Yuk Kenalan dengan Ikan Hias Raksasa Arapaima Gigas

Ikan hias hanya berukuran beberapa senti saja? Ah itu sih biasa. Nah, ikan hias yang satu ini berbeda. Ia memiliki postur tubuh berukuran raksasa. Ikan Arapaima Gigas namanya. Monster rawa raksasa dari pedalaman Amazon di benua Amerika.

Iya, saat ini ikan Arapaima Gigas memang sudah biasa dijadikan hewan peliharaan. Walaupun tubuhnya tidak dihiasi dengan motif menarik, namun ukuran tubuhnya yang besar menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar ikan hias.

Bayangkan saja, ia memiliki ukuran tubuh lebih dari 1 meter di usia dewasanya. Bahkan menurut referensi dari Wikipedia, ikan Arapaima Gigas ini dapat mencapai ukuran 3 meter dengan bobot seberat 200 kg. Bukankah itu ukuran yang sangat fantastis untuk seekor ikan hias?

Di tempat kelahirannya sendiri, ikan Arapaima Gigas biasa ditangkap oleh masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan konsumsi. Akibat pemburuan yang cukup sering, kini sudah cukup sulit untuk menemukan ikan ini lebih dari 2 meter di alamnya.

Ikan Arapaima Gigas juga termasuk jenis ikan purba yang masih hidup hingga kini. Bukti-bukti autentik berupa fosil dari hewan inilah yang menjadi saksinya. Bahkan ada yang mengatakan, tengkorak Arapaima kerap digunakan sebagai perisai oleh orang terdahulu.

Lalu, apakah ikan Arapaima Gigas ini termasuk ke dalam kategori hewan langka? Sepertinya iya. Namun untungnya, ikan ini sudah mulai banyak dibudidayakan sebagai ikan hias. Mungkin karena faktor tersebutlah populasi ikan raksasa ini masih dapat terjaga.


Baca Juga Artikel “Jenis Ikan Arwana“.


Klasifikasi Ikan Arapaima Gigas

Arapaima Gigas sebenarnya merupakan nama latinnya sendiri. Sedangkan dalam kesehariannya, ia lebih akrab disapa dengan nama Arapaima, terutama oleh para hobbyist. Ia juga dikenal dengan beberapa nama lainnya, seperti Pirarucu dan Paiche.

Ikan Arapaima Gigas masuk dalam klasifikasi genus Arapaima, famili Osteoglossidae, sub famili Heterotidinae, ordo Osteoglossiformes, kelas Actinopterygii, filum Chordata, dan tentunya kingdom Animalia.

Cara Memelihara Ikan Arapaima Gigas

Perawatan Ikan Arapaima Gigas

Sumber: Deviantart

Ikan Arapaima Gigas memang merupakan jenis ikan yang menarik untuk dipelihara. Namun saat memutuskan untuk memelihara ikan ini, tentu ada konsekuensi yang perlu kita terima. Salah satunya adalah soal perawatan ikan raksasa ini.

#1. Tempat Tinggal Ikan Arapaima Gigas

Seperti yang kita ketahui, Arapaima dapat tumbuh sepanjang 2 sampai 3 meter saat dewasa. Maka dari itu, dibutuhkan akuarium atau kolam yang cukup besar untuk memeliharanya. Ruang yang sempit bagi Arapaima berpotensi membuatnya stres, bahkan mati.

#2. Penutup Kolam Tak Kalah Penting Bagi Ikan Arapaima Gigas

Walaupun bertampang sangar, ternyata ikan Arapaima memiliki karakter yang mudah panik loh. Untuk mencegahnya melompat keluar kolam, penutup kolam mungkin perlu disediakan di atasnya. Tentu akan merepotkan jika Arapaima berhasil melompat keluar karena stres yang dialaminya.

#3. Perawatan Kolam Ikan Arapaima Gigas

Merawat kolam agar tetap bersih tentu menjadi rutinitas yang sangat penting saat memelihara ikan Arapaima. Air yang kotor akan mempengaruhi kesehatannya. Apalagi jika air sampai kekurangan pasokan oksigen.

Berikan sistem filtrasi yang baik pada kolamnya, kuras dan bersihkan kolam dari lendir serta lumut yang menempel di dinding kolam, juga buatlah Arapaima merasa nyaman dengan aksesoris untuk mengingatkannya pada alam, seperti tumbuhan air dan batuan koral.

#4. Pakan Ikan Arapaima Gigas

Ikan Arapaima Gigas merupakan jenis ikan karnivora yang berarti pemakan daging. Namun itu tidak membuatnya mampu mengkonsumsi segala jenis daging. Sebaiknya Arapaima diberi pakan berupa ikan, udang, kodok, atau serangga.

#5. Teman Ngobrol Ikan Arapaima Gigas

Arapaima tidak seperti ikan Cupang yang agresif terhadap kawannya sendiri. Tidak masalah untuk memelihara beberapa ekor ikan Arapaima dalam satu kolam. Jika ingin mencampurnya dengan jenis ikan lain, peliharalah ikan besar lainnya seperti ikan Aligator atau Redtail Catfish yang setidaknya berukuran 1/3 dari panjang tubuhnya.

Harga Ikan Arapaima Gigas

Harga ikan Arapaima Gigas tentu bervariasi. Banyak faktor yang mempengaruhi harga jualnya di pasaran, mulai dari ukuran, kualitas, kesehatan, dan sebagainya. Harganya mulai dibanderol dari 4 ratus ribu rupiah untuk ukuran kecil, hingga mencapai 8 juta rupiah untuk ukuran dewasanya.

Leave a Reply