Segudang Manfaat Memelihara Ikan Hias yang Pasti Kalian Rasakan

Manfaat Memelihara Ikan Hias – Tentu setiap manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa bersama dengan hobi dan minatnya pula. Hobi maupun minat seseorang tersebut terkadang tak mesti serupa antara satu dengan yang lainnya.

Terkadang, banyak pihak terlahir beserta minat dan hobinya yang tergolong aneh, unik, dan jarang dimiliki oleh orang lain. Namun tak jarang pula, banyak orang-orang yang memiliki ketertarikan pada hal-hal umum. Ya, salah satunya adalah hobi memelihara ikan hias.

Hobi memelihara ikan hias ini tergolong umum dan juga banyak dimiliki oleh kebanyakan orang. Hanya demi sebatas memberikan perawatan terbaik bagi ikan-ikan hias kesayangannya, tak jarang mereka rela merogoh koceknya dalam-dalam untuk hal ini.

Namun jangka sangka memelihara ikan hias adalah hobi yang sia-sia, atau bahkan merugikan hanya karena faktor biaya perawatan. Di balik hal tersebut ternyata memelihara ikan hias ini menyimpan segudang manfaat yang dapat dirasakan bagi penghobinya.

Mungkin hal ini memang terdengar aneh bagi mereka yang berjiwa anti dengan hewan, namun ini lah fakta nyatanya. Selain didapatkan dari berbagai pengalaman para penghobi, fakta ini pula telah dibuktikan oleh penilitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan ahli di bidangnya.

Penasaran dengan manfaat-manfaat yang bisa didapatkan dari memelihara ikan hias di rumah? Yuk kita simak pembahasannya secara lengkap. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari memelihara ikan hias di rumah.

cara.pro/

cara.pro/

1. Mempercantik Tampilan Interior Rumah

Dengan memelihara ikan hias di rumah, jelas interior rumah Anda secara langsung maupun tidak akan terlihat lebih indah dan terhias. Baik di dalam akuarium maupun kolam indoor, keindahan dari cantiknya ikan-ikan hias yang berenang lembut akan menghias ruangan Anda.

Selain dipercantik dengan keindahan ikan-ikan hias yang ada, Anda juga dapat memaksimalkan keindahannya dengan menambahkan beberapa aksesoris di sana. Misalnya seperti menambahkan lampu akuarium atau menambahkan bebatuan di dasar kolam.

2. Menyegarkan Suasana Sekitar

Kadar air dari akuarium atau kolam indoor yang banyak secara tidak langsung akan menyegarkan suasana kehidupan di sekitarnya. Entah hanya sebatas sugesti dalam akal atau memang berkaitan dengan ilmu sains sesungguhnya, mau bagaimana pun air tetap sesuatu yang menyegarkan.

3. Hati dan Pikiran Semakin Menjadi Lebih Tenang

Ternyata memelihara ikan hias juga berdampak baik bagi kesehatan fisik maupun psikis. Tatkala seseorang mengalami stres dalam kehidupannya, entah karena masalah pekerjaan, cinta, ataupun yang lainnya, dengan memperhatikan gerakan ikan hias ternyata mampu meminimalisirnya.

Warna serta corak indah yang melekat pada sisiknya dipercaya mampu memanjakan mata siapa saja yang memandangnya. Belum lagi ditambah dengan gerakan renangnya yang halus dan lembut, syaraf-syaraf yang tadinya tegang akibat stres pun akan mengendur hingga berefek pada ketenangan.

4. Menjadi Bisnis yang Menyenangkan

Ada salah satu quote dari Bapak Wali Kota Bandung, Kang Emil yang cukup menarik. Beliau pernah berkata “Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar”. Nah, berkaitan dengan topik kali ini, kita juga dapat mengambil sebuah makna.

Dengan begitu, untukmu para penghobi ikan hias, tidak ada salahnya untuk mencoba memulai bisnis ikan hias ini. Karena ini adalah hobi, tentu berbisnis ikan hias akan menjadi sebuah profesi yang amat menarik bagi para penghobi. Siapa tau saja ada rejeki menumpuk di sini.

5. Berkontribusi Dalam Melestarikan Alam

Merawat ikan hias bukan berarti sebatas mengoleksi ikan-ikan cantik di rumah, namun merawat ikan-ikan hias untuk hidup serta menjaganya pula dari ancaman bahaya. Dengan begitu, dengan memelihara ikan hias, Anda berkontribusi pula dalam melestarikan alam.

Baca Juga : Nutrisi Hidroponik

Leave a Reply