Ikan Corydoras si Tukang Bersih-bersih Akuarium

Ikan Corydoras merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki peranan penting dalam merawat kebersihan akuarium. Di saat ikan-ikan lain memakan secara rakus makanannya, ikan Corydoras memilih untuk membersihkan sisa-sisa yang berceceran di dasar akuarium.

Jika dipikir-pikir, karakternya tersebut ternyata mirip seperti ikan Sapu-sapu ya? Hal tersebut sebenarnya tidak terlalu aneh. Sebab, baik ikan Corydoras maupun Sapu-sapu sebenarnya masih dalam satu keluarga, yakni keluarga Catfish alias ikan Lele.

Ketimbang berenang ke atas permukaan air, ikan Corydoras lebih nyaman berenang santai di dasar perairan. Mereka banyak menghabiskan waktu di sana sembari menghisap sisa-sisa makanan ikan lain bak sebuah alat penyedot debu.

Ikan Corydoras merupakan jenis ikan asli Venezuela, Trinidad – Amerika Selatan. Perairan beriklim tropis dan sedang adalah tempat dimana mereka dapat merasa nyaman. Namun saat ini, populasinya telah tersebar ke banyak negara, termasuk Indonesia.

Nama Corydoras sendiri diambil dari bahasa Yunani, yakni “Kory” yang berarti helm, serta “Doras” yang berarti kulit. Di kalangan para hobbyist, ikan ini akrab disapa dengan sebutaan Corys untuk mempersingkat namanya. Selain itu, ada pula yang mengenal ikan ini dengan nama ikan Tikus karena perawakannya yang mirip dengan Tikus.

Klasifikasi Ikan Corydoras

Ikan Corydoras memiliki nama latin Corydoras geoffroy. Ia masuk ke dalam klasifikasi genus Corydoras, suku Cordoradini, famili Callichthyidae, ordo Siluriformes, kelas Actinopterygii, filum Chordata, serta yang pasti masuk ke dalam kerajaan Animalia.

Ciri Fisik Ikan Corydoras dan Karakteristiknya

Ciri Fisik Ikan Corydoras

Sumber: Pet-Owners.org

Ikan Corydoras merupakan jenis ikan hias air tawar berukuran kecil. Saat dewasa, Corydoras sering kali hanya mencapai panjang 12 cm saja. Walaupun pendek, tubuhnya terlihat gemuk untuk seukuran hewan tersebut. Kepalanya cukup besar dan semakin mengecil ke arah ekornya.

Sebagai ikan pembersih, Corydoras memiliki mulut yang menghadap ke bawah guna menghisap kotoran-kotoran di dasar perairan. Mirip seperti sapu-sapu. Namun perawakannya lebih mirip dengan ikan Botia ketimbang Sapu-sapu, atau bahkan ikan Lele yang masih merupakan kerabat dekatnya sendiri.

Untuk warna tubuhnya sendiri sangat bervariasi, tergantung dari jenisnya. Ikan Corydoras memang memiliki varietas yang sangat banyak. Jumlahnya mencapai hingga 142 spesies. Di antara mereka terdapat spesies-spesies yang belum diklasifikasikan, namun sudah banyak dipelihara.

Ikan Corydoras memiliki karakter yang tenang, sangat jauh dari kata agresif. Mereka dapat hidup bersama dengan baik bersama spesies ikan lainnya. Hampir tidak pernah ditemukan ikan ini terlihat berkelahi, baik di antara sesama Corydoras maupun dengan jenis ikan lain.

Oleh karena itu, Ikan Corydoras sangat cocok untuk dipelihara bersama jenis ikan lainnya. Melihat suatu komunitas ikan dari beragam varietas dalam satu akuarium tentu menjadi daya tarik tersendiri. Akuarium tentu akan tampak semakin menarik.

Makanan Ikan Corydoras

Secara umum, ikan Corydoras merupakan tipe ikan pemakan segala alias omnivora. Tak peduli itu makanan segar ataupun sisaan ikan lain, ikan Corydoras tetap bersemangat untuk memakannya. Terlebih lagi jika makanan tersebut terletak di dasar perairan.

Pelet tenggelam merupakan makanan pokok yang sangat tepat bagi ikan Corydoras. Namun, demi melengkapi asupan gizinya sebagai hewan omnivora, variasikanlah makanannya dengan cacing sutera, cacing beku, artemia, daphnia, dan sebagainya.

Harga Ikan Corydoras di Pasaran Indonesia

Mengingat jumlah jenis ikan Corydoras yang sangat berlimpah, tentu berefek pada rentang harga yang bervariasi pula. Namun secara umum, harga dari ikan Corydoras di pasaran Indonesia masih sangat terjangkau.

Selain dipengaruhi oleh banyaknya variasi, harga ikan Corydoras juga dipengaruhi oleh kualitas, ukuran, banyaknya keuntungan penjual, dan masih banyak lagi faktor lainnya. Sehingga, harga ikan hias yang satu ini agak sulit untuk dipatok secara pasti.

Kami telah merangkum beberapa sumber, harga ikan Corydoras termurah dijual dengan harga seribu rupiah saja. Sedangkan untuk harga tertinggi yang kami dapatkan, ikan Corydoras dijual dengan harga mencapai 375 ribu rupiah.

Leave a Reply