Mengenal Jenis-jenis Hamster, Si Hewan Pengerat Mungil yang Menggemaskan

Siapa sih yang tak kenal dengan hamster? Si hewan pengerat mungil yang begitu menggemaskan. Jenis hamster memang terbilang cukup banyak, dan tiap jenisnya memiliki keunikan serta kecantikannya tersendiri.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan mengenalkan kepada kamu semua mengenai hewan pengerat yang satu ini dengan selengkap-lengkapnya. Penasaran? Yuk baca hingga selesai.

Yuk Mengenal Hamster Lebih Jauh

Mengenal Hamster

Sumber: Pixabay

Hamster merupakan hewan peliharaan yang berasal dari bangsa pengerat. Hamster memang sudah sangat populer sebagai hewan peliharaan. Entah karena penampilannya yang cantik, atau karena karakternya yang menggemaskan, ia menjadi hewan yang sangat digemari oleh banyak orang.

Bisa dibilang, hamster memang sangat mirip dengan tikus. Namun orang-orang tetap menyukainya, sebab ia begitu menggemaskan. Terlebih lagi ketika hamster dipelihara secara terawat, tentunya ia akan semakin menarik bukan?

Ukuran tubuh hamster tergolong kecil untuk seekor hewan peliharaan. Namun karena ukuran tubuhnya yang kecil tersebut, kita tidak membutuhkan kandang yang luas untuk memeliharanya. Dan karena itu pula, hamster jadi lebih mudah untuk dibawa berpergian.

Walaupun tubuhnya kecil, kebanyakan hamster sering kali memiliki badan yang gemuk. Bahkan beberapa jenisnya terlihat seperti sebuah bola berbulu saat duduk. Belum lagi pipinya yang chubby semakin menambah kesan menggemaskan dari hewan ini.

Jenis-jenis Hamster

Ada banyak jenis hamster di dunia ini, bahkan hampir ada di setiap negara. Setiap jenis memiliki karakteristik tersendiri dan warna yang berbeda-beda, mulai dari cokelat muda, abu-abu, hitam, putih, kekuning-kuningan, hingga kemerahan.

#1. Jenis Hamster Roborovski

Roborovski merupakan jenis hamster yang berasal dari Tiongkok Utara, Padang Pasir Mongolia, dan Gurun Gobi. Jenis hamster yang satu ini dikenal sebagai sosok hamster yang lincah. Wajar saja, hal itu dikarenakan tubuhnya yang sangat kecil dan merupakan hamster tercepat.

Hamster Roborovski merupakan salah satu jenis hamster yang paling sering dipelihara. Biasanya, itu dikarenakan hamster ini sangat lincah dan gemar bermain. Selain itu, bentuk wajahnya juga terlihat berbeda jika dibandingkan dengan jenis hamster lainnya.

#2. Jenis Hamster Syirian

Hamster Syirian merupakan salah satu jenis hamster terbesar di dunia. Saking besarnya, hamster jenis ini sampai-sampai mendapat julukan sebagai “Giant Hamster” yang berarti hamster raksasa. Selain tubuhnya yang besar, hamster jenis ini juga cukup agresif loh.

Hamster Syirian dikenal mempunyai warna-warna yang indah. Mulai dari polos hingga bercorak. Warna-warna yang dimiliki oleh hamster jenis ini antara lain putih, krem, kuning keemasan, cokelat muda, abu-abu, hitam, dan masih banyak lagi.

#3. Jenis Hamster Campbell

Pada tahun 1902 di daearah Tuva, hamster Campbell untuk pertama kalinya ditemukan. Hamster ini dikenal sebagai hamster mini yang agresif. Bahkan gigitannya juga cukup kuat untuk melukai, sehingga hamster jenis ini kurang cocok untuk dipelihara oleh anak-anak.

Namun di samping itu, hamster Campbell memiliki banyak variasi warna bulu yang sangat indah. Warna hamster jenis ini antara lain hitam, krem, abu-abu, albino, cokelat tua, keunguan, dan masih banyak lagi.

#4. Jenis Hamster Winter White

Mencari jenis hamster yang jinak dan manja? Hamster jenis Winter White mungkin bisa menjadi opsi pertama. Hamster ini sering kali memiliki karakter yang penakut, sehingga cukup aman untuk dipelihara oleh anak-anak.

Keunikan hamster jenis ini terletak pada bulunya. Bulunya dapat berubah warna mengikuti perubahan suhu lingkungannya. Saat musim dingin tiba, hamster ini akan berubah warna menjadi putih bersih yang indah. Kemudian akan kembali ke warna asalnya saat suhu mulai menghangat.

#5. Jenis Hamster Chinese

Hamster Chinese dikenal juga dengan nama Hamster Tiongkok. Dinamakan seperti itu karena hamster jenis ini memang berasal dari negeri tersebut. Selain Tiongkok, hamster jenis ini juga banyak ditemukan di negara Mongolia.

One Response

  1. tomi March 24, 2018

Leave a Reply