Perhatikan Jenis-Jenis Rambu Lalu Lintas Ini Ketika Berada di Jalanan Demi Keselamatan Bersama

Rambu Lalu Lintas – Rambu lalu lintas merupakan salah satu sarana kelengkapan dari jalan raya yang memiliki fungsi untuk menyatakan larangan, peringatan, perintah, serta petunjuk bagi siapa pun yang menggunakan fasilitas jalan raya.

Bentuk dari rambu lalu lintas sendiri dapat berupa lingkaran, segitiga, segi empat, dan lain-lain. Makna yang terkandung di dalamnya disimbolkan dengan lambang, huruf, angka, dan kalimat. Namun bisa pula disimbolkan dengan perpaduan di antaranya.

Dalam peraturan negara Indonesia sendiri, rambu lalu lintas di atur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 tahun 2014. Karenanya, rambu lalu lintas ini mesti ditaati. Lagi pula, rambu-rambu lalu lintas dibuat demi keselamatan pengguna jalan bersama.

Jika dilihat berdasarkan jangka waktu pemasangan atau sifat makna dari rambu-rambu yang dipasang di jalanan, rambu-rambu lalu lintas dapat digolongkan menjadi 2 kelompok, yaitu rambu tetap dan rambu sementara.

Yang pertama adalah rambu tetap. Rambu tetap maksudnya adalah rambu yang dipasang permanen sesuai Surat Keputusan Menteri Perhubungan. Karena terpasang permanen, rambu-rambu ini lebih sering dijumpai. Misalnya seperti rambu larangan parkir dan sejenisnya.

Yang kedua adalah rambu sementara. Rambu sementara ialah rambu yang hanya berlaku sementara waktu saja dan bisa dipindahkan sewaktu-waktu melihat kondisi yang ada. Rambu jenis ini biasa kita temui pada proyek-proyek kontruksi dan semisalnya.

Rambu lalu lintas juga dapat dikelompokkan berdasarkan jenis pesan yang terkandung di dalamnya. Seperti yang telah disinggung pada definisi sendiri, rambu lalu lintas dapat dikelompokkan menjadi rambu larangan, rambu peringatan, rambu perintah, dan rambu petunjuk.

Berikut ini merupakan pembahasan lengkap mengenai jenis rambu larangan, rambu peringatan, rambu perintah, serta rambu petunjuk dan lokasi utilitas jalan lengkap beserta penjelasan dan gambarnya.

1. Rambu Larangan

Rambu Larangan

Rambu larangan adalah rambu yang berisikan pesan untuk menyatakan larangan kepada seluruh dan atau sebagian pengguna jalan yang berlalu lintas. Rambu lalu lintas jenis ini berbentuk lingkaran dan biasanya memiliki warna perpaduan antara merah, putih, dan hitam.

Contoh dari rambu-rambu lalu lintas yang tergolong jenis rambu larangan berjumlah cukup banyak, misalnya seperti rambu larangan masuk, rambu batas ketinggian kendaraan, rambu larangan berhenti, rambu larangan parkir, dan lain sebagainya.

2. Rambu Peringatan

Rambu Peringatan

Sesuai dengan namanya, rambu peringatan berarti rambu yang menyatakan pesan berupa peringatan kepada pengguna jalan yang berlalu lintas tentang kondisi jalanan atau ketika adanya potensi-potensi bahaya yang dikhawatirkan mengganggu keselamatan pengguna jalan.

Kebanyakan rambu peringatan memiliki perpaduan warna antara kuning dan hitam. Sedangkan untuk bentuknya, rambu perintah rata-rata memiliki bentuk belah ketupat. Namun ada pula yang tidak demikian seperti rambu peringatan perlintasan kereta api.

Jumlah dari rambu-rambu lalu lintas yang tergolong jenis rambu peringatan merupakan pengelompokkan dengan jumlah yang terbanyak. Contohnya antara lain yakni rambu peringatan adanya persimpangan jalan, belokan, turunan, dan lain sebagainya.

3. Rambu Perintah

Rambu Perintah

Rambu perintah adalah rambu lalu lintas yang berfungsi untuk memberikan isyarat perintah kepada pengguna jalan tertentu. Kebanyakan rambu perintah berbentuk lingkaran dengan perpaduan warna antara biru dan putih.

Contoh dari rambu-rambu lalu lintas yang termasuk jenis rambu perintah antara lain adalah rambu yang mewajibkan pengendara kendaraan berbelok ke kanan atau ke kiri, rambu yang menyatakan batas minimum kecepatan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Rambu Petunjuk dan Lokasi Utilitas Jalan

Rambu Petunjuk dan Lokasi Utilitas Umum

Rambu petunjuk ialah rambu lalu lintas yang memberikan informasi atau petunjuk kepada pengguna jalan tentang tempat yang akan ditujunya. Rambu petunjuk dilengkapi dengan nama serta arah menuju suatu daerah, biasanya berwarna hijau dan berbentuk persegi panjang.

Sedangkan lokasi utilitas jalan adalah rambu lalu lintas yang menyatakan adanya suatu fasilitas umum atau hal lainnya kepada pengguna jalanan seperti jalan tol, rumah makan, masjid, bandara, dan lain-lain. Kebanyakan berbentuk persegi dan berwarna biru.

***

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai rambu-rambu lalu lintas yang ada beserta gambarnya. Perhatikan dan taatilah rambu-rambu lalu lintas yang ada demi keselamatan bersama di jalanan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply