Yuk Pelihara 5 Jenis Reptil Peliharaan yang Eksotis Ini

Binatang melata atau yang lebih sering dikenal dengan istilah reptil merupakan jenis binatang yang cukup populer di kalangan para pencinta hewan. Selain karena berkesan ekstrim dan anti mainstream, perawatan reptil juga relatif mudah ketimbang hewan-hewan lain seperti kucing dan anjing.

Walaupun ekstrim, reptil juga ternyata terlihat sangat cantik di mata penggemarnya. Baik dari keluarga kura-kura, kadal, bahkan ular sekali pun. Karena memang reptil-reptil tersebut memiliki bentuk tubuh yang unik dan dibalut dengan corak serta warna yang menarik.

Lalu apa saja sih reptil yang paling populer dan paling sering dipelihara oleh penggemarnya? Mari kita simak bersama 5 jenis reptil peliharaan yang paling diminati di kalangan penggemar hewan peliharaan. Langsung saja dari poin pertama.

Reptil Peliharaan Kura-Kura Brazil

Reptil Peliharaan Kura-Kura Brazil

www.animalspot.net

Ini dia reptil peliharaan yang paling populer pertama. Kura-kura yang berasal dari benua Amerika ini biasa disebut juga red eared slider. Warna tubuhnya hijau, ketika kecil berwarna hijau cerah, namun seiring pertumbuhannya warna tersebut akan semakin menggelap. Reptil ini termasuk jenis kura-kura air.

Selain dari keunikan tubuhnya, harga dan perawatannya bisa dibilang sangat murah dan mudah. Pemberian pakan pun cukup 2 atau 3 kali saja dalam seminggu. Selain itu, reptil peliharaan yang satu ini adalah pemakan segala, bahkan cicak sekali pun. Mudah bukan perawatannya?

 Reptil Peliharaan Kura-Kura Sulcata

Reptil Peliharaan Kura-Kura Sulcata

www.tortoisesupply.com

Nah, kalau kura-kura Sulcata ini termasuk jenis kura-kura darat. Kura-Kura Sulcata ini merupakan salah satu jenis kura-kura darat terbesar di dunia. Bahkan beratnya bisa mencapai 80 kg lebih.

Walaupun berukuran besar, kura-kura jenis ini sangat mudah dipelihara. Namun dibutuhkan halaman atau pekarangan rumah yang cukup luas karena kura-kura ini tidak mungkin dipelihara di dalam rumah.

Selain itu, umurnya juga sangat panjang, bahkan kura-kura jenis ini memiliki tingkat hidup yang lebih lama dari pada manusia. Kura-kura Sulcata ini tergolong kura-kura herbivora yang hanya memakan buah-buahan. Karena itu jangan diberi pakan cicak seperti kura-kura brazil ya 😀

Reptil Peliharaan Bunglon

Reptil Peliharaan Bunglon

breedinfo.ru

Berbeda dengan kebanyakan jenis reptil peliharaan lainnya, bunglon justru lebih rentan mengalami stres ketika suasana lingkungannya tidak sama dengan tempat sebelumnya. Bunglon bukan tipe hewan yang mudah beradaptasi.

Salah satu keunikan dari bunglon adalah kemampuan mimikrinya. Mimikri adalah kemampuan untuk mengubah warna tubuh yang disesuaikan dengan lingkungannya. Jenis bunglon yang paling banyak dipelihara adalah Veiled Jackson dan Panther.

Reptil Peliharaan Leopard Gecko

Reptil Peliharaan Leopard Gecko

Reptil Peliharaan Leopard Gecko

Reptil peliharaan yang satu ini merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang paling diminati juga di kalangan pencinta hewan peliharaan. Kulitnya kasar dan bergelombang, namun corak ditubuhnhya terlihat sangat eksotis. Sekilas reptil peliharaan yang satu ini terlihat sangat mirip dengan tokek. Bahkan ekornya pun bisa putus dan tumbuh kembali.

Perawatannya terbilang sangat mudah dan bisa hidup di situasi apa pun. Leopard gecko ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang 20-28 cm dan beratnya sekitar 45-65 gram. Makanan favoritnya adalah laba-laba dan jangkrik.

Reptil Peliharaan Ular Python

Reptil Peliharaan Ular Python

trash-ballerina.tumblr.com

Apa yang pertama kali kamu bayangkan tentang ular python? Menyeramkan kah? Atau menarik? Tentu itu semua tergantung pada selera masing-masing.

Sebenarnya, ular python bukan termasuk ular yang mengerikan. Jika sudah dipelihara ular jenis ini akan menjadi hewan peliharaan yang jinak dan bersahabat. Belum lagi ular ini bukanlah jenis ular yang memiliki bisa, karena itu ular python merupakan ular yang aman untuk dipelihara selama pemberian makannya teratur.

Ular python ini dipelihara oleh semua kalanga pencinta hewan baik yang masih pemula maupun yang sudah profesional. Varietas yang paling populer biasanya adalah jenis Ball Python, Python Retic (Sanca Kembang), dan blood python.

***

Itulah informasi singkat mengenai reptil-reptil peliharaan yang paling digemari oleh para pencinta hewan. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply