Inilah Pengertian dan Tingkatan-Tingkatan IQ yang Dimiliki Manusia

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan IQ? Banyak orang yang berpikiran bahwa IQ adalah salah satu faktor penentu kesuksesan seseorang, namun sering kali ia tak paham dengan definisi IQ itu sendiri. Untuk itu, mari kita kupas tuntas bersama, mulai dari apa yang dimaksud dengan IQ sampai tingkatan-tingkatan IQ seseorang.

Pengertian IQ

Pengertian IQ

artphotographywork.blogspot.com

IQ merupakan istilah yang biasa dipergunakan untuk menjelaskan tingkatan kemampuan otak kiri seseorang. Sering kali, IQ dijadikan sebuah indikator untuk mengukur kemampuan berpikir, berkomunikasi, mengetahui, memahami, menganalisis, menentukan, dan menjelaskan sesuatu yang dimiliki oleh seseorang. Istilah IQ sendiri merupakan singkatan dari Intelligence Quotient yang berarti indikasi kecerdasan intelektual, kemampuan menganalisis suatu objek, atau logika seseorang. Karena itulah, IQ memiliki keterkaitan dengan keterampilan berbicara, kesadaran akan sesuatu di sekelilingnya, penguasaan ilmu eksak, atau kemampuan-kemampuan otak kiri lainnya. Contoh sederhana tentang IQ misalnya, seorang ayah telah memberi hadiah komputer kepada anaknya, namun komputer tersebut hanya boleh dipakai bermain video game di akhir pekan saja. Jika anak tersebut memiliki IQ yang baik, dia akan berpikir bahwa seandainya di hari-hari sekolah komputer tersebut digunakan untuk bermain game, maka orang tuanya akan menegurnya.

Tingkatan-Tingkatan IQ

Tingkatan IQ

timmtoday.com

1. Idiot (IQ : 0-29)

Orang yang ber-IQ 0-29 ini dikategorikan sebagai idiot. Idiot adalah orang dengan tingkatan kecerdasan otak yang paling rendah. Mereka yang ada di kategri ini tidak mampu berkomunikasi, dan jika bisa hanya mampu mengucapkan sedikit kata-kata saja. Mereka juga membutuhkan bantuan orang lain untuk mengurus kepentingan pribadi seperti makan, mandi, memakai pakaian dan lain-lain. Anak dalam tingkatan idiot ini akan menghabiskan hidupnya hanya di atas tempat tidurnya saja. Kecerdasan penderita idiot ini sama dengan anak-anak normal di usia 2 tahun. Umurnya pun biasanya tidak panjang, karena daya tahan tubuhnya lemah terhadap berbagai penyakit.

2. Imbecile (IQ : 30-40)

Tingkat kedua dari yang terendah adalah kategori imbecile. Anak-anak di kategori ini masih harus bergantung kepada orang lain. Walaupun begitu, ia sudah mampu untuk belajar berkomunikasi, makan, mandi, dan beberapa hal mudah lainnya dengan pengawasan dari orang lain. Kecerdasannya anak imbecile ini sama dengan-anak anak normal di usia 3 sampai 7 tahun. Anak-anak imbecile tidak dapat dididik di sekolah biasa. Karena itu, sangat disarankan untuk melakukan latihan-latihan sederhana.

3. Moron atau Debil / Mentally Retarted (IQ : 50-69)

Anak-anak yang memiliki IQ di tingkatan ini sampai tahap tertentu masih bisa dididik untuk belajar menulis, membaca dan hitung-hitungan sederhana. Untuk mengembangkan kemampuannya, bisa diberikan kegiatan-kegiatan rutin tertentu yang tidak membutuhkan perencanaan ataupun pemecahan masalahnya. Kebanyakan anak-anak di kategori debil ini bersekolah di sekolah-sekolah luar biasa.

4. IQ Dull / Bordeline (IQ : 70-79)

Tingkatan kategori ini lebih baik dari ketiga kategori sebelumnya, namun kecerdasannya masih di bawah anak-anak normal. Kemampuannya bisa dikembangkan dengan kerja keras, bersusah payah, serta memiliki banyak hambatan. Anak-anak bordeline ini sudah mampu bersekolah di sekolah dasar umum, namun akan sangat kesulitan ketika berada tingkat-tingkat akhir di SLTP.

5. Normal Rendah / Below Avarage (IQ : 80-89)

Tingkatan selanjutnya adalah kategori below avarage. Anak-anak di kategori ini sudah bisa disebut kelompok anak-anak normal, namun tingkatannya berada di tingkat terendah. Kategori below avarage ini tidak bisa terburu-buru dalam proses belajar. Mereka masih mampu mengikuti kurikulum pendidikan dan menyelesaikan tingkat SMP, namun kesulitan dalam menyelesaikan mengikuti kurikulum pendidikan di tingkat SLTA.

6. Normal Sedang (IQ : 90-109)

Kategori normal sedang ini adalah kategori anak-anak normal. Kebanyakan anak-anak berada di tingkat ini. Pendidikan formal pun bisa diikutinya, namun akan sering menemukan kesulitan.

7. Normal Tinggi / Above Average (IQ : 110-119)

Kategori selanjutnya adalah normal tinggi. Kategori normal tinggi ini adalah kelompok orang-orang dengan kemampuan normal, tetapi kemampuannya berada di tingkatan yang tinggi.

8. Cerdas / Superior (IQ : 120-129)

Jika dilihat dari kemampuan otaknya, kategori ini adalah kategori individu yang sangat berpotensi berhasil dalam pendidikan formalnya. Mereka sering kali berada di kelas-kelas umum dan memiliki nilai-nilai yang tinggi.

9. Sangat Cerdas / Very Superior / Gifted (IQ : 130-139)

Kategori very superior ini memiliki kemampuan yang lebih baik dalam hal menulis, membaca, mudah memahami ilmu-ilmu eksak dengan mudah, bijak mengatur keuangan, dan cepat memahami sesuatu. Rata-rata, anak yang berada di kategori very superior ini umumnya menonjol dalam faktor kesehatan, ketangkasan, dan kekuatan.

10. Genius (IQ : 140+)

Kategori terakhir adalah genius. Orang-orang yang berada di kategori memiliki ini kemampuan yang sangat luar biasa. Mereka sering kali memiliki keahlian untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan mampu menemukan hal-hal baru walaupun tidak mengikuti pendidikan formal. Contoh orang-orang yang berada di kategori genius ini adalah Albert Einstein.

Baca Juga : 10 Ciri-Ciri Orang yang Ber-IQ Tinggi, Termasuk Kah Kamu?

***

Bagaimana pun, semua itu merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang patut untuk disyukuri. Tak perlu khawatir jika memiliki IQ yang rendah, karena kesuksesan seseorang tak hanya bergantung pada IQ.

Selain itu, wacana tentang nilai IQ yang tak bisa ditingkatkan adalah tidak benar. Sebab, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menyatakan bahwa nilai IQ dapat berubah, terutama di masa remaja.

Brainking Plus untuk Meningkatkan Kecerdasan

Salah satu cara meningkatkan kecerdasan adalah dengan mengkonsumsi Brainking Plus yang Kami jual di sini. Brainking Plus merupakan suplemen otak yang sudah dipercaya mampu membantu perkembangan otak. Hal tersebut telah dibuktikan oleh banyaknya testimoni yang ada.

Untuk melakukan pemesanan serta informasi selengkapnya, hubungi kontak di bawah ini :

Abubakar Ash Shiddieq

XL : 0878 2919 3836

Telkomsel : 085 337 605 100

WA : 085 337 605 100

Pin BBM : D2FB6103

Leave a Reply