Membandingkan 3 Motor Sport 250 cc Twin-Cylinder, Mana yang Terbaik?

Motor Sport 250cc – Motor sport 250 cc dengan 2 silinder kian diminati oleh masyarakat Indonesia. Walaupun sering mendapat julukan “Moge Tanggung”, namun motor sport di kelas ini dirasa cukup memuaskan keinginan untuk mengendarai sebuah superbike.

Terlebih lagi ketika sistem saluran pembuangan (Exhaust System) telah di-upgrade menjadi knalpot aftermarket, motor di kelas 250 cc dengan 2 silinder ini akan dikenal dengan raungannya yang begitu khas. Karena itulah motor di kelas ini semakin diminati.

Minat masyarakat yang tinggi terhadap motor-motor di kelas ini menjadikan persaingan produsen motor sport semakin ketat. Berbagai pabrikan mulai meluncurkan motor di kelas ini dan terus melakukan penyegaran demi menjadi yang terbaik.

Untuk mengetahui mana yang terbaik, di artikel ini akan dibahas secara rinci mengenai motor sport-motor sport kelas 250 cc dengan 2 silinder yang diluncurkan oleh berbagai pabrikan. Penasaran apa saja? Berikut pembahasannya.

1. Kawasaki Ninja 250

www.kawasaki1ban.com

www.kawasaki1ban.com

Ninja 250 diluncurkan oleh Kawasaki sebagai pemain pertama di kelas 250 cc 2 silinder. Versi lawasnya yaitu Kawasaki Ninja 250 R masih menggunakan karburator. Sedangkan penerusnya, yakni Kawasaki Ninja 250 Fi telah beralih menggunakan injeksi.

Kawasaki sendiri telah beberapa kali melakukan berbagai macam penyegaran terhadap Ninja 250 miliknya. Beberapa penyegaran yang dilakukan Kawasaki antara lain ialah menanamkan fitur ABS pada tipe terbaiknya, teknologi Slipper Clutch, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk bagian dapur pacunya, Kawasaki membekali Ninja 250 dengan mesin berukuran 249 cc 2 silinder segaris 4 tak. Sedangkan untuk sistem pendinginannya telah menggunakan tipe pendingin cairan. Injeksi juga disisipkan demi pembakaran yang lebih baik.

Dengan dibekali mesin seperti itu, Kawasaki Ninja 250 Fi mampu memuntahkan tenaga 26 hp dengan top speed mencapai 170 km/jam. Sedangkan akselerasinya dari diam hingga kecepatan 100 km/jam membutuhkan waktu selama 7,5 detik saja.

Kawasaki memberikan pilihan tipe Ninja 250 Fi dengan beberapa variasi, seperti versi standar, ABS, Spesial Edition (SE), dan terkadang meluncurkan versi limited edition pula. Harga yang dibanderol pun berbeda, kisarannya antara 58 juta hingga 69 juta rupiah.

2. Yamaha YZF-R25

protestantly11.rssing.com

protestantly11.rssing.com

Yamaha R25 dirilis oleh Yamaha pada tahun 2015 lalu sebagai rival dari kompetitor yang telah lebih lama bermain di kelas 250 cc 2 silinder, yaitu Kawasaki Ninja 250 Fi. Dengan tampil garang ke hadapan publik, Yamaha R25 dipersiapkan untuk bersaing di kelas ini.

Bagian bodynya terlihat begitu garang dan kekar. Di bagian wajahnya, R25 didesain dengan “Dual Predator Head Light” yang begitu sporty. Kemudian di antara 2 buah headlamp tadi dilengkapi dengan lubang yang berfungsi sebagai air duct.

Yamaha R25 diberikan mesin berukuran 249 cc 2 silinder segaris 4 stroke, 8 valve DOHC, serta telah menggunakan pendingin cairan. Dengan mesin seperti itu, Yamaha R25 diklaim mampu mencapai top speed 173 km/jam dan akselerasi dari 0-100 km dalam waktu 7 detik saja.

Yamaha menyiapkan setidaknya 3 tipe dari R25 antara lain tipe standar, tipe ABS, dan tipe moto GP Livery (Movistar dan Monster Tech 3). Tipe standar dihargai di angkat 53 juta rupiah, tipe ABS 60,3 juta rupiah, sedangkan tipe moto GP Livery 53,6 juta rupiah.

3. Honda CBR 250 RR

25 Juni 2016 kemarin, Honda memberikan kejutan dengan produk terbarunya yang akan ikut serta bermain di segmen motor sport 250 cc. Jika biasanya CBR 250 hanya dibekali dengan Single-Cylinder, kini Honda telah meng-upgrade-nya menjadi Twin-Cylinder (2 Silinder).

Desain Honda CBR 250 RR ini begitu mengagumkan. Bagian depannya terlihat memiliki 4 buah lampu. Dua buah lampu di bagian bawah berfungsi sebagai headlamp, sedangkan dua buah lampu lainnya berfungsi sebagai lampu senja yang akan berganti menjadi lampu sein ketika sein dinyalakan.

Yang semakin menjadikan motor ini begitu menarik adalah fitur-fitur baru di segmen 250 cc yang telah diselipkan oleh Honda pada CBR 250 RR ini. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah Shock Upside Down (USD), System Throttle-By-Wire, serta Aluminum Swing-Arm.

Beralih ke bagian mesin, Honda telah membekali CBR 250 RR dengan mesin 250 cc Twin-Cylinder DOHC overbore, 4 tak, 8 valve, serta menggunakan Liquid Cooled sebagai pendinginnya. Namun karena belum lama dirilis, belum ada data yang menyatakan berapa top speed CBR 250 RR ini.

Sama halnya dengan top speed maupun akselerasinya, harga dari Honda CBR 250 RR ini pun belum dapat dipastikan. Namun pihak Honda memberikan gambaran bahwa harga yang ditetapkan akan berkisar dari 63-68 juta untuk varian standar, dan 69-74 juta untuk varian ABS.

***

Itulah perbandingan antara motor sport-motor sport yang telah siap bersaing di kelas 250 cc Twin-Cylinder. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mana yang terbaik, silahkan disimpulkan sendiri. 😀 Semoga bermanfaat

Leave a Reply