Berkenalan dengan 5 Jenis Paus Terbesar di Dunia Serta Berbagai Jenis Paus Lainnya

5 Jenis paus terbesar di dunia antara lain adalah Paus Biru, Paus Sirip, Paus Sikat, Paus Sperma, dan Paus Kepala Busur.

Berbicara mengenai luasnya samudera, mungkin kita akan teringat betapa banyaknya ekosistem yang hidup di sana. Mulai dari terumbu karang, berbagai jenis ikan-ikanan, hingga mamalia.

Pisces atau ikan-ikanan, memang merupakan kelompok hewan yang mendominasi kehidupan di lautan. Namun uniknya, yang justru memiliki gelar sebagai “hewan terbesar di lautan” bukan berasal dari kelompok tersebut.

Paus. Hewan yang sejatinya berasal dari kelompok mamalia inilah yang memiliki gelar sebagai “hewan terbesar di lautan”. Bahkan ia juga merupakan hewan terbesar di dunia yang ukurannya berkali-kali lipat dari ukuran hewan terbesar di daratan.

Jika dilihat dari bentuknya, orang awam mungkin akan mengira bahwa paus berasal dari jenis ikan-ikanan. Ia memang memiliki anggota tubuh yang mirip sekali dengan jenis ikan-ikanan, seperti sirip dan bentuk ekornya.

Akan tetapi, paus tidak dapat digolongkan ke dalam kelompok ikan-ikanan. Para peneliti telah sepakat bahwa paus tergolong ke dalam kelompok mamalia. Hal tersebut setidaknya dikarenakan oleh 5 ciri, di antaranya:

  • Paus bernapas menggunakan paru-paru.
  • Paus berkembang biak dengan cara melahirkan, kemudian mereka akan menyusui anak-anaknya melalui kelenjar susu yang dimilikinya.
  • Paus merupakan hewan berdarah panas.
  • Paus memiliki 4 ruang jantung.
  • Paus juga mempunyai sedikit rambut pada tubuhnya yang sering kali akan tampak ketika mereka dewasa.

5 Jenis Paus Terbesar di Dunia

Paus sendiri terdiri dari berbagai macam jenis dan dengan ukuran tubuh yang beragam pula. Untuk itu, kami telah merangkum 5 jenis paus terbesar di dunia. Berikut pembahasan selengkapnya.

#1. Paus Terbesar di Dunia Pertama: Paus Biru

Jenis Paus Terbesar di Dunia Pertama - Paus Biru

Sumber : Www.Buzz.Ie

Paus biru (Balaenoptera musculus) merupakan jenis ikan paus terbesar pertama di dunia. Ia dapat memiliki panjang tubuh lebih dari 33 meter, sedangkan berat tubuhnya dapat mencapai 181 ton.

#2. Paus Terbesar di Dunia Kedua: Paus Sirip (Finback Whale)

Jenis Paus Terbesar di Dunia Kedua - Paus Sirip

Sumber : Www.Lifegate.Com

Paus sirip (Balaenoptera physalus) merupakan jenis paus terbesar kedua setelah paus biru. Rata-rata, paus sirip memiliki panjang tubuh sekitar 29 meter dengan berat tubuh lebih dari 78 ton.

#3. Paus Terbesar di Dunia Ketiga: Paus Sikat (Right Whale)

Jenis Paus Terbesar di Dunia Ketiga - Right Whale

Sumber : NationalGeographic.Com

Paus sikat atau yang dikenal pula dengan nama Right Whale menempati posisi di urutan ketiga sebagai jenis paus terbesar di dunia. Paus jenis ini dapat tumbuh sepanjang 18 meter, sedangkan beratnya dapat mencapai 100 ton.

#4. Paus Terbesar di Dunia Keempat: Paus Sperma (Paus Kepala Kotak)

Jenis Paus Terbesar di Dunia Keempat - Paus Sperma

Sumber : Axantha2-Luxury-Charter.Com

Tidak hanya dijuluki sebagai paus terbesar keempat di dunia, paus sperma atau Paus Kepala Kotak (Physeter macrocephalus) juga merupakan jenis paus bergigi terbesar di dunia. Panjang tubuh paus sperma mencapai 21 meter dengan berat sekitar 65 ton.

#5. Paus Terbesar di Dunia Kelima: Paus Bowhead (Paus Kepala Busur)

Jenis Paus Terbesar di Dunia Kelima - Bowhead Whale

Sumber : YouTube

Di urutan kelima, rekor sebagai paus terbesar di dunia dipegang oleh jenis Paus Bowhead atau Paus Kepala Busur. Saat dewasa, paus jenis ini sering kali memiliki panjang tubuh yang mencapai 20 meter dengan berat 74 ton.

Jenis-jenis Paus Lainnya

Secara garis besar, paus dapat digolongkan menjadi dua kelompok besar, yakni paus balin dan paus bergigi. Biasanya, ukuran tubuh paus balin jauh lebih besar ketimbang jenis paus bergigi.

Terdapat berbagai jenis paus yang tersebar di perairan dunia, baik dari kelompok paus balin maupun paus bergigi. Penasaran apa saja jenis-jenisnya? Berikut pembahasan selengkapnya.

#1. Jenis Paus Pembunuh (Paus Orca)

Jenis Paus Orca

Sumber : Pinterest

Sebenarnya, paus orca merupakan jenis terbesar dari keluarga lumba-lumba. Namun, karena ukuran tubuhnya yang sangat besar, hewan ini lebih akrab dikenal sebagai salah satu spesies paus bergigi.

#2. Jenis Paus Kelabu

Jenis Paus Kelabu

Sumber : Www.Ontheroadin.Com

Paus Kelabu (Eschrichtius robustus) merupakan salah satu jenis ikan paus raksasa dari kelompok paus balin. Ukuran tubuhnya dapat mencapai 15 meter, sedangkan beratnya dapat mencapai lebih dari 35 ton.

#3. Jenis Paus Bungkuk

Paus Bungkuk (Megaptera novaeangliae) juga merupakan salah satu di antara banyak jenis paus balin yang cukup dikenali. Ia dapat tumbuh sepanjang 16 meter dengan berat tubuh mencapai 36 ton.

 

Tags:, ,

Leave a Reply