Mengenal Jenis-jenis Tumbuhan Pemakan Serangga

Tidak hanya hewan, ternyata ada pula jenis-jenis tumbuhan yang tergolong karnivora. Tumbuhan seperti ini sering kali disebut sebagai tumbuhan pemakan serangga. Daunnya mengalami perubahan menjadi sebuah jebakan unik untuk menangkap mangsanya.

Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya, sebenarnya untuk apa sih tumbuhan-tumbuhan ini memakan serangga? Jawabannya tak lain adalah karena kebutuhan mereka dalam mencukupi kebutuhan gizinya, dan hal tersebut hanya bisa didapatkan dengan mencerna serangga.

Jenis tumbuhan pemakan serangga ternyata cukup banyak loh di dunia ini. Bukan hanya tanaman venus atau kantong semar saja, masih banyak juga jenis tanaman lain yang tergolong insectivora. Penasaran apa saja? Berikut jenis-jenis tumbuhan pemakan serangga yang mungkin belum kamu ketahui.

Tumbuhan Pemakan Serangga Venus Flytrap

Jenis Tumbuhan Pemakan Serangga Venus Flytrap

Sumber: Newscientist.com

Jenis tumbuhan pemakan serangga yang satu ini mungkin sudah cukup banyak dikenali. Venus Flytrap namanya. Ia menggunakan daun yang mengalami modifikasi menjadi jebakan untuk menangkap serangga yang hinggap padanya.

Bentuk daun Venus Flytrap ini cukup unik. Bentuknya bulat dan di sisinya terdapat duri-duri panjang yang menjadikannya terlihat seperti sebuah mulut hewan bertaring panjang. Ditambah lagi dengan warnanya yang hijau di luar dan kemerahan di bagian dalamnya.

Venus Flytrap menggunakan lendir pada ujung lobus (daun) untuk memancing serangga agar mau mendekatinya. Ketika serangga tersebut hinggap dan terjebak pada durinya, Venus Flytrap seketika akan menutup daunnya, kemudian mencerna mangsanya tadi.

Tumbuhan Pemakan Serangga Kantong Semar

Jenis Tumbuhan Pemakan Serangga Kantong Semar

Sumber: Carnivorousplantresource.com

Jenis tumbuhan pemakan serangga selanjutnya adalah Kantong Semar. Tumbuhan yang satu ini memiliki kantong-kantong yang dilengkapi dengan enzim sebagai jebakan bagi para serangga. Biasanya, kantong-kantong tersebut terbagi menjadi 3 bagian, yakni kantong roset, kantong bawah, dan kantong atas.

Kantong roset merupakan kantong yang berbentuk hampir sama seperti kantong bawah. Hanya saja, kantong roset ini akan tumbuh pada bagian daun yang berbentuk roset. N. gracilis dan N. ampullaria merupakan spesies yang memiliki jenis kantong seperti ini.

Kantong bawah sendiri merupakan kantong yang dimiliki oleh tanaman Kantong Semar yang masih muda. Kantong ini biasanya terletak di atas tanah dan dilengkapi dengan sayap yang berfungsi sebagai “tangga” bagi serangga tak bersayap agar bisa dikonsumsi olehnya.

Sedangkan kantong atas merupakan kantong yang menggantung pada tanaman Kantong Semar dewasa. Kantong atas biasanya berbentuk corong atau silinder, serta tidak memiliki sayap. Oleh karena itu semua, kantong atas lebih sering menangkap serangga terbang.

Tumbuhan Pemakan Serangga Embun Matahari (Drosera)

Jenis Tumbuhan Pemakan Serangga Embun Matahari atau Drosera

Sumber: Wikipedia

Tumbuhan pemakan serangga yang satu ini terbilang sangat cantik bukan? Ia dikenal sebagai Drosera atau Embun Matahari. Spesies dari Embun Matahari terbilang sangat banyak, jumlahnya mencapai hingga 194 spesies dan tersebar di berbagai belahan dunia.

Untuk mengkonsumsi para serangga, Embun Matahari telah dilengkapi dengan amunisi yang menakjubkan. Perangkap yang dimilikinya berupa tentakel-tentakel yang pada ujungnya terdapat cairan lengket seperti lem guna memancing, menangkap, hingga mencerna mangsanya.

Tumbuhan Pemakan Serangga Byblis

Jenis Tumbuhan Pemakan Serangga Byblis

Sumber: Carnivorousplantresource.com

Byblis juga merupakan salah satu jenis tumbuhan pemakan serangga yang mengagumkan. Ia dikenal juga dengan nama tumbuhan pelangi karena kecantikannya. Sekilas terlihat mirip dengan tumbuhan Embun Matahari, namun Byblis memiliki bunga Zygomorphic dengan lima buah benang sari yang melengkung ke salah satu putik.

Daunnya mengalami perubahan bentuk dan menjadi senjatanya dalam berburu. Selain memanjang, daunnya juga diselimuti oleh bulu-bulu tipis yang menghasilkan cairan lengket tentunya. Ketika serangga terjebak dalam perangkapnya, secara perlahan Byblis akan mencernanya hingga kering kerontang.

Tumbuhan Pemakan Serangga Kincir Air

Jenis Tumbuhan Pemakan Serangga Kincir Air

Sumber: Biolib.cz

Jika kebanyakan tumbuhan pemakan serangga hidup di daratan, justru Kincir Air menjadi tumbuhan pemakan serangga yang hidup di perairan. Sesuai dengan namanya, tumbuhan ini hidup dengan daun-daun seperti kincir yang mengapung di atas air, sembari menunggu kedatangan para mangsanya.

Tanaman pemakan serangga ini dibekali perangkap berupa ujung tangkai yang berlubang sebagai akses bagi para serangga. Hebatnya, ketika serangga masuk ke dalamnya, hanya dalam 10 milidetik saja, lubang tersebut langsung menutup sehingga serangga pasti terjebak di dalamnya.

Leave a Reply