Lakukanlah Tips dan Cara Melakukan Pola Hidup Sehat Ini, Untukmu yang Ingin Berantisipasi dari Penyakit

Tips dan Cara Melakukan Pola Hidup Sehat – Siapa sih yang tak ingin bisa selalu sehat? Semuanya pasti menjawab mengingkannya. Semua orang memang mengimpi-impikan selalu sehat dan terhindar dari penyakit. Namun sayangnya, jarang sekali di antara mereka yang berusaha mewujudkannya.

Padahal, untuk melakukan pola hidup yang sehat cukup mudah. Tak perlu dengan biaya tinggi, tidak pula memakan banyak waktu, kita tetap bisa melakukan pola hidup yang sehat agar senantiasa terhindar  dari berbagai penyakit.

Ingin tahu seperti apa tips dan caranya? Berikut ini ada beberapa tips dan cara untuk melakukan pola hidup yang sehat.

Baca Juga : Jual Cream HN

1. Perhatikanlah Masalah Makan

blog.onofre.com.br

blog.onofre.com.br

Sederhana bukan? Yang perlu dilakukan di sini hanyalah memperhatikan masalah makan kita sehari-hari. Perhatikanlah apa saja yang kita makan? Apa sudah memenuhi kebutuhan gizi? Amankah makanan-makanan yang kita konsumsi? Apa pola makan kita sudah teratur?

Makanan yang sehat tak perlu mahal. Cukup memenuhi kebutuhan gizi tubuh kita sehari-hari. Tak perlu memvariasikan banyak makanan dalam sekali makan, namun yang perlu divariasikan adalah jenis makanan yang kita konsumsi setiap harinya agar semua kebutuhan gizi bisa dipenuhi.

Contohnya sederhana. Kita tidak perlu memakan nasi, ayam, sayur, tempe, bayam yang kemudian ditutup dengan susu serta buah-buahan. Namun cukup memvariasikan menu per harinya. Jika hari senin memakan nasi dengan ayam, maka selasa dengan bayam, rabu dengan tempe, dan seterusnya.

Selain itu, mengkonsumsi buah setelah makan bukan hal yang baik. Buah sebaiknya dikonsumsi sekitar satu jam sebelum makan. Buah yang dikonsumsi pun tak perlu mahal, cukup beberapa potong pepaya, pisang, atau jus tomat untuk melancarkan pencernaan.

Hindari pula makanan-makanan yang tidak sehat. Makanan-makanan yang tidak sehat biasanya mengandung pewarna, pengawet, micin, dan bahan-bahan yang sebenarnya tidak cocok dengan tubuh kita. Bukan dilarang sepenuhnya, namun ada baiknya bila dibatasi konsumsinya.

Pola makan juga perlu diperhatikan. Usahakan makan ketika dalam kondisi yang tepat, yaitu ketika dalam keadaan lapar dan berhenti sebelum merasa kenyang. Usahakan pula selalu konsisten makan 3 kali dalam sehari untuk menghindari penyakit maag.

2. Jangan Sampai Kekurangan Cairan

Jangan Sampai Kekurangan Cairan

Jangan Sampai Kekurangan Cairan

Selain masalah makan, masalah minum pun perlu diperhatikan. Hal itu dikarenakan tubuh kita ini memiliki kandungan air 60-80 persen. Dalam kata lain, 2/3 tubuh manusia memiliki kandungan airnya. Tentu akan menjadi masalah jika kita sampai kekurangan asupan cairan setiap harinya.

Seharusnya, setiap orang harus mengkonsumsi 2 liter tiap harinya. Itu setara dengan 8 gelas per hari. Kekurangan air dapat menjadi sebab terserangnya penyakit. Mulai dari sebatas sakit kepala sampai penyakit ginjal pun diakibatkan oleh kekurangan air.

3. Tidurpun Jangan Disepelekan

www.3lian.com

www.3lian.com

Bagi kesehatan tubuh, tidur merupakan suatu hal yang amat penting. Ketika tidur, tubuh akan teristirahatkan. Selain itu, tidur juga bisa mengatasi stres dan bermanfaat pula pada kecantikan. Namun tentunya, manfaat tersebut bisa didapat jika dilakukan pada waktu dan durasi yang tepat.

Ketika malam hari, ada baiknya untuk menyegerakan tidur agar bisa bangun lebih awal. Durasinya cukup 8 jam atau maksimal 9 jam setiap harinya. Sedangkan untuk tidur siang, waktu terbaiknya adalah ketika sedang berada di tengah hari dan durasinya cukup 10 sampai 90 menit saja.

Kekurangan tidur jelas akan mengganggu kesehatan tubuh karena tubuh akan kekurangan waktu untuk beristirahat. Terlalu banyak tidur juga tidak baik. Selain mengganggu produktifitas mengerjakan kegiatan harian, terlalu banyak tidur juga bisa mengakibatkan terserang beberapa jenis penyakit. Karena itu pola tidur yang cukup, tidak lebih dan tidak kurang harus diperhatikan.

4. Berolahraga Secara Rutin

www.hdwallpapersact.com

www.hdwallpapersact.com

Olahraga juga merupakan hal yang penting dalam melakukan hidup sehat. Total durasi olahraga yang baik adalah 150 menit setiap minggunya. Durasi tersebut juga tidak baik jika dilakukan dalam satu waktu sekaligus. Melakukan olahraga 50 menit yang dilakukan 3 kali dalam seminggu adalah hal yang lebih tepat.

Sama seperti tidur, kekurangan olahhraga jelas akan memancing timbulnya berbagai penyakit. Sedangkan terlalu banyak berolahraga hingga terlalu memaksakan diri juga buka hal baik pula. Hal itu dikarenakan  tubuh kita akan kelelahan dan dapat menimbulkan penyakit juga.

5. Buang Kebiasaan Buruk

www.ambwallpapers.com

www.ambwallpapers.com

Yang terakhir adalah membuang kebiasaan-kebiasaan buruk yang jelas mengganggu kesehatan tubuh kita. Tinggalkanlah kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan, mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat berbahaya seperti mie instan, serta kebiasaan-kebiasaan buruk yang jelas merugikan kesehatan tubuh kita.

Jika kamu adalah seorang pecandu dalam melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, maka usahakanlah untuk menghentikannya walaupun itu memang sangat sulit. Cobalah menghilangkannya secara perlahan namun konsisten.

Contohnya, jika biasanya kamu merokok setiap hari dan kemudian ingin menghentikannya, kurangilah menjadi seminggu sekali, kemudian dikurangi lagi menjadi sebulan sekali, dan pada akhirnya sampai berhenti sepenuhnya. Dengan tekad yang kuat kebiasaan buruk pasti akan teratasi. Dan yang terpenting, jangan lupa untuk senantiasa meminta bantuan kepada Yang Maha Berkuasa atas segalanya.

Baca Juga : Jual Crystal X

***

Itulah 5 tips penting yang harus diperhatikan untuk melakukan pola hidup sehat. Semoga bisa melaksankannya.

3 Comments

  1. lianny hendrawati April 27, 2016
    • shiddieq May 1, 2016
  2. Nina August 13, 2016

Leave a Reply