Jenis-jenis Ikan Komet yang Siap Menghiasi Akuarium Kamu

Membahas seputar ikan hias memang tak ada habisnya. Setelah berbagai jenis ikan hias kita bahas di artikel-artikel sebelumnya, ternyata masih banyak juga jenis ikan hias yang belum kita bahas. Seperti ikan komet yang akan kita bahas pada artikel ini.

Ikan Komet merupakan salah satu jenis ikan hias populer. Baik di kalangan pencinta ikan hias, hingga anak-anak yang masih penasaran, ikan ini sering kali menjadi pilihan. Mungkin itu karena tubuhnya yang cantik dan harganya yang terjangkau.

Sekilas, ia terlihat mirip dengan ikan Koi. Namun tubuhnya cenderung lebih ramping dengan ekor yang menjuntai cantik. Ikan Komet juga masih termasuk jenis gold fish. Jadi wajar saja jika ia memang mirip dengan jenis ikan Mas lainnya.


Baca Juga Artikel “Jenis Ikan Koki“.


Jenis-jenis Ikan Komet

Siapa yang menyangka, ternyata ikan komet memiliki banyak jenis atau varietas loh. Ikan komet memang biasa dijual dalam satu wadah yang sama, sehingga para pemula mungkin akan merasa kesulitan saat membedakan jenis-jenisnya.

Namun jangan khawatir, di artikel ini kita akan sedikit membahas mengenai jenis-jenis ikan komet secara lebih spesifik. Harapannya, kita dapat sedikit membedakan jenis ikan komet saat akan memeliharanya agar mendapatkan jenis yang diinginkan.

#1. Jenis Ikan Komet Common

Ikan Komet jenis Common merupakan jenis umum dari ikan Komet. Biasanya ikan Komet jenis ini memilik warna oranye keperakan hampir di seluruh tubuhnya. Ia tergolong single tail karena ekornya tak berlapis dan kurang menjuntai.

#2. Jenis Ikan Komet Slayer

Slayer merupakan jenis ikan Komet yang cukup menarik. Itu dikarenakan sirip serta ekornya yang menjuntai seperti selendang panjang nan mempesona. Ekornya tersebut biasanya berwarna oranye bercampur dengan warna putih transparan.

Perawakannya terbilang kecil dan juga ramping. Namun menjadi sangat proporsional walau ekornya panjang menjuntai. Tubuhnya berwarna oranye dan terkadang bercampur dengan warna putih.

Ikan Komet jenis Slayer tergolong jenis double tail karena ekornya yang berlapis. Karena kecantikannya, ia sering kali menjadi pilihan para hobbyist sebagai ikan hias peliharaan mereka.

#3. Jenis Ikan Komet Tancho

Jenis ikan Komet yang tak kalah menarik adalah jenis Tancho. Perawakannya hampir mirip dengan jenis ikan Komet Sarasa, namun Tancho memiliki tubuh berwarna putih dengan corak bulat berwarna oranye di kepalanya.

Ekornya tidak terlalu menjuntai layaknya jenis Slayer, namun tetap memberikan kesan cantik akan keindahan tubuhnya. Ia tergolong ikan Komet jenis single tail karena memang hanya memilik satu lapis ekor saja.

#4. Jenis Ikan Komet Shubukin

Jika kamu termasuk tipe orang yang senang dengan ikan bercorak ramai dan memiliki beberapa warna, maka jenis ikan Komet Shubukin cocok menjadi piilihan. Ikan Komet jenis ini memiliki perpaduan warna putih, hitam, dan oranye membentuk motif abstrak.

Belum lagi, ikan Komet Shubukin merupakan tipe double tail yang berarti berekor ganda. Ekor ganda yang menjuntai tentu semakin meningkatkan kecantikan hewan ini. Yakin tidak menyukai ikan Komet jenis ini?

#5. Jenis Ikan Komet Red Shubukin

Masih termasuk jenis Shubukin yang berwarna putih, hitam, dan oranye, namun warna merah atau oranye mendominasi tubuhnya. Seperti itulah jenis Ikan Komet Red Shubukin. Ikan Komet jenis ini juga sangat cocok untuk mempercantik akuariummu.

#6. Jenis Ikan Komet Black Cometfish

Pada umumnya, ikan Komet berwarna dasar cerah seperti oranye atau kekuningan. Namun berbeda dengan jenis yang satu ini. Ikan Komet jenis Black Cometfish memiliki warna hitam polos disekujur tubuhnya. Secara tidak langsung, pola warna seperti itu memberikan kesan elegan padanya.

Ikan Komet jenis Black Cometfish termasuk jenis double tail. Itu dikarenakan ekor hitamnya yang bercabang alias cagak. Ia bisa menjadi pilihan jika kamu bosan dengan jenis ikan Komet dengan warna standar.

#7. Jenis Ikan Komet Red Calico

Alternatif lain untuk kamu yang senang dengan jenis ikan berwarna ramai adalah jenis ikan Komet Red Calico. Tubuh mungilnya dilapisi oleh sisik berwarna putih dengan motif oranye, kemudian ditimpa dengan bintik-bintik hitam yang semakin menghiasi dirinya.

Ikan Komet jenis ini juga masih termasuk dalam kategori berekor ganda alias double tail. Ekornya juga terlihat tembus pandang, namun tetap memiliki bintik hitam andalannya. Sangat cocok untuk dipelihara.

 

Leave a Reply