Jenis-Jenis Ikan Koi Termahal Sekaligus Tercantik di Dunia

Ikan koi (Cyprinus carpio L) merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki populeritas tertinggi di dunia. Dulunya, ikan koi ini hanyalah ikan jenis goldfish yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Setelah dilakukan eksperimen perkawinan silang antar goldfish, varietas-varietas ikan koi nan cantik pun bermunculan.

Sebelum dikawin silangkan dengan jenis goldfish lainnya, ikan koi ini dulunya termasuk ikan konsumsi. Ikan koi baru menjadi ikan hias setelah memiliki banyak jenis dan variasi corak yang luar biasa cantik.

Banyaknya jenis ikan koi yang dihasilkan dari perkawinan silang membuat ikan koi ini memiliki banyak penggemar dari seluruh dunia. Selain warnanya yang jernih dan cerah, coraknya pun sangat unik dan juga bervariasi. Karena itu, ikan koi ini menjadi salah satu ikan hias tercantik sekaligus terbaik di dunia ini.

Varietas dan jenis-jenis ikan koi ini dibedakan berdasarkan corak yang berada pada tubuhnya. Corak-corak unik yang menempel pada sisiknya tersebut membuat ikan ini terlihat begitu anggun dan berkesan mewah.

Harga ikan koi sangat bervariasi. Ikan koi ini ada yang dijual dengan harga yang sangat murah dan ada pula yang dijual dengan harga yang begitu tinggi. Itu semua karena harga tersebut sangat bergantung pada kualitas dan kesempurnaan corak yang dimiliki ikan koi. Sedikit saja terdapat kecacatan, harganya akan turun sangat drastis.

Ikan koi ini memiliki banyak sekali varietas. Secara umum, jenis ikan koi ini dibagi menjadi sepuluh jenis. Kesepuluh jenis tersebut kemudian dibagi menjadi beberapa varietas lagi.

Berikut ini merupakan beberapa jenis ikan koi termahal sekaligus tercantik di dunia yang tentunya sangat menarik untuk dipelihara.

1. Jenis Ikan Koi Utsurimono

Jenis Ikan Koi Utsurimono adalah ikan koi yang memiliki warna dasar yang berbeda-beda. Yang menjadi persamaan diantara varietas-varietas ikan koi utsurimono adalah coraknya yang sama-sama berwarna hitam.

Ikan koi utsurimono dibagi lagi menjadi beberapa varietas. Setiap sub varietas ikan koi utsurimono ini dibedakan berdasarkan warna corak yang dimilikinya. Varietasnya antara lain ikan koi shiro utsuri, ikan koi ki utsuri, dan ikan koi hi utsuri.

Jenis Ikan Koi Shiro Utsuri

www.duniaikanku.com

Ikan koi shiro utsuri adalah varietas ikan koi yang berwarna dasar putih dan coraknya berwarna hitam. Bagian kepala ikan koi shiro utsuri sering kali tak hanya terdiri atas satu warna saja. Biasanya, kepala ikan koi shiro utsuri ini memiliki warna perpaduan antara hitam dan putih.

Jenis Ikan koi Ki Utsuri

www.binatangpeliharaan.org

Ikan koi ki utsuri mempunyai warna dasar kuning dengan warna hitam sebagai coraknya. Corak yang dimiliki ikan koi ki utsuri sama dengan pola yang dimiliki oleh ikan koi shiro utsuri. Yang membedakannya hanyalah warna dasarnya saja.

Jenis Ikan Koi Hi Utsuri

ujli.finomdd.top

Ikan koi hi utsuri adalah jenis ikan koi yang mempunyai warna dasar oranye atau merah dengan warna hitam sebagai coraknya. Perpaduan warnanya sangat unik dan menarik. Anakan Ikan Koi Hi Utsuri biasanya berwarna oranye. Seiring pertumbuhannya, warnanya akan semakin gelap dan berubah menjadi merah.

2. Jenis Ikan Koi Gosanke

Ikan koi jenis Gosanke adalah ikan koi yang paling populer di dunia. Jumlahnya pun sangat banyak dan mudah ditemukan di kalangan para penggemar ikan hias.

Semua sub jenis dari ikan koi Gosanke ini memiliki warna dasar yang sama, yaitu putih. Coraknya tergolong sederhana dan tidak begitu rumit. Selain itu, ikan koi gosanke ini memiliki warna pola yang khas dan dimiliki oleh setiap sub jenis dari ikan koi ini. Warna pola tersebut adalah merah.

Ikan koi ini dibagi menjadi 3 sub jenis. Yang pertama adalah Kohaku, yang kedua adalah Sanke, dan yang ketiga adalah Showa.

Jenis Ikan Koi Kohaku

www.satwapedia.com

Ikan koi Kohaku memiliki 2 warna corak saja, yaitu merah dan putih. Pola merah disebut dengan istilah “Hi”. Ikan koi kohaku yang berkualitas tinggi adalah kohaku yang memiliki Hi yang tebal dan tepinya teratur. Selain itu, ikan Koi Kohaku yang berkualitas mempunyai pola yang seimbang dan tidak turun ke sekitar mata. Sisiknya pun harus berwarna putih salju dan pola warna merah yang pekat.

Jenis Ikan Koi Sanke

bismacenter.ning.com

Ikan koi Sanke merupakan hasil dari perkawinan silang antara ikan koi Kohaku dengan ikan koi Shiro Bekko. Ikan koi Sanke memiliki pola warna yang hampir mirip dengan ikan koi jenis Kohaku, yaitu warna merah dan putih. Yang membedakan kedua jenis ikan koi ini terdapat sedikit pola warna hitam di sepanjang punggung ikan koi Sanke yang tidak dimiliki oleh ikan koi kohaku. Ikan koi Sanke yang berkualitas adalah ikan koi sanke yang tidak memiliki warna hitam di kepalanya.

Jenis Ikan Koi Showa

www.duniaikanku.com

Ikan koi showa merupakan hasil perkawinan silang dari ikan koi Shiro Utsuri dengan Kohaku. Ikan koi jenis Showa ini memiliki 3 pola warna di seluruh tubuhnya. Ketiga pola tersebut adalah warna merah, hitam dan putih. Hampir mirip dengan ikan koi sanke, hanya saja warna hitamnya lebih banyak. Warna dasar ikan koi showa adalah putih.

3. Jenis Ikan Koi Bekko

Ikan koi bekko ini adalah ikan koi yang coraknya berwarna hitam. Coraknya juga sedikit berbeda dengan ikan koi lainnya. Ikan koi bekko ini coraknya cenderung lebih keci dan jumlahnya pun lebih sedikit ketimbang ikan koi jenis lainnya.

Ikan koi bekko juga dibagi lagi menjadi beberapa varietas, antara lain ikan koi shiro bekko, ikan koi ki bekko, ikan koi aka bekko, dan lain sebagainya. Pembagian varietas tersebut dibedakan berdasarkan warna dasarnya.

Jenis Ikan Koi Shiro Bekko

www.duniaq.com

Ikan koi shiro bekko mempunyai warna dasar putih dengan pola warna hitam di sisiknya. Pola hitam ini dikenal dengan sebutan Sumi. Pola tersebut harus seimbang dan mempunyai tepi tajam agar menjadi ikan koi shiro bekko yang berkualitas. Jenis ikan koi Shiro Utsuri dan Shiro Bekko ini hampir mirip karena memiliki pola dan warna dasar yang sama. Yang membedakannya hanyalah bentuk polanya. Ikan koi Shiro Utsuri memiliki pola warna hitam yang lebih besar hitam sedangkan pada Shiro Bekko lebih kecil dan jumlahnya sedikit.

Jenis Ikan Koi Ki Bekko

www.duniaq.com

Ikan koi ki bekko ini merupakan jenis ikan koi bekko yang mempunyai warna dasar kuning cerah atau keemas-emasan. Ikan koi Ki Bekko akan semakin berkualitas jika polanya seimbang dan mempunyai tepi yang tajam. Jenis ikan koi ki bekko merupakan jenis yang cukup sulit untuk didapatkan.

Jenis Ikan Koi Aka Bekko

abikoifarm.blogspot.com

Ikan koi aka bekko adalah jenis ikan koi yang mempunyai warna dasar merah dengan pola hitam kecil-kecil di atasnya. Warna hitam mempunyai spot yang indah dan menarik. Sedangkan warna merahnya adalah merah darah yang terlihat sedikit gelap. Namun biarpun berwarna merah gelap, ikan koi aka bekko ini sangat indah dipandang.

***

Selain ketiga jenis ikan koi di atas, ikan koi ini masih memiliki jenis-jenis lain yang tak kalah cantik. Maklum saja, ikan koi ini hasil perkawinan silang sehingga didapatlah banyak varietas yang sangat cantik dan unik.

Seperti itulah kurang lebih artikel tentang jenis ikan koi termahal sekaligus tercantik di dunia. Semoga bermanfaat.

Baca juga : 7 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik dan Paling Diminati

One Response

  1. Silvie Amelia May 11, 2017

Leave a Reply