Jenis-Jenis Tumbuhan Langka Ini Sudah Sepatutnya Selalu Kita Jaga dari Kepunahan

Tumbuhan Langka – Terdapat berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang tersebar ke seluruh penjuru dunia. Tumbuh-tumbuhan tersebut kadang kala dimanfaatkan sebagai obat herbal, makanan sehari-hari, atau bahkan sebatas tanaman peliharaan semata.

Namun sayangnya, dikarenakan banyaknya permintaan, banyak di antara populasi tumbuh-tumbuhan tersebut yang semakin sedikit jumlahnya sehingga tergolong sebagai tumbuhan langka. Bahkan banyak pula yang telah mengalami kepunahan.

Tak hanya di Indonesia, di negara-negara lain pun demikian. Banyak tumbuh-tumbuhan yang keberadaannya dilindungi oleh pihak-pihak yang memiliki wewenang karena telah berada dalam status langka dan terancam punah.

Penasaran tumbuhan apa saja yang tergolong ke dalam kategori tumbuhan langka? Untuk itu, di artikel kali ini kita akan sedikit membahas lebih dalam mengenai beberapa jenis tumbuhan-tumbuhan yang tergolong langka, baik di Indonesia maupun negara lainnya.

Edelweiss Jawa (Bunga Senduro)

Tumbuhan Langka | Edelweiss Jawa (Bunga Senduro)

id.wikipedia.org

Pernah mendaki gunung Rinjani? Di sana lah bunga Edelweiss yang nyaris punah ini berada. Bunga ini dijuluki sebagai bunga abadi karena tetap terlihat segar meskipun sudah dipetik sekian lama. Karena itu, para pendaki sering mengambilnya yang berujung pada menipisnya populasi bunga Edelweiss ini.

Bulan April hingga bulan Agustus merupakan waktu yang tepat untuk melihat bunga Edelweiss bermekaran. Lebih dari 300 spesies serangga hinggap di bunga ini. Bunga Edelweiss dapat hidup hingga mencapai usia 100 tahun lebih dengan ketinggian batang sekitar 8 m.

Anggrek Tebu

Tumbuhan Langka | Anggrek Tebu

Anggrek Tebu

Anggrek Tebu ini sering disebut sebagai Anggrek raksasa. Tentu saja hal itu dikarenakan jenis anggrek yang satu ini mampu tumbuh hingga lebih dari 3 m dengan berat 1 ton. Selain itu, Anggrek tebu juga merupakan jenis Anggrek terbesar di dunia.

Warna kuning merupakan warna dasar Anggrek tebu ini. Sedangkan untuk coraknya terkadang berwarna merah atau kecokelatan. Walaupun batangnya telah ditebang, bunga Anggrek tebu ini tetap terlihat segar hingga 2 bulan.

Bunga Bangkai

Tumbuhan Langka | Bunga Bangkai

news.detik.com

Nama Bangkai diberikan karena bunga ini mampu mengeluarkan bau busuk yang menyerupai bau bangkai. Namun jangan salah dulu, bau tersebut berfungsi sebagai penarik perhatian lalat dan serangga yang akan membantu proses penyerbukannya.

Bunga bangkai juga merupakan salah satu jenis bunga terbesar yang ada di dunia. Tumbuhan langka yang satu ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 4 meter. Tentu saja ukuran tersebut bukanlah ukuran yang wajar untuk sebuah bunga.

Bunga ini akan mekar selama kurang lebih satu pekan dan setelah itu, bunga bangkai tersebut sering kali akan langsung layu dan kemudian mati. Ketika mekar, mahkota bunganya akan terlihat berwarna ungu tua dan mengeluarkan cairan berwarna putih.

Bunga Rafflesia Arnoldi

Tumbuhan Langka | Bunga Rafflesia Arnoldi

alamendah.org

Tak berbeda jauh dengan bunga bangkai, bunga Rafflesia Arnoldi juga merupakan salah satu jenis bunga terbesar di dunia dan sama-sama mengeluarkan aroma yang busuk. Bedanya, Rafflesia Arnoldi ini tidak tumbuh meninggi, melainkan melebar.

Umur bunga Rafflesia Arnoldi hanya sekitar 9 bulan saja. 7 hari sebelum mati, bunga yang tergolong sebagai tumbuhan langka ini akan mekar terlebih dahulu. Ketika mekar, bunga ini akan tumbuh lebar dengan diameter sekitar 1 meter.

Pohon Damar

Tumbuhan Langka | Pohon Damar

www.anekuteun.com

Pohon Damar ini merupakan jenis pohon yang memiliki berbagai manfaat. Tak hanya batangnya saja, bahkan getah dari pohon Damar ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat kopal yang merupakan bahan dasar cairan pelapis kertas.

Pohon yang dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 60 meter ini sebenarnya tersebar ke berbagai daerah di Indonesia. Di daerah Sunda, pohon ini dinamakan Ki Damar, di Ternate dinamai Salo, di Samar dikenal Dayungon, sedangkan di Buru disebut Kisi.

Leave a Reply