Ingin Modifikasi Motor Dengan Biaya Murah? Ini Tipsnya

Modifikasi motor merupakan hal yang sangat biasa dilakukan oleh sebagian orang. Hal ini diupayakan untuk mempercepat laju kendaraan tersebut.

Tak hanya itu, karena biasanya motor juga akan didesain semaksimal mungkin demi menonjolkan keindahan dan kenyamanan dalam berkendara.

Beberapa orang sangat menyukai modifikasi motor, meskipun kadang hasilnya terlihat sangat jauh berbeda dengan tampilan originalnya. Namun tetap saja ini sangat di gandrungi oleh banyak orang, terutama kaum laki–laki.

Mereka sangat menyukai beberapa bongkar pasang pada motor, entah bagian manapun yang akan di bongkar.

Namun sayangnya dengan memodifikasi motor, tentu Anda akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Maka dari itu untuk mengatasi biaya tersebut, berikut ini beberapa tips untuk Anda dalam memodifikasi motor sesuai selera anda, diantaranya :

Tips Modifikasi Motor Dengan Biaya Murah

1. Mengurangi Berat Piston

Anda para pelaku modifikasi tentunya sangat sering mendengar istilah piston. Piston ini merupakan benda atau komponen yang sangat di kenal dalam dunia otomotif. Hal ini di karenakan piston sendiri memiliki andil yang cukup besar dalam menghasilkan kualitas kerja sebuah mesin.

Piston sendiri melakukan kerjanya dengan cara bergerak ke atas dan ke bawah secara terus menerus.  Dengan demikian akan memiliki fungsi untuk mengatur kerja piston secara benar.

Anda perlu mengetahui, bahwa membongkar piston pada motor ini di perlukan kehati–hatian. Hal ini diupayakan agar nantinya tidak berbenturan. Anda harus mengurangi beban piston sesuai dengan kadar yang di butuhkan.

2. Mengurangi Volume Ruang Bakar

Volume pada ruang bakar yang terdapat pada titik mati bagian atas juga harus dikurangi. Volume ruang bakar ini terletak di antara piston dan silinder (ruang kompresi).

Hal ini di proses dengan teknik mengurangi ruang bakar menggunakan bubut silinder dengan kesesuaian dan tentunya menggunakan perhitungan yang cukup matang. Selain itu untuk menghasilkan hasil modifikasi yang maksimal anda harus paham betul tata letaknya kembali agar tidak berbenturan.

3. Mengubah Ukuran Gear

Memodifikasi motor adalah upaya agar motor anda dapat melaju kencang tanpa adanya kurang stabil dalam berkendara. Hal ini banyak di lakukan oleh para pengguna namun tak jarang mereka tidak mengerti apa yang harus dimodifikasi.

Pada tahap selanjutnya ini adalah dengan mengupayakan agar motor berjalan dengan kencang, yaitu dengan mengubah bagian pada gear rodanya.

Mulanya Anda harus mengganti gear roda yang berukuran lebih kecil dari gear roda biasanya. Contohnya jika gear roda pada motor Anda berukuran 46 dan 15, maka anda harus mengubahnya dengan ukuran yang 45 dan 13.

Hal ini di karenakan pada ukuran tersebut akan memudahkan Anda pada jalanan yang tidak berbelok. Selain itu motor yang Anda gunakan akan lemah jika berada di jalanan menanjak.

4. Mengganti Knalpot Racing

Mengganti knalpot model racing juga dapat membuat motor Anda melaju dengan kuat dan bertenaga.

Caranya sangat mudah, yakni Anda hanya perlu mengubah knalpot motor standard Anda dengan knalpot racing. Dengan demikian, Anda sudah dapat mengendarai motor Anda dengan melaju kencang.

Namun Anda harus paham betul bahwa knalpot racing ini rata–rata memiliki bunyi yang cukup bising. Maka dari itu Anda harus bisa memilih knalpot yang memiliki tingkat kebisingan yang cukup sedikit.

5. Mengatur Gear Ratio

Gear ratio merupakan komponen pada motor yang harus Anda atur sehingga Anda dapat mengendarai motor dengan kencang. Gear ratio ini adalah sebuah komponen pada motor yang letaknya di bagian dalam mesin.

Cara untuk mengubah gear ratio sangat mudah, Anda hanya perlu untuk  mengetahui ukuran gear roda motor Anda terlebih dahulu. Hal ini di karenakan untuk memperhitungakan perbandingan gear ratio dengan gear pada roda. Selain itu seperti pada poin sebelum–sebelumnya bahwa gear ratio yang semakin kecil akan mempercepat laju kendaraan motor Anda.

6. Menggunakan Bahan Bakar Yang Berkualitas

Pemilihan bahan bakar juga merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kualitas mesin yang Anda gunakan pada motor Anda. Semakin tinggi kadar oktan yang tergantung pada bahan bakar yang Anda gunakan akan lebih menghasilkan laju kendaraan yang tinggi.

Anda harus mengerti betul mengenai bahan bakar yang Anda gunakan untuk motor anda. Bahan bakar yang memiliki kualitas tinggi akan berdamapak pada kecepatan dan kestabilan motor Anda.

Maka dari itu, Anda lebih baik menggunakan pertamax untuk mempermudah laju kendaraan Anda, sehingga Anda tak perlu menggunakan alat penghemat bahan bakar lagi.

7. Mengubah Noken AS

Komponen lainnya yang sangat berpengaruh pada kinerja mesin motor Anda adalah Noken AS. Langkah yang harus Anda ambil adalah dengan mengolahnya melalui perhitungan ynag tepat untuk menghasilkan hasil yang kita idamkan.

Jika Anda tidak dapat memperhitungkan dengan benar maka akan merusak kinerja motor. Oleh karena itu anda lebih baiknya lagi mengkonsultasikan hal tersebut kepada para teknisi kendaraan.

8. Mengganti Karburator

Karburator merupakan komponen yang harus Anda ganti selanjutnya dalam langkah modifikasi. Hal ni di karenakan karburator merupakan  ruang proses pembakaran, yakni letaknya bahan bakar dengan angin.

Dengan anda mengubah karburator yang Anda miliki dengan karburator yang lebih baik, maka akan menghasilkan hasil yang lebih maksimal pada kendaraan Anda.

9. Membersihkan Karburator Dengan Rutin

Tahap selanjutnya adalah Anda harus secara rutin membersihkan karburator. Pada bagian ini memang sudah terkenal lebih mudah kotor sehingga harus di bersihkan secara terus menerus.

Karburator yang kotor akan membuat mesin motor Anda macet pada saat gas motor Anda di tarik. Kebersihan karburator ini harus dijaga sebaik mungkin terutama bagi Anda yang memiliki motor tanpa tutup filter bagian udara.

10. Mengganti CDI Motor

Tahap terakhir dalam upaya mempercepat laju kendaraan anda adalah dengan mengubah CDI yang ada pada motor Anda. Hal ini memang biasanya sangat dianggap sepele bagi sebagian orang.

Namun perlu Anda ketahui, komponen ini sangat memiliki peranan yang sangat penting dalam laju mesin yang terdapat pada motor Anda. Di toko spare part sendiri telah hadir beberapa spare part yang berkualitas seperti CDI AC dan CDI DC. Dengan demikian anda bisa memilih sesuka Anda.

Kecepatan laju kendaraan adalah sebuah impian banyak orang hal ini dikarenakan memang beberapa orang lebih senang  kebut–kebutan di jalanan, terutama anak muda.

Banyak dari mereka yang mengubah kendaraannya semakin melaju cepat. Namun tak jarang mereka sendiri tidak mengetahui bagaimana dampaknya.

Tips di atas merupakan tips modifikasi dengan biaya yang murah dan aman untuk dilakukan. Oleh karena itu anda harus mecobanya, walau bagaimanapun anda harus mengerti betul bahwa motor yang telah di modifikasi akan lebih susah lagi kembali ke semula. Maka dari itu Anda harus berfikir lebih matang lagi.

Leave a Reply