5 Jenis Ikan Koki Tercantik Inilah yang Paling Dicari Penggemarnya

Ikan koki (Carassius Auratus) merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling diminati oleh penggemarnya di seluruh dunia. Bagaimana tidak? Bentuknya yang unik dan cenderung bulat itu membuat ikan koki sangat terlihat menggemaskan.

Selain bentuk tubuhnya, hal lain yang membuat ikan ini sangat diminati adalah warnanya. Setiap varietas dari jenis ikan koki ini memiliki pola warna yang berbeda-beda pada tubuhnya. Kebanyakan jenis ikan memiliki warna yang cerah, namun tetap ada jenis ikan koki yang memiliki warna yang gelap seperti jenis ikan koki black moor.

Ikan koki ini masih tergolong kelompok goldfish atau yang biasa kita kenal dengan istilah “ikan mas”. Banyaknya varietas dari ikan koki ini didapat dari eksperimen perkawinan silang dengan jenis ikan koki lainnya. Dari hasil perkawinan silang tersebut, didapatlah variasi jenis ikan koki tercantik yang tentunya berwarna sangat indah.

Karakter ikan koki ini relatif lembut dan tidak agresif. Kebanyakan ikan koki tidak akan menyerang ikan koki lain yang berada dalam satu akuarium. Tentunya, hal itu menambah keanggunan dan kecantikan yang dimiliki oleh ikan koki ini.

Namun, walaupun berkarakter lembut dan tidak agresif, ikan ini juga memiliki kebiasaan buruk. Karena memang pada dasarnya ikan koi ini adalah jenis ikan omnivora atau pemakan segala, tak jarang ketika lapar ikan koki bisa dengan tega memakan telur-telurnya sendiri.

Ikan koki ini ternyata masih tergolong kelompok goldfish atau biasa dikenal dengan istilah “ikan mas”. Sama seperti ikan hias lainnya, varietas atau jenis ikan koki ini sangat banyak dan tentunya terlihat sangat cantik.

Berikut ini adalah 5 jenis ikan koki tercantik yang paling dicari oleh para penggemarnya.

1. Ikan Koki Mutiara

Jenis Ikan Koki Mutiara

pearlscale.weebly.com

Ikan koki mutiara ini memiliki keunikan tersendiri. Sesuai dengan namanya, tubuh ikan ini terlihat layaknya diselimuti oleh mutiara-mutiara nan cantik. Sebenarnya, yang terlihat seperti itu adalah sisiknya yang timbul dan berbentuk seperti mutiara.

Selain sisiknya, ikan ini juga memiliki keunikan lain. Bentuk tubuhnya yang bulat, mulutnya yang mungil, dan ekornya yang tipis dan melebar membuat ikan koki jenis ini semakin memikat hati para penggemarnya.

Ikan koki mutiara ini memiliki banyak pilihan warna yang pastinya sangat indah. Namun yang paling banyak diminati dan juga paling banyak beredar di pasaran antara lain adalah kombinasi merah-putih, kombinasi oranye-putih, berwarna marbel atau belang, berwarna merah keemasan, dan masih banyak lagi yang tak kalah cantik.

2. Ikan Koki Oranda

Jenis Ikan Koki Oranda

www.iazuriprofesionale.ro

Berbeda dengan ikan koki mutiara yang perutnya berbentuk bulat, ikan koki oranda justru memiliki benjolan bulat di atas kepalanya. Jika diperhatikan, ikan koki yang satu ini seperti seekor ikan yang sedang menggunakan wig. Benjolan di kepalanya itu disebut wen.

Ikan koki oranda ini sudah sangat mendunia. Hampir setiap negara menamai ikan koki jenis ini dengan sebutan yang berbeda. Di Jepang, ikan koki oranda dinamai shishigashira, sedangkan di China, ikan ini dikenal dengan sebutan hon mao tze.

Ikan koki oranda memiliki tubuh yang cenderung panjang dan besar. Ekornya yang memiliki empat rumbai mampu mencakup empat kali ukuran tubuhnya. Selain itu, sisiknya berwarna matte atau metalik seperti yang dimiliki dengan ikan koki jenis veiltail.

Aslinya, ikan koki oranda berwarna dasar merah atau oranye. Namun seiring kemajuan teknologi, ikan koki jenis ini mulai dikawin silangkan dengan ikan koki jenis lain. Karena itu, dihasilkanlah ikan koki oranda berwarana putih, hitam, biru, coklat, dan masih banyak lagi.

3. Ikan Koki Ranchu

Jenis Ikan Koki Ranchu

www.hobbykwekers.nl

Tak kalah dengan ikan koki jenis mutiara dan juga jenis oranda, ikan koki ranchu juga termasuk ikan koki yang paling membuat para pencintanya jatuh hati. Tubuhnya yang proporsional dan berkesan mewah membuat ikan koki jenis ini memiliki harga yang cukup tinggi.

Berbeda dengan kebanyakan jenis ikan koki lainnya, ikan koki ranchu ini tidak memiliki sirip di punggungnya. Selain itu, sirip dan ekor yang berada di tubuhnya lebih tebal dibandingkan dengan ikan koki jenis lain.

4. Ikan Koki Tosa

Jenis Ikan Koki Tosa

www.aquaforum.nl

Ikan koki tosa ini merupakan kerabat dekat dengan ikan koki jenis ryukin. Dari segi fisik, ikan koki tosa dengan ikan koki ryukin terlihat sangat mirip, yang membedakan keduanya hanyalah ekornya. Ekor ikan koki tosa ini lebih panjang dan lebar dibanding ekor ikan koki ryukin.

Soal harga, tentu sangat bergantung pada kualitas dan ukuran ikan koki yang satu ini. Untuk seekor ikan koki tosa yang kualitasnya biasa-biasa saja, harganya mungkin dimulai di angka 5.000 rupiah saja. Namun untuk yang berkualitas tinggi, ikan koki jenis ini bisa dihargai hingga jutaan rupiah.

5. Ikan Koki Black Moor

Jenis Ikan Koki Black Moor

www.wallpaper1080hd.com

Jika biasanya ikan koki berwarna cerah, ikan koki jenis black moor ini berbeda. Ikan koki black moor memiliki tubuh yang diselimuti oleh sisik berwarna hitam keemasan. Walaupun berwarna gelap, ikan koki black moor ini masih bisa mempertahankan kesannya yang menggemaskan sebagai ikan koki.

Mata ikan koki black moor sangat unik. Matanya besar dan sedikit menonjol keluar seperti ditempel dengan kelereng. Matanya ini juga menjadi salah satu alasan mengapa ikan koki jenis black moor ini termasuk ikan koki yang paling diminati para pencinta ikan hias.

***

Sekian informasi mengenai 5 jenis ikan koki yang paling banyak dicari penggemarnya.

Baca juga : 7 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik dan Paling Diminati

Leave a Reply