Kura-kura Brazil, Si Tempurung Cantik Bertubuh Mungil

Kura-kura Brazil merupakan salah satu jenis kura-kura tercantik sehingga banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya.

Penggemar reptil tentu sudah tak asing lagi dengan hewan lucu yang satu ini. Yup, kura-kura Brazil (trachemys scripta elegans) namanya. Ukuran tubuhnya memang tergolong mungil jika dibandingkan dengan jenis kura-kura lainnya. Namun soal kecantikan, kura-kura jenis ini jagonya.

Kura-kura jenis ini juga kerap disebut dengan nama Red-eared Slider. Hal itu dikarenakan oleh corak kemerah-merahan yang berada tepat di belakang matanya, sehingga menyerupai telinga berwarna merah.

Sesuai dengan namanya, kura-kura ini berasal dari Brazil di Amerika Selatan. Namun, seiring berjalannya waktu, kura-kura mulai tersebar ke seluruh penjuru dunia sebagai hewan peliharaan, termasuk Indonesia.

Seperti Apa Sih Ciri Fisik Kura-kura Brazil?

Ciri Khas Kura-kura Brazil

Sumber : Www.Animalspot.Net

Kura-kura Brazil merupakan salah satu jenis kura-kura peliharaan dengan tubuh yang sangat menawan. Boleh jadi karena kemolekan tubuhnya, ia menjadi kura-kura yang cukup laris di pasaran.

Secara keseluruhan, kura-kura Brazil memiliki tubuh berwarna hijau. Ia memiliki warna hijau yang cerah saat di usia muda, kemudian akan semakin menggelap seiring bertambahnya, yang juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya.

Bagian atas tempurungnya pun didominasi oleh warna kehijauan yang dihiasi oleh corak cantik berwarna kuning, cokelat, dan hitam. Sedangkan bagian bawah tempurungnya didominasi oleh warna kuning cerah dengan corak hitam yang sangat mempercantik tampilannya.

Pada bagian kepalanya, terdapat corak kemerahan yang merupakan ciri khas dari kura-kura Brazil ini. Corak kemerahan tersebut berada tepat di belakang matanya sehingga menyerupai sepasang telinga.

Kura-kura Brazil merupakan jenis kura-kura yang cukup banyak menghabiskan waktu di dalam air. Sela-sela jari yang dilengkapi selaput tentu sangat cocok untuk memenuhi keperluannya dalam berenang.

Kemudian untuk ukuran tubuhnya, kura-kura Brazil dapat dikatakan tergolong mungil jika dibandingkan dengan jenis kura-kura lainnya. Ia hanya dapat tumbuh hingga ukurannya mencapai sekitar 30 cm saja saat dewasa.

Makanan Kura-kura Brazil

Pilihan Makanan Kura-kura Brazil

Sumber : Animalia-Life.Club

Kura-kura Brazil merupakan kelompok hewan omnivora yang berarti pemakan segala. Maksudnya, kura-kura Brazil termasuk jenis hewan yang mengkonsumsi tumbuhan dan hewan lain sebagai makanan utamanya.

Akan tetapi, sebagai pemeliharanya, kita tentu perlu memperhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi oleh kura-kura Brazil kesayangan kita bukan? Hal itu tak lain demi tercukupinya kebutuhan nutrisi kura-kura Brazil peliharaan kita.

Berikut beberapa variasi makanan yang dapat diberikan sebagai pakan bagi kura-kura Brazil kesayangan Anda:

#1. Buah-buahan

Pilihan makanan yang dapat diberikan bagi kura-kura Brazil ialah buah-buahan. Anda dapat memberinya buah-buahan berupa pepaya, tomat, atau pisang. Namun, jangan lupa untuk membatasinya agar pencernaannya tidak terganggu.

#2. Sayur Mayur

Selain buah, kura-kura Brazil juga sangat menyukai sayur-sayuran. Terlebih lagi apabila sayuran tersebut memiliki kandungan kalsium yang sangat baik bagi pertumbuhan tempurungnya.

#3. Cacing dan Serangga

Cacing dan serangga merupakan pakan hidup yang sangat digemari kura-kura Brazil. Sesekali, Anda boleh memberikannya jangkrik atau cacing sutra sebagai variasi dalam memenuhi kebutuhan gizinya.

#4. Ikan Hidup

Memberikan pakan berupa ikan hidup merupakan pilihan yang tepat. Selain karena kura-kura Brazil sangat menyukainya, pemberian ikan hidup juga dapat melatihnya dalam berburu seperti di habitat aslinya.

#5. Pelet

Makanan yang paling umum diberikan oleh pemelihara kura-kura Brazil adalah pelet. Bagaimana pun juga, pelet memang merupakan makanan yang paling mudah ditemui di pasaran.

Akan tetapi, pelet tetaplah makanan olahan dan bukan merupakan makanan yang biasa dikonsumsi oleh kura-kura Brazil di alamnya. Oleh karena itu, ada baiknya untuk membatasi pemberian pelet, kemudian menyelinginya dengan memberikan variasi makanan lain.

2 Comments

  1. Arthuria October 30, 2017
    • Kuya Hejo October 31, 2017

Leave a Reply