Manfaat dan Bahaya Kopi Bagi Kesehatan Di Balik Kenikmatannya

Siapa sih yang tak kenal dengan minuman yang satu ini? Minuman yang berasal dari biji yang telah disangrai dan ditumbuk ini saat ini sudah sangat mendunia. Saat ini, biji kopi telah dibudidayakan di lebih dari 50 negara.

Seperti yang telah kita ketahui, minuman kopi memiliki sangat banyak variasi. Mulai dari kopi hitam, espresso, latte, sampai cappuchino, semua minuman kopi tersebut sangat digemari oleh para pencintanya. Namun sebenarnya, ketika masih berada dalam bentuk biji, kopi hanya dibagi menjadi 2 jenis saja, yaitu biji kopi Arabica dan biji kopi Robusta.

Namun, dibalik populeritasnya sebagai salah satu minuman yang paling diminati, kopi menyimpan berbagai efek bagi kesehatan tubuh penikmatnya, baik efek yang bersifat positif dan efek yang bersifat negatif.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dan juga bahaya mengkonsumsi kopi bagi kesehatan tubuh penikmatnya.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

cs.up-wallpaper.com

1. Kopi Mampu Mendongkrak Stamina dan Mencegah Kantuk

Dalam sejarahnya, istilah kopi diambil dari bahasa Arab yaitu Qahwah yang artinya kekuatan. Pada awal minuman kopi ini diciptakan, kopi memang digunakan sebagai minuman berenergi. Hal tersebut dikarenakan kandungan kafein pada kopi yang sangat tinggi. Kafein dalam kopi akan mempengaruhi kinerja adenosin yang bertugas menyampaikan rasa kantuk menuju otak agar bekerja lebih lambat. Karena itulah, tubuh akan terasa lebih segar setelah mengkonsumsi kopi.

2. Manfaat Kopi Dalam Perawatan Kesehatan Mulut

Salah satu sifat kopi adalah anti bakteri. Anti bakteri tersebut sangat baik untuk merawat kesehatan mulut penikmatnya. Dengan adanya anti bakteri tersebut, kopi bisa membantu mencegah timbulnya plak, gigi berlubang, dan infeksi gusi. Selain itu, dengan terawatnya kondisi mulut, potensi terkena kanker mulut akan berkurang.

3. Kopi Bisa Meningkatkan Mood

Setelah mengkonsumsi kopi, secara tidak sadar penikmatnya akan merasa lebih ceria, lebih bersemangat, dan lebih bergairah dari sebelumnya. Mood seseorang akan meningkat setelah mengkonsumsi kopi karena dapat memberikan efek korelasi pada kebahagiaan.

4. Manfaat Kopi sebagai Pencegah kanker

Di dalam kopi terkandung antioksidan yang mampu menekan resiko dan gejala kanker pada tubuh penikmatnya. Di Jepang, pernah dilakukan riset tentang kopi dimana sejumlah wanita yang mengkonsumsi kopi 2 kali sehari akan mengalami penurunan resiko terkena penyakit kanker usus besar ketimbang sebesar 25 persen. Selain itu, kopi juga bisa mencegah terjadinya kanker mulut.

5. Kopi Bermanfaat untuk Mengurangi resiko diabetes

Para peneliti telah membuktikan bahwa kopi bisa menurunkan penyakit diabetes hingga 50 persen. Hal tersebut bisa terjadi karena kopi bisa menghambat penyerapan gula. Selain itu, kandungan zat asam klorogenat yang terdapat pada kopi akan membantu kinerja hal ini pada peningkatan pembentukan insulin.

Bahaya Kopi Bagi Kesehatan

Bahaya Kopi Bagi Kesehatan

www.bitrebels.com

1. Bahaya Kopi Terhadap Lambung

Mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang berlebihan ternyata akan memicu timbulnya penyakit maag. Hal tersebut dikarenakan jumlah produksi asam lambung akan meningkat akibat bereaksi dengan kopi.

2. Kopi Merusak Jam Tidur

Kandungan kafein yang tinggi di dalam kopi juga bisa berakibat buruk pada jam tidur. Selain meningkatnya stamina, kopi juga tentunya akan mengakibatkan insomnia atau susah tidur.

3. Kopi Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Selain menyebabkan insomnia, kafein juga dapat menyerang sirkulasi darah, detak jantung, dan juga plasenta pada janin yang berada dalam kandungan. Ketika kafein telah menyerang bagian-bagian tersebut, keguguran sering kali tak bisa dihindari. Karena itu, wanita hamil sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kopi terlebih dahulu.

4. Bahaya Kopi Bagi Kesuburan Wanita

Ketika kopi dikonsumsi secara berlebihan atau dikonsumsi bersama dengan minuman beralkohol ternyata dapat mempengaruhi kesuburan wanita. Bahkan, dalam kasus yang parah kemandulan pun terkadang tak bisa dihindari.

5. Kopi Berbahaya Bagi Kesehatan Tulang

Kopi juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakt osteoporosis atau tulang keropos. Terutama bagi wanita lanjut usia yang sudah memasuki masa menopause.

***

Selain beberapa manfaat dan bahaya tadi, mungkin masih ada lagi beberapa informasi mengenai minuman kopi ini. Untuk itu, mari kita jaga jumlah kopi yang kita konsumsi. Jangan sampai dikonsumsi secara berlebihan.

Leave a Reply