Potret Modifikasi Motor Paling Keren Sejagat

Modifikasi Motor – Dunia otomotif memang tak pernah ada hentinya dalam melakukan sebuah inovasi. Seiring dengan perkembangan zaman, motor tak lagi digunakan sebatas untuk bertransportasi, melainkan sebagai sarana untuk menciptakan karya seni.

Kira-kira seperti itulah ungkapan untuk menjelaskan makna dari sebuah modifikasi motor. Jika dulunya motor hanya digunakan untuk kebutuhan semata, namun kini para pencinta otomotif berlomba-lomba untuk memodifikasi motornya menjadi lebih menarik.

Kreatifitas, itu lah kuncinya. Dalam memodifikasi sebuah motor tentu diperlukan kreatifitas demi mendapatkan hasil karya modifikasi motor terbaik. Semakin kreatif seorang modifikator, akan semakin sempurna pula karya modifikasi yang dihasilkannya.

Namun diperlukan perhitungan pula dalam memodifikasi motor. Kesalahan dalam memodifikasi ternyata dapat berefek pada kondisi mesinnya. Bagaimana pun juga, pabrikan otomotif telah menggunakan perhitungan-perhitungan dalam membuat sebuah motor.

Jika motor dimodifikasi tanpa adanya perhitungan, mesin berpotensi mengalami kerusakan. Syukur apabila kerusakan terjadi dalam keadaan tidak digunakan, namun bagaimana jika kerusakan terjadi kala motor digunakan? Kesalamatan Anda yang akan dipertaruhkan.

Berbicara mengenai modifikasi motor, pada artikel kali ini kita akan membahas berbagai macam motor yang sudah dimodifikasi menjadi sangat luar biasa keren. Mulai dari modifikasi motor sport, modifikasi motor touring, modifikasi motor adventure, modifikasi motor trail, dan berbagai motor lainnya.

Namun sebelumnya, perlu diingat bahwa selera setiap orang tentu berbeda-beda. Bisa jadi modifikasi yang Anda anggap keren, tetapi tidak bagi orang lain. Karena itu, tetap saling menghargai ya. Tidak penilaian mutlak tentang sebuah karya seni modifikasi.

Modifikasi Motor Sport

Modifikasi motor yang pertama akan membahas tentang berbagai macam modifikasi dari motor bergenre sport. Motor sport yang akan dibahas di sini ialah motor sport full fairing. Apa saja? Simak selengkapnya.

Modifikasi Motor Sport – Kawasaki Ninja H2R Ala Trickstar Racing Japan

Modifikasi Motor Sport Kawasaki H2R (1)

Sumber : Sobatmotor.com

Kali ini, perusahaan modifikasi asal negeri sakura, Jepang berinovasi memodifikasi Kawasaki Ninja H2R. Motor sport full fairing andalan kawasaki kini disulap seindah mungkin dengan pemilihan warna dasar yaitu putih dengan warna hijau cerah sebagai penghiasnya.

Modifikasi kawasaki ninja H2R kali ini memang sangat luar biasa. Body yang kekar nan proporsional menjadi andalan superbike bermesin supercharge ini. Knalpot pun telah diubah dengan knalpot racing full system.

Bagian fairing telah benar-benar dibuat sepenuhnya. Kawasaki Ninja H2R versi standar tidak memiliki fairing di bagian bawah. Sedangkan Kawasaki Ninja H2R versi trackstar telah dilengkapi dengan fairing bawah sehingga menjadi full fairing sejati.

Tak hanya itu saja, modifikasi-modifikasi lain dapat terlihat dengan begitu luar biasa. Mulai dari spakbor belakang yang telah dilepas, pemilihan ban Dunlop yang memiliki kembang khas, dan sebagainya.

Desain jok yang diubah menjadi single seater pun semakin menjadikan Kawasaki Ninja H2R ini terlihat begitu sporty. Tentu saja, setiap pencinta moge pasti akan mengingkan untuk menggeber modifikasi motor yang satu ini.

Modifikasi Motor Sport – Kawasaki Ninja H2R Drag Edition

Modifikasi Motor Sport Kawasaki H2R Drag

Sumber : YouTube Gaming

Masih membahas tentang modifikasi motor Kawasaki Nnja H2R. Namun Kawasaki Ninja H2R kali ini menganut aliran dragster, alias motor drag. Motor drag kelas berat sedikit berbeda dengan drag yang ada di Indonesia. Jika di Indonesia motor drag menggunakan “ban cacing”, motor drag kelas berat justru menggunakan ban tapak lebar dengan arm yang memanjang ke belakang.

Begitu pun dengan modifikasi Kawasaki Ninja H2R yang satu ini. Ban belakang yang digunakan adalah ban tapak lebar. Selain itu, bagian arm pun terlihat dimodifikasi memanjang ke belakang sehingga melewati bagian stop lamp motor ini.

Urusan body, motor Kawasaki Ninja H2R ini dimodifikasi menjadi warna hijau cerah metalic dan polos. Tidak ada striping yang mengganggu kemolekan body motor ini selain angka “62”. Selain itu, ketinggian motor ini pun sedikit diturunkan sehingga tampak begitu ceper.

Modifikasi Motor Sport – Ducati Panigale 1199 Full Dark

Modifikasi Motor Sport Ducati Panigale 1199 Grey

Sumber : caberz – WordPress.com

Modifikasi motor selanjutnya adalah Ducati Panigale 1199. Motor Ducati Panigale 1199 ini menggunakan warna abu-abu gelap yang melapisi seluruh bagian bodynya. Warna tersebut terlihat begitu match dengan karakter sangar yang dimiliki Ducati Panigale 1199.

Jika diperhatikan, modifikasi motor Ducati Panigale 1199 ini sepertinya didesain untuk kepentingan balap juga. Hal tersebut terlihat dari ketiadaan headlamp, kaca spion, dan juga spakbor belakang. Bagian pembuangan pun telah diganti menggunakan knalpot Termignoni.

Modifikasi Motor Touring dan Naked Bike

Nah, setelah membahas tentang beberapa potret modifikasi motor sport, modifikasi motor touring dan juga modifikasi naked bike tak kalah menarik untuk dibahas. Motor-motor yang dikenal dengan tingkat kenyamanan riding position yang tinggi ini dimodifikasi menjadi sangat luar biasa.

Modifikasi Motor Naked Bike – Kawasaki Z1000 Sugomi Blue Puma

Modifikasi Motor Naked Bike - Kawasaki Z1000 Puma

Sumber : thaihonda.vn

Pada gambar tersebut, terpampang lah sebuah moge Kawasaki Z1000 Sugomi dengan kelir biru yang mendominasi tubuhnya. Tak hanya warna biru semata, warna hitam dan putih pun turut menghiasi kecantikan sekaligus kegarangannya.

Dua buah knalpot akrapovic terpasang pada penghujung saluran pembuangan mesin berukuran 1 liter ini. Raungan khas knalpot akrapovic memang ramah di telinga, namun tetap menumbuhkan kesan sporty.

Modifikasi Motor Naked Bike – Ducati Streetfighter With Panigale Tail

Modifikasi Motor Ducati Streetfighter - Panigale

Sumber : Tumblr

Bagaimana jadinya ketika sebuah Ducati Streetfighter dikombinasikan dengan Ducati Panigale? Di modifikasi motor kali ini akan menjawabnya. Ducati Streetfighter ini disulap sehingga memiliki ekor dari Ducati Panigale.

Tak hanya bagian ekor saja, Ducati Streetfighter ini juga mengubah tampilan velgnya. Velg yang dipilih ialah velg yang membentuk huruf “Y”. Warna emas dipilih untuk memaksimalkan kesan elegan dari motor Ducati Streetfighter yang satu ini.

3 Comments

  1. Enny Law October 16, 2016
  2. winna November 14, 2017
    • Kuya Hejo November 14, 2017

Leave a Reply