Mengenal Jenis-jenis Ikan Molly Sebelum Kamu Mulai Memeliharanya

Jenis-jenis ikan Molly merupakan ikan hias yang cukup menarik untuk dipelihara. Mungkin nama ikan Molly memang sedikit asing bagi sebagian orang. Namun sebenarnya, jenis ikan Molly ini sudah cukup banyak loh dipelihara oleh masyarakat Indonesia.

Ikan Molly ini terdiri dari banyak jenis yang menyajikan warna tubuh nan cantik lagi menarik. Banyak di antaranya yang berwarna cerah, dan tak sedikit pula jenis ikan Molly yang berwarna sedikit gelap. Menjadi suatu komunitas yang menarik ketika ikan-ikan Molly dengan warna yang beragam disatukan dalam satu akuarium.

Ikan Molly tergolong jenis ikan hias yang berukuran kecil. Kebanyakan jenis ikan Molly hanya dapat tumbuh hingga mencapai panjang 12 cm saja. Tentu itu juga menjadi nilai tambah tersendiri bagi pemeliharanya, karena tidak butuh tempat yang luas untuk memelihara ikan Molly ini.

Sama seperti kebanyakan jenis ikan pada umumnya, ikan Molly betina sering kali memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih besar ketimbang sang pejantan. Namun biarpun begitu, ukurannya tidak terlalu signifikan karena ikan Molly memang tergolong ikan kecil.

Soal pemberian pakan pun tak begitu merepotkan pemeliharanya. Sebab, ikan Molly termasuk hewan omnivora yang berarti pemakan segala. Ia menyukai pakan hidup maupun mati. Mulai dari cacing sutra, pelet ikan, cacing beku, dan sebagainya.

Begitu pun dalam masalah perkembang biakan. Ikan Molly dapat dikatakan subur dalam urusan ini. Tidak terlalu sulit untuk membudidayakannya. Namun tetap diperlukan ketelitian dan kesabaran tentunya demi menghasilkan keturunan ikan Molly yang berkualitas.

Jenis-jenis Ikan Molly

Seperti yang sudah sedikit dibahas sebelumnya, ikan Molly ini terdiri dari berbagai jenis. Secara garis besar, ikan Molly dapat dikategorikan menjadi 2 golongan, yakni short fin Molly (sirip pendek) dan sail fin Molly (sirip layar).

Tak perlu banyak basa-basi lagi, mari kita bahas secara lengkap mengenai jenis-jenis ikan Molly, baik yang tergolong ke dalam kategori short fin Molly, maupun sail fin Molly. Berikut pembahasannya:

#1. Jenis Ikan Molly Balon

Jenis Ikan Molly Balon yang Identik dengan Bentuk Tubuhnya

Sumber: Pinterest

Bentuk tubuhnya memang bulat mengembang, sehingga ia dinamakan sebagai ikan Molly balon. Jenis ikan Molly yang satu ini memiliki nama latin Poelicia Latipinna. Ia tergolong ke dalam jenis sailfin Molly karena sirip punggungnya yang cukup besar.

Bagi sebagian penggemar ikan hias, ikan Molly balon terlihat sangat menggemaskan. Perutnya yang buncit menjadi daya tarik tersendiri. Ditambah lagi, ikan Molly balon memiliki warna tubuh yang menarik sehingga menjadikan ia cukup diminati.

#2. Jenis Ikan Molly Golden Black

Jenis Ikan Molly Golden Black Memiliki Kombinasi Warna yang Menarik

Sumber: Petsolutions.Com

Sesuai dengan namanya, jenis ikan Molly golden black memiliki tubuh yang berwarna keemasan plus hitam. Perpaduan warna seperti ini menjadikannya terlihat cantik dan elegan. Karena kecantikannya, tak sedikit orang yang menggemari ikan hias yang satu ini.

#3. Jenis Ikan Molly Marbel

Jenis Ikan Molly Marbel dengan Coraknya yang Sangat Digemari

Sumber: Finaticstropicalfish.Blogspot.Co.Id

Satu lagi jenis ikan Molly yang tak kalah cantik ialah ikan Molly Marbel. Ikan Molly jenis ini memiliki warna tubuh yang khas dan menarik. Warna dasarnya adalah putih, namun ia memiliki bercak-bercak hitam di sekujur tubuhnya.

#4. Jenis Ikan Molly Hitam

Jenis Ikan Molly Hitam yang Teramat Cantik

Sumber: Tokopedia

Ikan Molly hitam merupakan salah satu jenis ikan Molly yang paling terkenal dan banyak dipelihara. Selain karena kecantikan tubuhnya yang diselimuti warna hitam, ikan Molly hitam juga tergolong mudah dipelihara dan sangat produktif.

#5. Jenis Ikan Molly Lyretail

Jenis Ikan Molly Lyretail Juga Tak Kalah Menarik

Sumber: Pinterest

Jenis ikan Molly yang satu ini namanya Lyretail. Bentuk ekornya yang unik dan khas untuk sejenis ikan Molly menjadi nilai tambah tersendiri baginya. Belum lagi, ikan ini dihiasi oleh warna-warna cantik yang sangat indah, serta sangat cocok dipelihara di dalam akuarium.

Leave a Reply