Mengenal Jenis Ikan Gurame dan Bagaimana Cara Membudidayakannya

Ikan Gurame merupakan jenis ikan air tawar konsumsi dengan cita rasa yang tak ada duanya. Dagingnya sangat lembut lagi nikmat, sehingga kerap diolah menjadi berbagai jenis masakan, seperti ikan Gurame goreng, ikan Gurame cobek, ikan Gurame bakar, dan masih banyak lagi.

Perawakan ikan Gurame tidak terlihat berbeda jauh dengan kebanyakan jenis ikan. Tubuhnya pipih dan melebar, serta dapat tumbuh hingga ukuran yang cukup besar. Untuk seukuran ikan konsumsi, Gurame memang tergolong cantik, sehingga sering dipelihara sebagai ikan hias air tawar.

Di habitat aslinya, ikan Gurame biasa hidup di rawa-rawa, sungai, hingga perairan payau. Namun saat ini, sudah cukup banyak peternakan khusus ikan Gurame guna membudiyakannya agar senantiasa memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat.


Baca Juga Artikel “Jenis Ikan Laut Konsumsi“.


Jenis-jenis Ikan Gurame

Jenis-jenis Ikan Gurame

Sumber: Wikipedia

Mungkin kebanyakan dari kita masih mengira bahwa ikan Gurame yang biasa dikonsumsi hanya itu-itu saja. Padahal, variasi jenis ikan Gurame cukup beragam. Untuk itu, sebelum membahasnya lebih dalam, mari kita kenali dulu jenis-jenis ikan Gurame yang biasa dikonsumsi. Berikut pembahasannya.

#1. Jenis Ikan Gurame Soang

Ikan Gurame Soang merupakan jenis Gurame unggul dan cocok untuk dibudidayakan. Itu dikarenakan pertumbuhannya yang lebih cepat daripada jenis ikan Gurame lainnya. Selain itu, ikan Gurame Soang juga dapat menghasilkan 3.000 sampai 5.000 butir dalam sekali bertelur.

Ikan Gurame jenis ini memiliki tubuh yang memanjang dengan daging yang tebal. Dahinya menonjol serta bibirnya terbilang tebal, itulah mengapa ia disebut Gurame Soang (Angsa). Ia juga dapat tumbuh besar hingga mencapai bobot 8 kg dengan panjang sekitar 65 cm.

#2. Jenis Ikan Gurame Kapas

Ikan Gurame Kapas identik dengan warna khasnya yang berwarna putih kekuningan atau putih kemerahan. Ia berbeda dari jenis ikan Gurame kebanyakan yang cenderung berwarna kehitaman. Namun soal rasa dan manfaat, ia tidak kalah dari jenis ikan Gurame lainnya.

Ikan Gurame Kapas dewasa dapat memiliki berat sekitar 1,5 kg. Untuk mencapai berat 1 kg, ikan Gurame Kapas biasanya membutuhkan waktu sekitar 13 bulanan. Dalam sekali bertelur, jumlah telurnya biasanya mencapai 3.000 butir.

#3. Jenis Ikan Gurame Jepang

Jenis ikan Gurame selanjutnya adalah ikan Gurame Jepang, Gurame Jepun, atau biasa disebut juga Gurame Purwokerto. Di Indonesia sendiri, ikan Gurame jenis ini memang berasal dari Purwokerto, Jawa Tengah, sehingga dinamai menggunakan daerah asalnya.

Perawakannya terbilang kecil untuk seukuran ikan Gurame. Saat dewasa, jenis ikan Gurame yang satu ini biasanya hanya memiliki panjang tubuh sekitar 45 cm saja, sedangkan beratnya sekitar 3 sampai 4 kg. Ikan Gurame Jepang bisa menghasilkan 2.000 hingga 3.000 butir saat bertelur.

#4. Jenis Ikan Gurame Paris

Ikan Gurame Paris juga termasuk jenis ikan Gurame yang tidak berkulit hitam. Tubuhnya terbilang cantik, dengan warna merah muda atau oranye yang cenderung memudar. Karena kecantikannya, ikan Gurame jenis ini tak jarang dipelihara sebagai ikan hias.

Biasanya, berat maksimal dari jenis ikan Gurame Paris hanya sekitar 1,5 kg saja. Namun, ia sangat subur karena dapat menghasilkan banyak keturunan dalam sekali bertelur. Jumlah telurnya dapat mencapai 5.000 hingga 6.000 butir.

#5. Jenis Ikan Gurame Bastar

Jenis ikan Gurame lain yang popularitasnya cukup tinggi di kalangan pembudidaya adalah ikan Gurame Bastar. Ia dikenal sebagai ikan Gurame pedaging karena perawakannya yang besar. Selain itu, ikan Gurame jenis ini juga diminati karena pertumbuhannya yang cepat.

Berat badan ikan Gurame Bastar dapat mencapai 6 sampai 9 kg per ekornya. Tentu sangat memuaskan untuk dimanfaatkan dagingnya yang lezat nan lembut itu. Dalam sekali bertelur, jumlah telur jenis ikan Gurame ini berjumlah sekitar 4.000 hingga 4.500 butir.

 

 

Leave a Reply