Inilah Manfaat dan Bahaya Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Buah durian merupakan salah satu buah yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Buah yang diselimuti dengan duri-duri besar ini berasal dari negara-negara beriklim tropis di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Buah durian juga merupakan buah yang cukup unik dan mampu menguji selera setiap penikmatnya. Rasanya yang khas tersebut ternyata sering kali membuahkan perbedaan pendapat mengenai kenikmatannya.

Bagi sebagian masyarakat, buah durian ini sangatlah lezat. Bahkan tak jarang banyak yang sampai tergila-gila dengan buah yang satu ini. Namun di sisi lain tak jarang juga masyarakat yang anti dengan buah durian ini. Hal itu dikarenakan baunya yang tak sesuai dengan indra penciuman mereka dan mengakibatkan mual.

Selain karena rasa dan aromanya, hal lain yang mengakibatkan buah durian ini begitu kontroversial adalah efeknya bagi kesehatan. Di satu sisi buah ini mengandung banyak manfaat yang baik lagi menyehatkan, namun di sisi lain buah durian ini juga memiliki beberapa bahaya yang justru tidak baik untuk kesehatan tubuh penikmatnya.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dan bahaya dari buah durian yang kontroversial ini.

Baca Juga : Ragi Tempe

Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

www.vemale.com

1. Buah Durian, Obat Alami Penghilang Depresi

Di balik kenikmatan buah durian ini ternyata memiliki kadungan vitamin B6. Salah satu fungsi dari vitamin B6 ini adalah untuk memproduksi serotonin. Peran serotonin tersebut adalah untuk menghilangkan perasaan stres atau depresi yang sebelumnya telah diderita oleh penikmat buah durian ini.

2. Kulit Akan Terlihat Lebih Awet Muda dengan Mengkonsumsi Buah Durian

Selain vitamin B6, buah durian juga ternyata memiliki vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C dapat berperan sebagai penangkal berbagai zat radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga mampu memperlambat proses penuaan yang terjadi pada kulit, baik di bagian tubuh maupun wajah anda. Karena itu, buah durian ini sangat cocok bagi kaum hawa yang masih belum puas dengan kecantikan di masa mudanya.

3. Buah Durian Dapat Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat buah durian juga cukup tinggi. Seperti yang kita tahu, kandungan serat sangat membantu kerja organ-organ pencernaan di dalam perut kita agar bekerja lebih optimal. Karena itu, buah durian ini cukup baik ketika dikonsumsi para penderita sembelit.

4. Buah Durian Memiliki Nutrisi Bagi Tulang Dan Gigi

Buah durian juga memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan tulang dan gigi. Hal itu dikarenakan buah durian memiliki kandungan kalsium, kalium, vitamin B1, dan vitamin B2 yang berfungsi sebagai penyuplai berbagai nutrisi yang diperlukan dalam merawat kesehatan tulang dan gigi.

5. Buah Durian Berperan dalam Mengatasi Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah ternyata dapat diatasi oleh buah durian juga. Dengan kandungan folat, tembaga, dan zat besi yang dimilikinya, buah durian akan berperan penting dalam mengatasi gejala anemia atau kekurangan sel darah merah penikmatnya.

Baca Juga : Jual Kacang Almond

Bahaya Buah Durian Bagi Kesehatan

Bahaya Buah Durian Bagi Kesehatan

www.fimadani.com

1. Buah Durian Bisa Mengakibatkan Kematian Pada Penderita Hipertensi

Penderita hipertensi biasanya memiliki keterkaitan dengan penyakit jantung. Kandungan alkohol yang dimiliki buah durian dapat menaikkan tekanan darah penikmatnya. Tekanan darah yang naik akan memaksa jantung agar berdetak lebih cepat dari sebelumnya hingga mengakibatkan serangan jantung mendadak.

Tekanan darah seseorang yang berada di angka 200 ke atas ternyata lebih sensitif terkena penyakit jantung. Dengan perpaduan tekanan darah yang tinggi, serta penyakit jantung yang menyerang secara bersamaan, kematian akan sulit dihindari.

2. Buah Durian Dapat Menyebabkan Penyakit Ginjal

Kandungan zat ethanol, methanol dan juga ethyl metacrylate serta senyawa berupa sulfur atau belerang juga terkandung di balik nikmatnya buah durian. Zat-zat tersebut merupakan zat yang tidak baik bagi kesehatan ginjal seseorang. Apalagi ketika ginjal sudah rusak tidak mampu menguraikan semua zat tersebut. Karena hal tersebut, pekerjaan ginjal akan menurun dari 40 persen menjadi 35 persen saja.

Selain itu, zat-zat tersebut juga menyebabkan seseorang terkena penyakit ginjal. Jika ginjal sudah tidak bisa berfungsi dengan baik lagi, maka harus dilakukan transplantasi ginjal atau melakukan transfusi darah yang keduanya membutuhkan biaya yang tidak murah.

3. Buah Durian Bisa Mengakibatkan Kematian Janin

Durian merupakan makanan yang akan berefek panas ketika sudah berada di perut karena mengandung kadar alkohol yang cukup tinggi. Sedangkan, janin yang berada dalam kandungan masih belum kuat untuk menahan panas yang berlebihan. Jika seandainya wanita hamil mengkonsumsi durian secara berlebihan, efeknya akan memicu kematian pada janin dalam kandungannya.

4. Buah Durian Dapat Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Buah durian memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi buah durian secara berlebihan tentu akan memicu naiknya kadar kolesterol di dalam tubuh penikmatnya. Jika kolesterol di dalam tubuh sudah tinggi, penyakit-penyakit berat lainnya seperti asam urat akan lebih mudah menyerang.

5. Buah Durian Bisa Mengakibatkan Stroke

Kandungan alkohol di dalam buah durian berpotensi sebagai penyebab menyempitnya pembuluh darah di dalam otak. Jika pembuluh darah di otak telah menyempit, oksigen akan sulit tersalurkan secara maksimal ke dalam otak yang merupakan awal dari serangan penyakit stroke.

Baca Juga : Harga Cuka Apel Tahesta

***

Tidak ada satu pun di dunia ini yang diciptakan dengan sangat sempurna, mungkin kalimat itulah yang cocok untuk menggambarkan kontroversial buah durian ini. Di balik kenikmatan serta manfaatnya yang luar biasa, buah durian juga memiliki banyak bahaya yang sangat mengerikan. Sekian artikel tentang manfaat dan bahaya dari buah durian. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply