Untukmu yang Ingin Cepat Lulus Di Sana, Jangan Menyesal Ketika Momen Indah di SMA Tak Datang Untuk Kedua Kalinya

Masa-masa SMA ya? Benar sekali, masa-masa SMA adalah masa dimana seorang siswa berada di tahap terakhir menjadi siswa menjelang kenaikan jabatan menjadi mahasiswa. Banyak orang yang berkata “masa-masa putih abu-abu adalah masa terindah dalam hidup”. Bagaimana tidak? Berjuta kenangan-kenangan tak terlupakan memang berada di masa-masa ini.

Berbagai pengalaman menarik terjadi di masa-masa ini. Baik suka maupun duka, semuanya pasti akan membuat kita “senyum-senyum” sendiri tatkala mengenangnya kembali. Bukan soal kegiatan belajar mengajarnya, namun ada hal lain yang justru lebih terukir di dalam hati.

Lalu apa kenangan tersebut? Langsung saja kita mulai dari poin pertama

Sandiwara Tidak Penting Ini Disebut “MOS”

Sandiwara Tidak Penting Ini Disebut “MOS”

rumahkreasihana.blogspot.com

Ada yang belum mengetahui arti istilah “MOS”? Yap, MOS adalah singkatan dari Masa Orientasi Siswa dimana seharusnya kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengenalan sekolah kepada siswa baru, namun beralih fungsi menjadi sebuah kegiatan dimana kakak senior bebas mem-bully para siswa baru tanpa khawatir mendapat sanksi dari guru.

Berjemur Bersama di Senin Pagi, Menikmati Hangatnya Mentari

Berjemur Bersama di Senin Pagi, Menikmati Hangatnya Mentari

portal.bandung.go.id

Sedikit lebay, tapi seperti itulah kira-kira gambaran suasana sekolah ketika upacara di hari Senin pagi. Dulu, ketika masa-masa sekolah masih kita jalani, upacara merupakan suatu hal yang sangat membosankan. Namun, ketika masa tersebut telah terlewati, kenangan itu termasuk salah satu hal yang terukir di dalam hati. Yaa, walaupun sama sekali tak ada harapan untuk mengikutinya lagi.

Berbagai pengalaman terjadi di saat-saat ini, mulai dari ada yang pingsan, bendera terbalik, amanat pembina upacara yang membuat para siswa merasa anti dengan kegiatan ini, dan masih banyak lagi.

Bertemu dengan Tipe dan Karakter Guru yang Berbeda, yang Favorit Ada, yang Killer Juga Ada

Bertemu dengan Tipe dan Karakter Guru yang Berbeda, yang Favorit Ada, yang Killer Juga Ada

priscila.mateini.com

Guru juga manusia, karakter mereka tak mungkin selalu sama. Di masa-masa sekolah, termasuk di SMA, sudah menjadi hal yang lumrah bagi siswa bertemu sekaligus mengenal guru favorit dan juga guru killer.

Guru Favorit ini adalah guru yang paling the best teacher forever and ever. Biasanya seorang guru bisa menjadi guru favorit karena wataknya yang ramah, gaul dengan siswa, hobi bercerita hingga memakan jam pelajaran, atau bahkan karena ketampanan dan kecantikannya.

Selain guru favorit, ada juga guru killer. Guru dengan karakter seperti ini biasanya mampu mendiamkan kegaduhan seisi ruangan kelas. Wataknya galak, sensi, cepat mengamuk kapan pun dimana pun, tak punya hati kala memberi tugas, dan lain sebagainya. Yang lebih parahnya lagi, ketika guru tipe ini mengajar, waktu seolah-olah berjalan sangat lambat.

Ikatan Solidaritas Tanpa Batas

hdwallpaperspretty.com

hdwallpaperspretty.com

Menjadi seorang siswa berarti menjadi seorang teman pula. Dan di antara banyaknya teman, pasti ada dong yang namanya sahabat.

Sahabat itu adalah sesuatu yang unik dan berharga. Seseorang yang bisa kita bully tanpa respon “baper”, itu lah sahabat. Seseorang yang selalu ada dalam segala kondisi, bahkan ketika dompet tipis sekali pun, itu lah sahabat. Seseorang yang memiliki ikatan solidaritas tinggi, itu lah sahabat.

Namanya juga anak SMA, sudah sewajarnya hampir semua kegiatan dilakukan bersama, mulai dari nongkrong bareng, jajan bareng, main bareng, nyontek bareng, dihukum bareng, semuanya hampir pernah dilakukan bersama.

Kisah Kasih Di Sekolah

wallpapercave.com

wallpapercave.com

Lagu Kisah Kasih Di Sekolah yang dulu dipopulerkan oleh alm. Chrisye memang menceritakan fakta yang ada lagi nyata. Di masa-masa SMA, sering kali para siswa dipusingkan dengan masalah-masalah hati.

Si A hari ini lagi galau, bete, marah-marah sendiri. Kenapa? Putus sama pacar. Temennya justru lagi kegirangan, pikiran melayang-layang, raut muka dihiasi senyuman riang. Ketika ditanya “kenapa?” jawabannya “abis dapetin mantannya si A”. Yang kaya gitu ada? Banyak! Memang aneh tapi nyata, dasar para manusia kebanyakan pecin.

Memang pengalaman indah dan tidak terlupakan, tapi buat kamu yang masih sekolah, lebih baik pacarannya di-break dulu. Fokus lah untuk menentukan masa depanmu terlebih dahulu. Kalau segala hal sudah dipersiapkan, langsung tembak, tapi lewat pelaminan supaya lebih kece. Hahaha

Ketika Telur dan Tepung Berterbangan Di Hari Kelahiran

aspundir.blogspot.com

aspundir.blogspot.com

Pernah ulang tahun kan? Ya pasti lah. Tapi ulang tahunmu belum terkenang kalau belum merasakan yang namanya “dibanjur”, minimal menggunakan telur dan tepung yang dicampur air selokan. Entah mengapa, pengalaman ini akan menjadi sangat menarik tatkala kita menduduki bangku SMA.

Walaupun si korban terlihat dalam kondisi mengenaskan, namun pada dasarnya mereka justru menyimpan pengalaman ini sebagai kenangan indah di lubuk hati mereka yang paling dalam. Mungkin ini satu-satunya jenis bully yang memiliki dampak positif bagi korbannya.

Harga Murah, Penjual Ramah, dan Tempat Bikin Betah, Itulah Kantin

www.kaskus.co.id

www.kaskus.co.id

Bermodalkan uang empat ribu rupiah, bisa makan semangkuk bakso penuh, pakai gaji, pakai tulang, pakai lontong, sambal sepuasnya, minum gratis, kadang dibayar hutang pula. Dimana lagi sih bisa makan sepuas itu selain di kantin sekolah.

Dengan membentuk tali silaturahim dengan ibu/bapak penjual, hidupmu bisa lebih bahagia lagi. Biasanya ibu/bapak penjual sudah menyiapkan jatah khusus untuk para pelanggannya. Luar biasa bukan?

Selain itu, tanpa ada alasan yang jelas, hawa di kantin itu membuat para siswa merasa nyaman dan betah. Ko bisa ya? Ini masih menjadi sebuah misteri.

Jam Kosong di Siang Bolong, Kenikmatan yang Takkan Pernah Tergantikan

microtesla.blogspot.com

microtesla.blogspot.com

Sesuatu yang paling ditunggu-tunggu para siswa, jam kosong. Padahal kalau ditanya “ke sekolah mau ngapain sih?” jawabannya pasti “mau belajar lah” dengan penuh semangat 45 berkobar di dalam dada. Sampai di sekolah begitu mendengar informasi kalau guru Fulan berhalangan hadir “yessss….” para siswa menjadi girang mendadak.

Kehidupan Pemuda Pemudi yang Penuh dengan Ekspresi

thinkgreenthinkpositive.blogspot.com

thinkgreenthinkpositive.blogspot.com

Tentu merupakan hal yang tatkala seorang siswa melakukan banyak hal untuk mencerminkan isi hati mereka. Entah ingin diperhatikan si doi, entah ingin dibilang paling kece, entah ingin begini, entah ingin begitu.

Namanya anak muda, cara-caranya untuk berkspresi tak pernah ada habisnya. Ada yang hobinya corat-coret tembok belakang menggunakan pilok, ada yang menjadi pelukis handal di meja (biasanya bermodalkan spidol atau tip-x), ada yang menjadi penyanyi profesional, ada yang hobi bercerita, ada yang selalu tampil stylish, dan lain sebagainya.

Perut Kenyang, Hatipun Senang

www.haber34.com

www.haber34.com

Nah, ini bahagianya anak SMA, belum dipusingkan masalah makan dan jajan sehari-hari. Tinggal minta ke orang tuanya, uang langsung ngalir. Yang mau makan tinggal makan, yang mau jajan tinggal jajan, oh nikmatnya hidup ini.

Berbeda dengan mereka yang sudah merantau menentukan kehidupan di masa yang akan datang, uang yang ditransfer orang tua hampir selalu habis sebelum akhir bulan sebelum puas menikmati kebahagiaan “punya duit”. Ada yang habis untuk tugas kuliah lah, ada yang habis untuk bensin lah, bayar kos lah, dan lain sebagainya. Jangankan jajan kenyang, makanan sehari-harinya aja pr*mag. Maklum, ketika uang mulai menipis mie instan menjadi makanan pokok setiap hari.

Waktu Luang yang Tak Pernah Terulang

randomwallpapers.net

randomwallpapers.net

Yang di masa SMAnya banyak mengeluh dengan padatnya kehidupan bersekolah, mungkin hal itu merupakan sesuatu yang perlu di-istighfar-i. Loh kenapa? Karena sepadat-padatnya jadwal anak sekolah, waktu tidur belum mengenal kuota, waktu main belum mengenal durasi, dan waktu bersantai belum mengenal deadline.

“Tapi kan tugas banyak bang?” “Ah ngomong apa sih. Sebanyak-banyaknya tugas yang diberikan guru sekiller apapun juga pasti baru dikerjakan di sekolah sebelum bel masuk kan? Hayo ngaku hahahaha”.

Di dunia setelah melepas status seorang siswa, apa lagi di saat kita sudah memulai karir yang akan kita jalani, di situlah waktu SMA terasa begitu luang dan santai. Akan ada masanya dimana tidur siang menjadi sesuatu yang paling dicari-cari, tak ada lagi yang namanya hibernasi setengah hari, akhir pekan dipakai demi mengejar deadline sesungguhnya, tidak ada yang namanya tanggal merah tertulis di kalender. Ini yang namanya hidup.

Semua Masa Indah Telah Terlewatkan, Sampai Jumpa Di Masa yang Akan Datang Kawan

pixabay.com

pixabay.com

Namanya juga kehidupan, pasti tak akan pernah jauh-jauh dari meninggalkan dan ditinggalkan. Di setiap ada pertemuan, di situ pasti ada perpisahan.

Pun, sama halnya tatkala kita melewati fase-fase sebagai seorang siswa SMA. Dipenghujng tahun ketiga, perpisahan adalah sesuatu yang nyata dan tak bisa dihindari. Senang dan bangga karena merasa sudah dewasa serta lulus dengan nilai yang cukup untuk melanjutkan kehidupan, namun juga sedih karena harus berpisah dengan taman-teman terbaik sepanjang masa.

***

Masa SMA memanglah masa yang menyenangkan dan terkenang. Sadar ataupun tidak, di masa ini para siswa sebenarnya mulai menemukan jati dirinya sendiri. Para siswa mulai belajar menyelesaikan sebuah masalah kehidupan dan berpikir untuk masa yang akan datang kelak.

Seandainya sebuah kesempatan bisa terulang untuk kedua kalinya, mau kah kamu kembali ke masa-masa ini lagi? Sayangnya kesempatan bukanlah hal yang bisa terulang kembali. Karena itu, untukmu yang masih berada di sana, nikmatilah. Sekian.

Leave a Reply