Mengenal Jenis-jenis Paus Terbesar di Dunia dan Berbagai Jenis Paus Lainnya

Berbicara mengenai luasnya samudera, mungkin kita akan teringat betapa banyaknya ekosistem yang hidup di sana. Mulai dari terumbu karang, berbagai jenis ikan-ikanan, hingga berbagai jenis paus terbesar di dunia yang merupakan kelompok mamalia.

Pisces atau ikan-ikanan, memang merupakan kelompok hewan yang mendominasi kehidupan di lautan. Namun uniknya, yang justru memiliki gelar sebagai “hewan terbesar di lautan” bukan berasal dari kelompok tersebut.

Paus. Hewan yang sejatinya berasal dari kelompok mamalia inilah yang memiliki gelar sebagai “hewan terbesar di lautan”. Bahkan ia juga merupakan hewan terbesar di dunia yang ukurannya berkali-kali lipat dari ukuran hewan terbesar di daratan.

Jika dilihat dari bentuknya, orang awam mungkin akan mengira bahwa paus berasal dari jenis ikan-ikanan. Ia memang memiliki anggota tubuh yang mirip sekali dengan jenis ikan-ikanan, seperti sirip dan bentuk ekornya.

Akan tetapi, paus tidak dapat digolongkan ke dalam kelompok ikan-ikanan. Para peneliti telah sepakat bahwa paus tergolong ke dalam kelompok mamalia. Hal tersebut setidaknya dikarenakan oleh 5 ciri, di antaranya:

  • Paus bernapas menggunakan paru-paru.
  • Paus berkembang biak dengan cara melahirkan, kemudian mereka akan menyusui anak-anaknya melalui kelenjar susu yang dimilikinya.
  • Paus merupakan hewan berdarah panas.
  • Paus memiliki 4 ruang jantung.
  • Paus juga mempunyai sedikit rambut pada tubuhnya yang sering kali akan tampak ketika mereka dewasa.

5 Jenis Paus Terbesar di Dunia

Paus sendiri terdiri dari berbagai macam jenis dan dengan ukuran tubuh yang beragam pula. Untuk itu, kami telah merangkum 5 jenis paus terbesar di dunia. Berikut pembahasan selengkapnya.

#1. Paus Terbesar di Dunia Pertama: Paus Biru

Jenis Paus Terbesar di Dunia Pertama - Paus Biru

Sumber : Www.Buzz.Ie

Paus biru (Balaenoptera musculus) merupakan jenis paus terbesar sekaligus hewan terbesar di dunia. Tentu saja ukurannya tidak main-main lagi. Ia dapat memiliki panjang tubuh lebih dari 33 meter, sedangkan berat tubuhnya dapat mencapai 181 ton, bahkan lebih dari itu.

Walaupun Paus biru merupakan jenis paus terbesar di dunia, namun bisa dikatakan ia memiliki tubuh yang ramping untuk seukurannya. Bagian punggungnya berwarna keabu-abuan, sedangkan bagian perutnya relatif lebih cerah ke arah putih.

Paus biru merupakan salah satu jenis Paus yang berasal dari kelompok Paus Balin. Tentu saja ia juga merupakan jenis terbesar di kelompoknya. Ukuran Paus Biru memang sangat besar dan mengagumkan bukan?

Penyebaran Paus biru di dunia ini ternyata cukup luas. Penyebaran tersebut di antaranya meliputi Samudera Atlantik Utara, Samudera Pasifik Utara, Samudera Antartik -dikenal juga sebagai Samudera Selatan-, Samudera Hindia, serta Samudera Pasifik Selatan.

Hingga awal abad ke-20, jumlah populasi Paus Biru sangat banyak. Namun sayangnya, pemburuan yang dilakukan secara besar-besaran mengakibatkan populasinya berkurang secara drastis. Laporan pada tahun 2002 menyebutkan jumlahnya tidak lebih dari 12.000 ekor saja di seluruh dunia.

Makanan utama Paus biru adalah krill yang biasa hidup secara berkelompok. Selain itu, paus biru juga terkadang mengkonsumsi Copepoda yang termasuk ke dalam jenis zooplankton walaupun hanya dalam jumlah kecil saja.

#2. Paus Terbesar di Dunia Kedua: Paus Sirip (Finback Whale)

Jenis Paus Terbesar di Dunia Kedua - Paus Sirip

Sumber : Www.Lifegate.Com

Paus sirip (Balaenoptera physalus) merupakan jenis paus terbesar kedua setelah paus biru. Paus jenis ini juga merupakan hewan terbesar kedua di dunia. Rata-rata, paus sirip memiliki panjang tubuh sekitar 29 meter dengan berat tubuh lebih dari 78 ton.

Sama seperti Paus biru, Paus sirip juga tergolong ke dalam kelompok paus Balin. Tubuhnya besar, panjang, dan ramping. Di punggung terdapat sebuah sirip kecil. Karena itulah ia dinamakan Paus Sirip atau Finback Whale.

Paus Sirip terbagi lagi menjadi 2 jenis subspesies, yakni Paus Sirip Utara dan Paus Sirip Antartika. Penyebaran Paus Sirip Utara berada di daerah Samudera Atlantik Utara, sedangkan Paus Sirip Antartika tersebar di Samudera Selatan.

Makanan Paus Sirip bisa dikatakan lebih variatif jika dibandingkan dengan Paus Biru yang cukup pilih-pilih makanannya. Paus Sirip atau Finback Whale biasa memakan ikan-ikanan, cumi-cumi, serta udang-udangan (termasuk krill).

Begitu juga dengan populasinya. Populasi Paus Sirip mulai berkurang drastis sejak awal abad ke 20. Kini jumlahnya di perairan dunia sudah sangat sedikit, bahkan dikategorikan sebagai hewan yang terancam punah. Beberapa negara telah melarang perburuan jenis Paus ini.

#3. Paus Terbesar di Dunia Ketiga: Paus Sikat (Right Whale)

Jenis Paus Terbesar di Dunia Ketiga - Right Whale

Sumber : NationalGeographic.Com

Paus sikat atau yang dikenal pula dengan nama Right Whale menempati posisi di urutan ketiga sebagai jenis paus terbesar di dunia. Paus jenis ini dapat tumbuh sepanjang 18 meter, sedangkan beratnya dapat mencapai 100 ton.

Paus Sikat mampu menyelam hingga kedalaman 180 meter di bawah permukaan laut. Tentu sangat handal mengingat ia merupakan hewan mamalia yang bernafas menggunakan paru-paru. Bahkan sesekali Paus Sikat akan berenang dengan posisi terlentang.

Tubuhnya yang besar, hitam, dan berkulit tebal dengan bentolan seperti kutil, membuatnya seperti sebuah kapal raksasa yang tenggelam. Di kedalaman air yang dingin dan gelap, mereka dapat berenang dengan sangat tenang sembari menahan nafasnya.

Pemburuan liar terhadap Paus Sikat juga tak dapat dihindari. Kini jumlah populasinya hanya sekitar 400 ekor saja di dunia. Kadar minyak pausnya yang cukup tinggi, lokasinya yang tak jauh dari pantai, juga karakternya yang jinak menjadi alasan mengapa hewan ini diincar oleh para pemburu tak berhati.

#4. Paus Terbesar di Dunia Keempat: Paus Sperma (Paus Kepala Kotak)

Jenis Paus Terbesar di Dunia Keempat - Paus Sperma

Sumber : Axantha2-Luxury-Charter.Com

Tidak hanya dijuluki sebagai paus terbesar keempat di dunia, paus sperma atau Paus Kepala Kotak (Physeter macrocephalus) juga merupakan jenis paus bergigi terbesar di dunia. Panjang tubuh paus sperma mencapai 21 meter dengan berat sekitar 65 ton.

Sebagian dari kita mungkin heran, mengapa Paus ini diberi nama sperma? Mengingat sperma merupakan cairan yang terdiri dari sel dari sistem reproduksi laki-laki atau pejantan. Kesannya seperti tak ada lagi nama yang lebih layak baginya.

Namun sebenarnya, pemberian nama tersebut bukanlah tanpa maksud apa-apa. Paus ini memang mengeluarkan cairan berwarna putih susu di kepalanya yang awalnya dikira sebagai sperma. Namun ternyata itu adalah Spermaceti, bahan seperti lilin yang hanya ditemukan di kepala paus ini.

Kepalanya yang berbentuk kotak dan besar menjadi ciri khas dari Paus Sperma. Terlebih lagi untuk pejantannya, ia bisa memiliki kepala yang ukurannya mencapai tiga kali lipa panjang tubuhnya. Selain itu, nama latinnya juga diambil dari bahasa Yunani yang berarti “Kepala Besar”.

Tidak hanya kepalanya yang besar, namun otak Paus Sperma juga sangat besar. Rata-rata, berat otak dari Paus Sperma jantan dapat mencapai 7 kg. Sehingga, Paus Sperma menjadi pemegang rekor sebagai hewan dengan otak paling besar dan paling berat di dunia.

Jika kebanyakan jenis Paus memiliki kulit yang licin, maka tidak dengan Paus Sperma. Jenis Paus yang satu ini memiliki tekstur kulit yang berkerut. Kulit tersebut dilapisi oleh warna abu-abu walaupun akan nampak kecokelatan saat terkena cahaya matahari.

#5. Paus Terbesar di Dunia Kelima: Paus Bowhead (Paus Kepala Busur)

Jenis Paus Terbesar di Dunia Kelima - Bowhead Whale

Sumber : YouTube

Di urutan kelima, rekor sebagai paus terbesar di dunia dipegang oleh jenis Paus Bowhead atau Paus Kepala Busur. Saat dewasa, paus jenis ini sering kali memiliki panjang tubuh yang mencapai 20 meter dengan berat 136 ton.

Jika dibandingkan dengan jenis Paus lainnya, Paus Kepala Busur akan terlihat pendek. Namun ia memiliki badan yang sangat gemuk, sehingga termasuk ke dalam salah satu jenis Paus terbesar di dunia. Bisa dibayangkan bukan? Hanya dengan panjang tubuh 20 meter saja, beratnya mampu mencapai 136 ton.

Paus Kepala Busur akan menghabiskan sepanjang hidupnya di perairan Samudera Arktik dan Sub-arktik. Di sana mereka akan mendapatkan segalanya, mulai dari makanan hingga bagaimana mereka bereproduksi. Mereka tak butuh bermigrasi ke tempat lain untuk memperoleh itu semua.

Jenis-jenis Paus Lainnya

Secara garis besar, Paus dapat digolongkan menjadi dua kelompok besar, yakni paus balin dan paus bergigi. Biasanya, ukuran tubuh paus balin jauh lebih besar ketimbang jenis paus bergigi. Bahkan hanya satu jenis Paus bergigi saja yang masuk ke daftar 5 jenis Paus terbesar di dunia, yakni Paus Sperma.

Terdapat berbagai jenis paus yang tersebar di perairan dunia, baik dari kelompok paus balin maupun paus bergigi. Penasaran apa saja jenis-jenisnya? Berikut pembahasan selengkapnya.

#1. Jenis Paus Pembunuh (Paus Orca)

Jenis Paus Orca

Sumber : Pinterest

Sebenarnya, Paus Orca atau Paus Pembunuh merupakan jenis terbesar dari keluarga Lumba-lumba. Namun, karena ukuran tubuhnya yang sangat besar, ia lebih sering disebut sebagai salah satu keluarga dari Paus bergigi. Panjang tubuhnya saja saat dewasa dapat mencapai 10 meter.

Tubuh Paus Orca sangat menarik. Warna hitam mengkilap melapisi sebagian tubuhnya yang kemudian dimaksimalkan keindahannya oleh warna putih di bagian bawahnya. Betuk tubuhnya mirip sekali seperti lumba-lumba, namun ukurannya jauh lebih besar.

Paus Orca mengembara lautan dunia hampir ke seluruh benua dan samudera, baik perairan yang bersuhu hangat maupun dingin. Dan dimana pun Paus Orca berada, mereka selalu menjadi predator utama di sana, bahkan bagi Hiu Putih sekalipun.

Orca memang dikenal sebagai predator puncak di lautan. Mereka memangsa hewan-hewan yang sebenarnya tangguh dan kuat, seperti Walrus, Singa laut, Anjing laut, ikan Hiu, bahkan hingga Paus yang ukurannya jauh lebih besar darinya.

Selain tubuhnya yang besar, alasan mengapa mereka bisa menjadi predator utama di lautan adalah karena mereka selalu berada dalam kelompok yang jumlahnya bisa mencapai hingga 100 ekor. Kecepatan berenangnya pun sangat handal, mereka bisa mencapai kecepatan 55 km/jam di lautan yang bergelombang.

Sekalipun merupakan predator terganas di samudera, Paus Orca menunjukan sikap yang jauh berbeda kepada manusia. Mereka sangat bersahabat dengan manusia, bahkan sering digunakan untuk ajang pertunjukan karena kecerdasan dan keramahannya.

#2. Jenis Paus Kelabu

Jenis Paus Kelabu

Sumber : Www.Ontheroadin.Com

Paus Kelabu (Eschrichtius robustus) merupakan salah satu jenis ikan paus raksasa dari kelompok Paus Balin. Ukuran tubuhnya ketika dewasa dapat mencapai 15 meter, sedangkan beratnya dapat mencapai lebih dari 35 ton.

Setiap tahunnya, Paus Kelabu selalu bermigrasi dari satu tempat ke tempat lainnya, dimana mereka akan mencari makanan dan berkembang biak. Paus ini mengkonsumsi plankton yang terletak di dasar laut dengan cara menghisapnya, kemudian menyaringnya dari pasir dan kotoran menggunakan balin di mulutnya.

Nama Kelabu berasal dari warna kulitnya yang gelap bermotif kelabu. Terdapat pula bercak-bercak berwarna putih di kulitnya. Bercak putih tersebut sebenarnya merupakan bekas luka akibat parasit yang menempel pada kulitnya.

Sama seperti kebanyakan jenis Paus lainnya, Paus Kelabu juga menjadi salah satu korban buruan manusia. Namun Paus Kelabu memiliki perlawanan yang hebat dan tangguh ketika diburu. Karena itulah para pemburu menyebutnya sebagai “Ikan Iblis”.

Paus Kelabu termasuk ke dalam genus Eschrichtius dan merupakan satu-satunya di genus tersebut yang masih bertahan hidup hingga kini. Para ilmuwan meyakini bahwa Paus jenis ini merupakan keturunan dari jenis Paus balin yang hidup sekitar 30 juta tahun lalu.

Saat ini, populasi terbanyak Paus Kelabu diketahui berada pada dua wilayah, yakni di Pasifik Utara sebelah Barat (Asia) dan Pasifik Utara sebelah Timur (Amerika Utara). Populasinya di Atlantik Utara dan pesisir Eropa kini telah tiada.

Pada tahun 2010 lalu, Paus Kelabu dikabarkan menampakan dirinya di Laut Tengah, Palestina. Para ilmuwan beranggapan bahwa Paus Kelabu ini kemungkinan kembali ke rumah lamanya yang nyaris terlupakan setelah sekian abad lamanya.

#3. Jenis Paus Bungkuk

Jenis Paus Bungkuk

Sumber: Gurutours.co.za

Paus Bungkuk (Megaptera novaeangliae) juga merupakan salah satu di antara banyak jenis paus balin yang cukup dikenali penduduk dunia. Ia memiliki tubuh yang besar dengan panjang sekitar 12 sampai 16 meter, serta berat yang mencapai 36 ton.

Paus Bungkuk mempunyai tubuh yang cukup indah dan proporsional. Bentuk kepalanya menonjol ke depan dilengkapi dengan mulut yang lebar untuk melahap makanan-makanan kecilnya. Sirip dadanya pun lebar ibarat sepasang dayung raksasa.

Paus Bungkuk kadang kala menampilkan adegan-adegan mengagumkan. Tak jarang mereka ke permukaan air untuk menghirup udara segar di atas sana. Para pejantan bernyanyi ria sembari berharap sang betina menerima dirinya.

Seperti jenis Paus Balin lainnya, Paus Bungkuk juga akan membuka mulutnya lebar-lebar sembari menyedot para mangsa. Air laut asin yang tertelan akan mereka muntahkan kembali setelah mengetahui mangsanya tersaring melalui balinnya.

#4. Jenis Paus Beluga

Jenis Paus Beluga Merupakan Jenis Paus Kecil

Sumber: National Geograpich

Tak selalu bertubuh raksasa, beberapa jenis Paus kadang kala memiliki ukuran tubuh yang biasa-biasa saja, seperti jenis Paus yang satu ini. Paus Beluga namanya. Ia merupakan salah satu jenis terkecil dari jenis paus yang ada di dunia.

Paus Beluga juga sering dipanggil dengan nama Paus Putih. Tubuhnya memang cantik, dilapisi oleh kulit indah berwarna putih khas Paus ini. Hal tersebut juga menjadikan Paus Beluga sangat mudah dikenali saat mengarungi luasnya perairan dunia.

Bentuk tubuhnya memang sedikit berbeda dari jenis Paus yang cukup umum dikenali. Itu terlihat dari lehernya yang fleksibel, dapat menoleh ke sana dan kemari, mengangguk-angguk, hingga berputar ke segala penjuru arah.

Paus Beluga bukan tipe hewan penyendiri. Mereka merupakan makhluk sosial yang membutuhkan kelompok dalam hidupnya. Paus Beluga juga memiliki kemampuan vokal yang hebat, sehingga mereka dijuluki sebagai Burung Kenari di lautan.

Kemampuan vokal mereka yang hebat terlihat dari banyaknya jenis suara yang dapat mereka kuasai, mulai dari mengeluarkan bunyi gemerincing, bunyi klik, hingga bunyi yang menyerupai peliut. Bahkan Paus ini bisa menirukan jenis suara lainnya, termasuk suara manusia.

#5. Jenis Paus Narwhal (Paus Bertanduk)

Jenis Paus Narwhal atau Paus Bertanduk

Sumber: National Geograpich

Paus Narwhal. Mungkin kebanyakan orang belum mengenal jenis Paus yang satu ini karena populasinya di dunia sudah sangat sedikit sekali jumlahnya. Namanya diambil dari bahasa Norse Kuno yang berarti Paus Mayat.

Itu dikarenakan karakternya yang gemar berenang tanpa gerakan sedikitpun dan dengan posisi terlentang. Ditambah lagi dengan warna kulit kelabu berbintik, Paus Narwhal semakin terlihat seperti mayat pelaut yang mengambang di tengah lautan.

Paus Narwhal juga dikenal sebagai Paus Bertanduk. Ia memiliki sebuah tanduk besar di depan wajahnya yang panjangnya mencapai 2,4 meter. Fungsi tanduknya masih menjadi misteri hingga kini, sebab para ilmuwan masih berdebat mengenai kegunaan benda panjang itu.

Ada yang beranggapan bahwa tanduk tersebut berguna sebagai sensor yang mempermudah Narwhal mengidentifikasi kualitas air. Ada pula yang mengatakan bahwa tanduk tersebut mempunyai kemampuan penginderaan hidrodinamik. Masih banyak lagi hipotesa mengenai tanduk tersebut.

Paus Narwhal termasuk kelompok Paus bergigi dan juga merupakan hewan karnivora. Paus ini biasa memburu makhluk-makhluk kecil penghuni laut sebagai santapan hariannya, seperti cumi-cumi, udang, dan ikan-ikanan.

Populasinya yang sudah langka menjadikan Paus Narwhal sangat sulit dijumpai. Saat ini, diketahui Paus Narwhal hidup di perairan dingin dan jarang dijumpai manusia, yaitu samudera Arktik Kutub Utara. Populasinya sedikit terjaga di sana karena jarang berurusan dengan para pemburu.

#6. Jenis Paus Pilot

 

Tags:, ,

Leave a Reply