4 Pesantren Unik dan Beda yang Bikin Kamu Betah di Sana

Pesantren, sebuah tempat dimana materi agama menjadi fokus utama. Hidup mandiri menjadi keseharian di sana. Bahkan dulunya, kebanyakan pesantren hanya menyediakan fasilitas seadanya. Rindu akan keluarga menjadi suatu pengalaman berharga di sana.

Bermula dari pesantren-pesantren tradisional, kini sistem pendidikan seperti ini mulai berkembang mengikuti perkembangan zaman. Bahkan beberapa di antaranya memiliki nilai tambah yang berbeda dari pesantren pada umumnya.

Jikalau dulunya banyak santri yang merasa jenuh dan bosan dengan sistem di sana, hal itu kini mulai tak lagi benar adanya. Sistem yang berbeda dikembangkan dan berefek pada kenyamanan para santri yang belajar di sana.

Nah, untuk itu, kami telah merangkum beberapa pondok pesantren yang berbeda daripada pesantren pada umumnya. Kalau saja kamu nyantri di pondok pesantren ini, insyaallah rasa betah dan bahagia akan kamu peroleh dengan mudahnya.

Berikut 4 Pondok Pesantren yang Unik dan Berbeda yang Bikin Kamu Betah Belajar di Sana :

Pondok Pesantren Sulaimaniyah

Sumber : Www.DutaIslam.Com

Pondok pesantren Sulaimaniyah merupakan pondok pesantren yang berdiri di bawah United Islamic Cultural Centre of Indonesia (UICCI). Pada awalnya, pesantren ini berasal dari suatu negeri yang kini mulai kembali kepada ajaran islami. Ya, negeri Turki.

Saat ini, pesantren Sulaimaniyah tumbuh dan berkembang dengan sangat luar biasa. Cabangnya tak hanya di Indonesia semata, melainkan ada hampir di seluruh belahan dunia dengan kategori SMP, SMA, Mahasiswa, Tadris dan Tahfizhul Quran.

Yang unik dari pesantren Sulaimaniyah ini adalah metode menghafal qur’annya yang sedikit berbeda. Di sana, para santri dibiasakan menghafal dari halaman paling belakang setiap juznya. Kemudian bertambah satu halaman-satu halaman seiring perkembangannya.

Selain itu, pesantren ini juga memberikan kesempatan belajar di negara Turki khusus bagi beberapa santri terbaik. Itu semua tentu menjadi nilai tambah yang akan menjadikan pesantren ini dapat berkembang secara luar biasa.

Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah

Sumber : Panoramio.Com

Yang unik dari pesantren ini adalah bangunannya yang berdiri kokoh dan megah. Setiap orang yang berkunjung ke sana seketika akan terpana memandangnya. Sangat jarang ada pesantren yang mengagumkan seperti di sana.

Ketinggian bangunannya mencapai 10 lantai dari tingkatan terendahnya. Tingkat 1 sampai tingkat 4 sebagai dunianya para santri di sana, tingkat 6 digunakan sebagai ruang keluarga, sedangkan tingkat 5,7, dan 8 dimanfaatkan menjadi toko-toko kecil yang terkelola.

Tak hanya itu saja, hal lain yang semakin membuat para santri betah nyantri di sana adalah banyaknya binatang-binatang yang dipelihara. Mulai dari kelinci, burung, monyet, kijang, dan lain sebagainya.

Pondok Pesantren Bawah Tanah

Sumber : SuaraBojonegoro.Com

Mungkin ini menjadi satu-satunya pondok pesantren di dunia yang dibangun di bawah permukaan tanah. Tidak tanggung-tanggung, pesantren ini dibangun pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan tanah.

Pondok Pesantren Syekh Maulana Maghribi (Ponpes Perut Bumi) namanya. Letaknya di Dusun Wire Kedungombo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Berdindingkan dan beratapkan bebatuan keras alami sebuah gua. Sebuah keunikan yang akan membuatmu betah kala tinggal di sana.

Pesantren Sintesa

Sumber : Masbidin.Net

Ketika kebanyakan pesantren hanya berfokus pada pendidikan agama semata, atau paling tidak mengkombinasikannya dengan sistem pendidikan formal ala Indonesia, pesantren ini menjadi suatu pesantren yang tumbuh berbeda.

Tahfidz Qur’an yang dipadukan dengan bisnis online menjadi fokus utama para santri di sana. Sebuah pondok pesantren modern yang melahirkan generasi pengusaha muda berakhlaq mulia. Sintesa namanya.

Mereka yang mengaku santri sekali pun akan merasakan suasana yang berbeda. Mulai dari fasilitas yang serba ada, aturan-aturan sederhana namun terlaksana, pak kyai yang masih sangat muda, hingga materi luar biasa tentang bagaimana menjadi seorang pengusaha.

Aktifitas sehari-harinya tak pernah luput dari laptop dan kitab-Nya. Laptop, gadget, internet, bahkan TV termanfaatkan secara sempurna dalam menunjang materi yang ada. Dan yang lebih menakjubkan lagi, ini semua didapatkan tanpa biaya.

Tampilannya sangat sederhana, bahkan terlihat hanya seperti rumah biasa. Betah pastinya ketika kamu memilih untuk masuk ke pesantren sintesa. Pengalaman berbeda akan didapatkan selama menjadi santri di sana.

Leave a Reply