harga saat ini pun masih bisa dibilang sangat mahal.

Harga anakannya saja dimulai di kisaran angka 300 ribu rupiah dan harga dewasanya bisa lebih dari 600 ribu rupiah. Namun semua itu tetap kembali kepada kondisi Louhan yang dijual.

#8. Jenis Ikan Hias Cupang

Jenis Ikan Hias Air Tawar Cupang

Sumber: Wideopenpets.com

Kecil-kecil cabe rawet. Mungkin istilah itulah yang cocok diberikan kepada ikan hias air tawar yang satu ini. Biarpun tubuhnya kecil, namun karakternya sangat agresif. Mereka bukan tipe ikan yang senang hidup bersama, namun cenderung lebih senang mempertahankan wilayahnya masing-masing.

Apa jadinya ketika ikan Cupang disatukan dalam wadah yang sama? Iya, mereka sering kali akan berkelahi. Karenanya, ikan Cupang sering dijadikan sebagai ikan aduan, bahkan tak jarang diperlombakan oleh para majikannya.

Secara umum, ikan Cupang dapat dikategorikan menjadi 3 kelompok besar, yakni jenis ikan Cupang hias yang terkenal dengan kecantikan sirip dan warnanya, jenis ikan Cupang aduan dengan tubuh bongsor yang siap menghabisi lawannya, serta jenis ikan Cupang liar.

Kemudian untuk varietasnya sendiri sangat melimpah. Mulai dari jenis ikan Cupang Plakat, ikan Cupang Halfmoon, ikan Cupang Serit, ikan Cupang Cagak, ikan Cupang Giant, ikan Cupang Paradise, ikan Cupang Sarawak, dan masih banyak lagi.

Ikan Cupang juga merupakan ikan hias air tawar asli Indonesia loh. Selain itu, Cupang juga dapat ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand, Malaysia, Singapura, Brunei, hingga Vietnam.

Keunggulan lain dari ikan hias air tawar yang satu ini adalah perawatannya yang cukup mudah. Daya tahan tubuhnya kuat. Mereka dapat bertahan dalam kondisi air yang sedikit, tempat yang sempit, dan bahkan tanpa filter yang mengalirkan asupan oksigen ke dalam air.

#9. Jenis Ikan Hias Aligator Gar

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aligator Gar

Sumber: www.Numa.sk

Moncong yang panjang bak seekor buaya adalah ciri khasnya. Ia adalah ikan Aligator Gar alias ikan Buaya. Ikan Aligator merupakan jenis ikan hias predator. Kebanyakan dari ikan hias ini berkarakter agresif dan cukup buas terhadap ikan hias lainnya.

Jika diperhatikan, ikan Aligator memang sangat mirip dengan seekor Buaya. Ia memiliki moncong panjang dengan gigi-gigi yang tajam, tubuh yang memanjang ke belakang, dan dapat tumbuh hingga mencapai ukuran yang sangat besar.

Ikan Aligator juga terdiri dari beberapa varietas atau jenis. Semuanya memiliki tubuh yang cantik dan selalu menjadi pilihan para penggemar. Beberapa jenisnya antara lain ikan Aligator Longnose Gar, ikan Aligator Shortnose Gar, ikan Aligator Spotted Gar, dan masih banyak lagi.

Ada pula jenis-jenis ikan Aligator yang sebenarnya mengalami kelainan genetik. Akan tetapi, hal itu justru membuatnya semakin cantik dengan warna-warna yang indah. Misalnya seperti The Gold Gar, Platinum Gar, Snow White Gar, Melanistic Gar, dan Albino Gar.

Sebagai seekor ikan hias predator, ikan Aligator lebih menyukai pakan hidup seperti ikan kecil, serangga, cacing-cacingan, hingga udang air tawar. Berikanlah ikan Aligator peliharaan dengan pakan berkualitas serta dengan jumlah yang tepat.

Mencampur ikan Aligator dengan jenis ikan hias air tawar lainnya bukan pilihan yang tepat, sebab ikan Aligator malah berpotensi memangsanya. Untuk itu, setidaknya peliharalah ikan hias lain yang ukurannya sama dengan ikan Aligator agar pembantaian tidak terjadi.

#10. Jenis Ikan Hias Komet

Jenis Ikan Hias Air Tawar Komet

Sumber: www.Cooranbongaquatics.com.au

Ikan Komet merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang termasuk ke dalam keluarga goldfish alias ikan mas. Tubuhnya sangat indah, dihiasi dengan warna-warna nan cerah, serta memiliki bentuk ekor yang menjuntai bak sebuah kain selendang pada seorang wanita.

Ikan Komet juga terdiri dari banyak jenis. Kebanyakan di antaranya memiliki kombinasi antara warna merah dan putih. Beberapa jenis ikan ini di antaranya ialah ikan Komet Common, ikan Komet Slayer, ikan Komet Tancho, ikan Komet Shubukin, dan masih banyak lagi.

Perawakan ikan Komet memang tidak terlalu besar. Namun kecantikannya tak kalah dengan jenis ikan hias air tawar lainnya. Mereka juga merupakan perenang yang handal. Akuarium atau kolam akan nampak semakin hidup dengan keberadaannya.

Ikan Komet sangat gemar bergerak. Mereka seolah selalu menggoyangkan tubuh dan ekornya untuk memancing perhatian tuannya. Namun sekalipun cukup aktif, ia masih bersahabat dengan jenis ikan hias air tawar lainnya, sehingga dirasa tak masalah untuk mencampurnya dengan ikan jenis lain.

Selain itu, harga ikan Komet tergolong sangat terjangkau. Kamu tidak perlu merogoh kocek cukup dalam untuk membawa ikan ini pulang. Biasanya ikan ini hanya beberapa ribu rupiah saja harganya, tergantung ukuran dan kualitas yang ditawarkan tentunya.

#11. Jenis Ikan Hias Lemon Cichlid

Jenis Ikan Hias Air Tawar Lemon

Sumber: Fishcare.info

Ikan berwarna kuning cerah yang berasal dari keluarga Cichlid ini tak kalah menarik untuk dipelihara. Para hobbyist mengenalnya sebagai ikan Lemon Cichlid. Biarpun tubuhnya kecil, namun kecantikannya selalu menghiasi seisi akuarium.

Ikan ini berasal dari Afrika. Namun, berkat bakat cantik yang dimilikinya, ia mampu mendongkrak popularitasnya hingga tersebar ke berbagai penjuru dunia. Termasuk di Indonesia, ikan Lemon juga menjadi salah satu jenis ikan hias air tawar terpopuler yang sangat digemari.

Perawakannya terbilang kecil dan cukup ramping. Warna kuning cerah khas buah lemon mendominasi hampir ke seluruh bagian tubuhnya. Namun terdapat beberapa corak berwarna kehitaman, khususnya di bagian siripnya.

Sifatnya agak galak untuk jenis ikan seukurannya. Kadang kala mereka mengejar ikan hias lain di akuarium yang sama. Kerakusan juga sering terlihat di detik-detik pemberian pakan. Mereka akan lahap menyantap hingga habis tak bersisa.

#12. Jenis Ikan Hias Redtail Catfish

Jenis Ikan Hias Air Tawar Redtail Catfish

Sumber: www.Petcha.com

Jenis ikan hias air tawar kali ini berasal dari keluarga catfish alias ikan Lele, Redtail Catfish. Redtail catfish merupakan spesies Lele hias yang berasal dari pedalaman Amazon. Tubuhnya sangat cantik, berwarna hitam yang dipadukan dengan putih susu dan kemerahan.

Redtail Catfish juga merupakan jenis ikan hias air tawar yang dapat tumbuh hingga mencapai ukuran raksasa. Biarpun begitu, ia tetap cocok dipelihara di dalam akuarium atau kolam. Ukuran tempatnya dapat disesuaikan bersamaan dengan pertumbuhannya.

Ikan hias air tawar yang satu ini juga termasuk kelompok ikan hias karnivora. Redtail Catfish kecil dapat diberikan cacing beku, cacing sutera, ikan kecil, atau udang sebagai pakannya. Sedangkan Redtail Catfish besar mampu memakan daging ayam kiloan atau ikan yang cukup besar.

Seperti kebanyakan jenis ikan Lele, Redtail Catfish terbiasa berenang di dasar perairan, baik akuarium, kolam, maupun habitat aslinya. Hanya saja, Redtail Catfish cenderung pendiam dan tidak banyak bergerak. Apalagi ketika mereka menginjak usia dewasa.

 

Leave a Reply