Cara Memelihara dan Merawat Ikan Lemon Cichlid dengan Tepat

Keluarga ikan Cichlid memang dikenal sebagai keluarga ikan hias yang cantik dan berkualitas. Banyak sekali jenis ikan hias yang termasuk ke dalam keluarga ikan ini, termasuk ikan Lemon Cichlid, si ikan cerah penghias akuarium.

Ikan Lemon Cichlid merupakan salah satu jenis ikan hias kecil dengan perawakan yang sangat menarik. Nama Lemon sendiri, terinspirasi dari tubuhnya yang dilapisi warna kuning cerah seperti warna pada buah jeruk lemon.

Ikan Lemon Cichlid ternyata memiliki beberapa nama panggilan. Selain dikenal sebagai Lemon Cichlid, ikan hias jenis ini juga akrab disapa dengan nama ikan Leleupi dan ikan Cichlid Emas atau Gold Cichlid.

Berbeda dengan kebanyakan jenis ikan dari keluarga Cichlid yang berasal dari Amerika, ikan Lemon Cichlid justru berasal dari benua Afrika. Karenan popularitasnya sebagai ikan hias cukup tinggi, kini ikan Lemon sudah tersebar ke banyak negara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri, ikan Lemon Cichlid sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Itu terbukti dari banyaknya penjual ikan hias yang menjual jenis ikan yang satu ini. Perawakan yang cantik, serta harganya yang terjangkau, menjadi alasan mengapa ikan ini diminati.


Baca Juga Artikel “Ikan Oscar“.


Klasifikasi Ikan Lemon Cichlid

Ikan Lemon Cichlid mempunyai nama latin Lamprologus leleupi. Dalam pengklasifikasiannya, ikan Lemon termasuk ke dalam filum Chordata, super kelas Pisces atau ikan-ikanan, kelas Osteichthyes atau bertulang sejati, ordo Percamerphi, keluarga Cichlidae, dan genus Lamprologus.


Baca Juga Artikel “Ikan Manfish“.


Ciri Fisik Ikan Lemon CIchlid

Ikan Lemon Cichlid memiliki postur tubuh yang pipih, memanjang, dan sedikit membulat. Hampir seluruh bagian tubuhnya dilapisi oleh warna kuning lemon yang cerah. Terkadang, terdapat pula corak berwarna hitam pada bagian sirip punggungnya.

Karakterya cukup tenang dan tidak agresif. Selain itu, daya tahan tubuhnya terhadap penyakit cukup kuat. Tak heran, dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh ikan Lemon Cichlid menjadikannya diminati sebagai ikan hias peliharaan, termasuk bagi pemula.


Baca Juga Artikel “Ikan Louhan“.


Cara Memelihara Ikan Lemon Cichlid

Merawat Ikan Lemon Cichlid

Sumber: www.Cichlids.com

Saat memutuskan untuk memelihara ikan Lemon Cichlid, hal yang pertama kali mesti disiapkan ialah wadah sebagai tempatnya tinggal. Akuarium dirasa lebih tepat untuk memelihara ikan hias ini ketimbang memeliharanya di dalam kolam.

Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan ikan Lemon Cichlid merupakan tipe ikan hias akuarium. Memelilharanya di kolam pun sebenarnya tak masalah. Namun kecantikan ikan Lemon akan kurang terpancarkan jika melihatnya hanya dari atas saja.

Agar ikan Lemon Cichlid dapat leluasa bergerak, sediakanlah akuarium dengan ukuran yang tepat. Lengkapi pula akuarium dengan bebatuan, paralon bekas, bonsai akuarium, atau tempat persembunyian lainnya.

Sistem filtrasi yang baik juga diperlukan demi kelangsungan hidup ikan Lemon Cichlid. Gunakanlah alat filter atau aerator agar asupan oksigen ke dalam akuarium selalu tercukupi serta kebersihannya pun selalu terjaga.

Perlu diingat pula, ikan Lemon Cichlid merupakan tipe ikan yang biasa hidup berkelompok. Untuk itu, demi menjaga sifat alaminya sebagai makhluk sosial, peliharalah beberapa ekor ikan Lemon dalam satu akuarium.

Untuk masalah pakannya, ikan Lemon Cichlid dapat diberi pakan berupa pelet ikan, cacing sutera, udang kecil, hingga kutu air. Berilah pakan dengan jumlah yang tepat secara teratur. Jangan sampai ikan Lemon peliharaanmu kelaparan ya.

Kebersihan air tentu perlu senantiasa dijaga dengan baik. Akuarium perlu dikuras secara berkala demi menjaga kebersihan serta kesehatan dari ikan Lemon Cichlid itu sendiri. Selain itu, menguras akuarium juga menjadikan suhu air dapat lebih terjaga.

Leave a Reply