10 Jenis Tanaman Hias Cantik yang Sering Dijumpai di Indonesia

Jenis Tanaman Hias – Untuk mempercantik tampilan rumahnya, entah itu bagian eksterior maupun interior, kebanyakan orang akan menggunakan tanaman hias sebagai penghiasnya. Karena memang kecantikan tanaman hias tentunya akan bisa menghiasi dan mempercantik tampilan rumah.

Jenis tanaman yang bisa dijadikan tanaman hias sangatlah beragam. Ada jenis tanaman yang dijadikan tanaman hias karena kecantikan bunganya, keindahan daunnya, keunikan bentuknya, atau bahkan kelezatan rasa buahnya.

Berikut ini beberapa jenis tanaman hias cantik termahal dan terpopuler di Indonesia yang tentunya akan mempercantik tampilan rumahmu. Apa saja? Langsung saja simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Nepenthes

www.flickr.com

www.flickr.com

Nepenthes ini lebih akrab dikenal dengan panggilan kantong semar. Nama kantong sendiri didapat karena terinspirasi oleh kantung yang berfungsi sebagai perangkap serangga. Semakin besar ukuran kantong dan semakin cantik corak yang dimilikinya, harga tanaman nepenthes ini akan semakin mahal.

Sansevieria

worldofsucculents.com

worldofsucculents.com

Jika nepenthes merupakan tanaman penangkap serangga, sansevieria ini merupakan tanaman penangkap polusi. Tanaman sansevieria ini dikenal juga dengan nama lidah mertua. Di tahun 2013 awal, sansevieria ini mulai menjadi trend dan semakin mendapat banyak peminat. Bahkan salah satu jenisnya mencapai harga 10 juta rupiah.

Bunga Euphorbia

www.desk7.net

www.desk7.net

Bunga Euphorbia ini dikenal dengan bentuknya yang bulat dan berwarna pink cerah. Walaupun tergolong jenis tanaman berduri, tanaman ini tetap menjadi tanaman yang amat diminati. Karena mudah ditanam dan sering dikawin silangkan, bunga Euphorbia ini memiliki banyak jenis sehingga harganya pun cukup murah.

Bunga Adenium

juicedpixels.com

juicedpixels.com

Bunga Adenium ini termasuk jenis tanaman yang mengikuti perkembangan trend. Ketika trendnya sedang naik, harganya begitu melambung tinggi hingga ada yang mencapai jutaan rupiah. Namun ketika trendnya sedang turun, dengan membawa 50 ribu rupiah saja Anda sudah bisa membawa adenium yang sangat berkualitas.

Anthurium

fulldesktopbackgrounds.com

fulldesktopbackgrounds.com

Jenis tanaman hias Anthurium ini merupakan tanaman hias yang sangat cantik. Daunnya yang tebal dan juga melebar menjadikan tanaman Anthurium ini memikat banyak hati. Selain itu, seluruh bagiannya diselimuti oleh warna cerah yang nyaman dipandang.

Aglaonema

budidayacaraalam.blogspot.com

budidayacaraalam.blogspot.com

Tanaman Aglaonema sering kali dikenal dengan nama tanaman Sri Rejeki. Tanaman hias yang satu ini memiliki daun yang lebar. Daun tersebut terdiri dari perpaduan corak yang berwarna-warni. Kecantikannya menjadikan tanaman hias jenis ini begitu diminati oleh para penggemarnya dan sangat cocok untuk menghiasi tampilan rumah Anda.

Kadaka

bomets.com

bomets.com

Tanaman hias kadaka ini merupakan jenis tanaman hias yang banyak tumbuh di hutan secara liar. Daunnya memiliki ukuran yang cukup besar dan memanjang. Selain itu, daun dari tanaman Kadaka juga tergolong tebal. Semakin besar ukuran daun Kadaka dan semakin unik bentuknya, maka harganya pun akan semakin mahal.

Puring

www.gardenerdirect.com

www.gardenerdirect.com

Tanaman Puring ini memiliki nama lain Croton dan sering kali dijuluki sebagai tanaman “Kuda Hitam”. Puring ini mengalami perubahan yang sangat signifikan. Tadinya Puring ini merupakan tanaman yang serinng dijumpai di kuburan, namun ketika trendnya naik, tumbuhan ini langsung menghiasi rumah-rumah mewah dengan harga yang melambung tinggi.

Philodendron

www.aspca.org

www.aspca.org

Tanaman hias Philodendron ini masih termasuk dalam famili Aracea. Nama Philadendron sendiri diambil dari bahasa Yunani yaitu Philla yang berarti cinta. Daunnya berwarna hijau pekat dan tergolong tebal. Sama seperti Sansevieria, Philodendron juga termasuk tanaman pembersih udara yang mampu mengikat polusi.

Bunga Chrysanthemum

wallpaperscraft.com

wallpaperscraft.com

Tanaman hias hrysanthemum ini juga dikenal dengan nama bunga Krisan. Daunnya yang berwarna hijau dan bunganya yang berwarna cerah berpadu seirama membentuk keharmonisan nan indah.

Selain itu, tanaman hias yang satu ini juga ternyata sangat baik ditanam di rumah para perokok. Hal itu dikarenakan tanaman ini mampu menghisap zat benzene yang terdapat dalam tembakau.

***

Itulah 10 jenis tanaman hias cantik termahal dan terpopuler di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply