Mengenal Beragam Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi

Sejatinya, jenis ikan air tawar konsumsi memiliki cita rasa yang nikmatApalagi saat dipadukan dengan berbagai rempah-rempah khas negeri ini, ikan pun disulap menjadi beragam olahan masakan yang luar biasa nikmat, dan mungkin berefek ketagihan.

Namun, selera tiap orang soal makanan tentu berbeda. Termasuk seleranya pada ikan air tawar. Walaupun banyak yang menganggapnya lezat, ternyata ada saja orang-orang yang tidak menyukainya. Padahal, jenis ikan air tawar konsumsi memiliki kandungan gizi yang luar biasa penting bagi tubuh kita.

Ikan air tawar konsumsi merupakan sumber lemak tak jenuh yang sangat baik, tanpa perlu menimbun banyak kolestrol di tubuh kita. Selain itu, ia juga kaya akan protein hewani, aman dari zat merkuri, dan masih menyimpan banyak sekali kandungan gizi yang tentunya bermanfaat bagi manusia.

Nah, untuk kamu yang merasa tidak menyukai daging ikan air tawar konsumsi, mungkin selama ini baru mencicip satu dua jenis ikan air tawar saja. Cobalah mencicipi cita rasa dari jenis ikan lain yang belum pernah kamu coba. Siapa tau ada ikan lain yang lebih cocok dengan lidahmu.

Iya, jenis ikan air tawar konsumsi memang sangat bervariasi. Apalagi saat ini sudah sangat banyak sekali peternakan dimana ikan-ikan ini dibudidayakan, sehingga tak sulit lagi untuk mencarinya. Berikut ini beberapa jenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi dan tentunya sangat lezat.

#1. Jenis Ikan Air Tawar Ikan Mas

Ikan Mas merupakan jenis ikan air tawar yang sangat dekat dengan kehidupan manusia. Selain berperan sebagai ikan hias, ikan Mas juga sering sekali dikonsumsi, diolah menjadi beragam masakan lezat yang sungguh menggoda.

#2. Jenis Ikan Air Tawar Mujair

Ikan Mujair merupakan jenis ikan air tawar yang berasa dari Afrika. Namun di Indonesia, ikan ini pertama kali ditemukan di Blitar oleh Pak Mujair. Ia diberi nama yang sama dengan penemunya, kemudian mulai dibudiyakan hingga akhirnya menjadi populer seperti saat ini.

#3. Jenis Ikan Air Tawar Nila

Ikan Nila dan ikan Mujair sebenarnya memiliki perawakan yang hampir sama. Namun, keduanya merupakan jenis ikan yang berbeda. Populasi ikan Nila cukup melimpah dan mudah dibudidayakan. Tak heran harganya tergolong murah walaupun rasanya lezat.

#4. Jenis Ikan Air Tawar Lele

Lele juga termasuk jenis ikan air tawar konsumsi yang sangat populer di Indonesia. Itu terbukti dari banyaknya warung pecel Lele yang berjejer di pinggir jalan pada malam hari. Ia dikenal dengan tubuhnya yang memanjang, licin, tak banyak duri, dan memiliki kumis di sudut mulutnya.

#5. Jenis Ikan Air Tawar Gurame

Ikan Gurame adalah jenis ikan air tawar konsumsi yang menawarkan kelembutan daging dan kelezatan. Banyak restoran atau rumah makan yang menjadikan ikan Gurame sebagai menu unggulan. Harganya pun cukup mahal karena permintaan yang tinggi, namun sulit dipenuhi akibat pembudiyaan yang lambat.

#6. Jenis Ikan Air Tawar Bawal Merah

Ikan Bawal merupakan jenis ikan air tawar yang mirip sekali dengan predator ganas asal Amazon, ikan Piranha. Ikan ini cukup populer sebagai ikan konsumsi yang sering dibudiyakan dan terkadang dipelihara di pemancingan.

#7. Jenis Ikan Air Tawar Patin

Ikan Patin masih merupakan kerabat dekat ikan Lele yang sama-sama berasal dari keluarga Catfish. Dagingnya yang berlemak terkadang menjadi nilai tambah bagi sebagian orang. Namun tak sedikit yang justru terganggu karena lemaknya.

 

Leave a Reply