Inilah Sejarah, Macam Macam, dan Cara Membuat Minuman Kopi Terbaik, Pencinta Kopi Wajib Masuk!

Seperti yang telah kita ketahui, kopi merupakan salah satu minuman terlezat yang ada di dunia ini. Rasanya yang khas akan terasa begitu nikmat mulai dari ujung lidah hingga tetasan terakhirnya. Disajikan dalam bentuk apapun, kenikmatannya tetap tak akan berkurang.

Di balik kenikmatannya, minuman kopi tentunya menyimpan jutaan informasi penting yang wajib diketahui oleh pencintanya. Mulai dari sejarah kopi hingga menjadi minuman kopi yang kita kenal saat ini, macam macam minuman kopi yang tentunya sangat lezat, variasi cara membuat minuman kopi, dan masih banyak lagi.

Karena itu, marilah kita bahas secara mendalam tentang sejarah kopi, macam macam macam minuman kopi, dan cara membuat minuman kopi terbaik. Berikut informasi lengkapnya.

Sejarah Kopi

Sejarah Kopi

www.chunoa.com

Dalam sejarahnya, kopi pertama kali ditemukan sebagai minuman berkhasiat sekaligus berenergi. Bangsa Etiopia di Afrika lah yang menjadi penemu minuman kopi yang lezat ini. Mereka telah menemukan kopi sejak sekitar 3000 tahun yang lalu, atau sekitar 800 tahun sebelum masehi.

Minuman kopi juga mulai berkembang di daerah Arab. Kala itu, kebudayaan dan peradaban bangsa Arab jauh lebih maju ketimbang Bangsa Etiopia, karena itu kopi juga direbus untuk diambil sarinya.

Di Abad ke 13, umat Muslim di Arab mulai menjadikan kopi sebagai minuman penambah energi untuk melaksanakan ibadah di malam hari. Selain itu, kejayaan sekaligus penyebaran agama Islam yang kala itu sangat cepat juga menjadi sarana penyebaran minuman kopi ini.

Seiring berjalannya waktu, kopi mulai menyebar ke benua Eropa yang diawali oleh seorang saudagar asal Turki. Setelah mencapai pasar Eropi, kopi mulai memasuki negara Prancis dan sekitarnya. Hal tersebut mendapat respon hangat dari masyarakatnya, bahkan kopi menjadi minuman yang paling diminati.

Dalam perkembangannya, minuman kopi semakin memiliki banyak variasi penyajian dan menarik perhatian masyarakat. Saat ini minuman kopi telah menjadi salah satu minuman paling diminati di seluruh penjuru dunia. Di tanah air kita sendiri, produksi kopi telah mencapai lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya.

Macam Macam Minuman Kopi Terpopuler

Macam Macam Minuman Kopi

www.delfi.ee

1. Minuman Kopi Hitam

Minuman kopi hitam ini merupakan minuman kopi jenis pertama sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lain. Minuman kopi hitam ini dibuat melalui ektraksi langsung setelah biji kopi direbus. Minuman kopi hitam belum ditambah perisa apa pun sehingga kekhasannya masih sangat terasa.

2. Minuman Kopi Espresso

Espresso merupakan jenis minuman kopi yang dibuat dengan cara mengekstraksi biji kopi dengan uap panas pada tekanan tinggi. Dengan kata lain, jenis minuman kopi yang satu ini tidak diekstraksi dengan cara perebusan bijinya terlebih dahulu.

3. Minuman Kopi Latte (Coffee Latte)

Minuman kopi latte ini merupakan jenis turunan dari kopi espresso. Namun perbedaannya, kopi latte ini mulai dicampur dengan susu. Perbandingan antara susu dan kopi ternyata cukup signifikan, yaitu 3:1.

4. Minuman Kopi Cappuccino

Italia juga ikut berperan dalam memvariasikan minuman kopi. Dengan memadukan dengan takaran yang pas antara kopi, susu, krim, dan cokelat bubuk di atasnya, cappuccino ini terlahir ke dunia ini sebagai salah satu kopi yang paling diminati.

5. Minuman Kopi Luwak

Minuman kopi luwak merupakan salah satu kopi buatan tanah air kita, Indonesia. Penyajiannya melewati satu fase yang tidak digunakan untuk pembuatan jenis minuman kopi lainnya, yaitu melalui luwak.

Setelah luwak memakan kopi yang masih berbentuk buah bulat-bulat, secara otomatis biji kopi yang keras tidak bisa dicerna oleh pencernaan luwak tersebut. Biji tersebut kemudian dikeluarkan kembali bersama kotorannya yang kemudian baru diolah menjadi minuman kopi.

Walaupun dihasilkan melalui kotoran, kopi luwak ini merupakan jenis kopi yang paling diminati juga di kalangan pencinta kopi. Bahkan, minuman kopi luwak ini adalah jenis minuman kopi termahal yang dijual di dunia ini.

Cara Membuat Minuman Kopi Terbaik

coffeecondo.com

coffeecondo.com

1. Tahap Panen dan Dipisahkan dari Cangkang

Kopi yang sudah siap panen biasanya akan dipanen secara manual menggunakan sumber daya manusia yang ada. Setelah selesai dipanen, selanjutnya biji kopi yang telah dipanen tersebut akan dipisahkan dengan cangkangnya. Biji kopi bisa dipisahkan secara manual setelah dikeringkan dan bisa juga dipisahkan menggunakan mesin secara langsung.

2. Tahap Pemanggangan

Biji kopi yang telah dipisahkan dari cangkangnya akan masuk ke proses selanjutnya, yaitu proses pemanggangan. Di proses pemanggangan ini lah cita rasa dan warna dari biji kopi akan meningkat.

Setelah melalui proses ini, perubahan pada biji kopi mulai terlihat. Biji kopi tersebut akan mengering dan mengalamu penurunan bobot secara keseluruhan. Selain itu, pori-pori yang ada di sekeliling permukaan biji kopi tersebut akan melebar sehingga dapat terlihat dengan jelas. Warna biji kopi tersebut juga akan menjadi semakin berwarna cokelat pekat.

3. Tahap Penggilingan

Di fase berikutnya, biji kopi yang sudah melewati fase pemanggangan akan digiling untuk memperluas permukaan biji kopi. Jika luas permukaan bertambah, maka proses ekstraksi akan menjadi semakin mudah.

Kualitas penggilingan akan mempengaruhi rasa, aroma, dan tampilan kopi yang akan dihasilkan. Setelah digiling, kopi harus segera dimasukkan ke dalam wadah yang kedap udara agar tidak menurunkan cita rasa pada kopi.

4. Tahap Perebusan

Setelah melewati fase-fase tadi, kopi pun memasuki fase terakhir dalam pengolahannya hingga siap disajikan. Untuk menciptakan minuman kopi yang berkualitas baik, kopi harus direbus secara sempurna.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perebusan biji kopi, antara lain komposisi biji kopi dan air, luas permukaan kopi yang telah digiling, suhu air ketika merebus, cara perebusan, dan lamanya waktu perebusan.

***

Seperti itulah kira-kira sedikit informasi mengenai sejarah kopi, macam macam macam minuman kopi, dan cara membuat minuman kopi terbaik yang ada di dunia ini. Semoga bisa bermanfaat

Baca juga : Manfaat dan Bahaya Kopi Bagi Kesehatan Di Balik Kenikmatannya

Tags:

Leave a Reply