Harga 7 Jenis Ikan Guppy Tercantik yang Akan Mempercantik Akuarium Kamu

Ikan guppy merupakan salah satu ikan hias air tawar yang paling populer di kalangan para penggemar ikan hias. Dilihat dari bentuk dan ukurannya, ikan guppy ini sekilas hampir sama dengan ikan cupang.

Ukuran ikan guppy kira-kira hanya sebesar ibu jari orang dewasa saja. Tubuhnya yang sangat kecil ini membuat perawatan ikan guppy ini bisa dibilang cukup mudah. Makan dan tempat penyimpanannya pun bisa lebih hemat dibanding dengan ikan hias air tawar lainnya.

Sebenarnya, ikan guppy ini termasuk jenis ikan liar. Tak jarang hampir di setiap saluran pembuangan air atau sungai-sungai ikan guppy ini masih bisa kita jumpai. Ikan ini mulai menjadi ikan hias sejak dikawinsilangkan dengan ikan hias lainnya, sehingga warna serta corak ikan ini semakin bervariasi dan kemudian terbentuklah varietas-varietas atau jenis ikan guppy hias.

Jenis ikan guppy sangat bervariasi. Semakin menarik warna dan corak yang berada di tubuh ikan guppy, harganya pun akan semakin mahal. Biasanya, penamaan jenis-jenis ikan guppy sering kali terinspirasi dari corak atau daerah asal ikan ini.

Jenis Jenis Ikan Guppy Tercantik di Dunia

1. Ikan Guppy Cobra

Jenis Ikan Guppy Cobra

oihar.blogspot.com

Ikan guppy jenis cobra ini termasuk jenis guppy yang umum dan banyak ditemui di toko-toko ikan hias. Ikan guppy jenis ini dinamakan Guppy Cobra karena di seluruh bagian tubuhnya, dimulai dari ekor sampai badannya, terdapat corak seperti sisik ular cobra.

Warna tubuh ikan guppy cobra ini merupakan kolaborasi antara warna hitam dengan warna merah. Bagian badannya lebih didominasi oleh warna hitam, sedangkan warna merah terletak di sirip dan sisi-sisi ekornya.

2.Ikan Guppy Metalic

Jenis Ikan Guppy Metalic

guppy.pro

Sesuai dengan penamaannya, ikan guppy jenis metalik ini memiliki warna dasar yang merujuk pada warna biru atau abu-abu gelap yang terlihat mengkilap. Ikan guppy jenis metalik ini merupakan salah satu jenis ikan guppy yang hanya memiliki satu warna saja di tubuhnya.

3. Ikan Guppy Japan Blue

Jenis Ikan Guppy Japan Blue

farm4.staticflickr.com

Ikan guppy jenis japan blue adalah ikan guppy liar yang berasal dari Jepang. Sesuai dengan namanya, ikan guppy japan blue ini memiliki warna sisik biru langit cerah. Warna ini biasanya mempunyai gradasi dari warna ungu ke turquoise.

Selain berwarna biru langit, ikan guppy japan blue memiliki corak berbentuk bintik-bintik hitam di tubuhnya. Kebanyakan dari bintik tersebut berada di bagian sirip dan ekornya.

4. Ikan Guppy Blue Moscow

Jenis Ikan Guppy Blue Moscow

www.tropical-fish-keeping.com

Ikan guppy jenis blue moscow adalah ikan guppy yang berasal dari Rusia, tepatnya di daerah Moscow. Sama seperti ikan guppy jenis japan blue, ikan guppy blue moscow juga berwarna dasar biru. Namun warna biru yang dimiliki ikan guppy jenis blue moscow ini cenderung lebih cerah dan menyala. Tentunya lebih berkesan mewah.

Selain berwarna biru, ada beberapa yang memiliki kelainan pada pigmennya. Ikan guppy blue moscow yang memiliki kelainan pada pigmennya biasanya berwarna biru muda atau bahkan albino.

5. Ikan Guppy Snakeskin

Jenis Ikan Guppy Snakeskin

www.tropical-fish-keeping.com

Ikan guppy snakeskin bisa diartikan sebagai ikan guppy kulit ular. Ikan guppy jenis snakeskin ini adalah ikan guppy yang mempunyai corak seperti sisik ular.

Namun sedikit berbeda dengan ikan guppy jenis cobra. Corak ikan guppy jenis snakeskin hanya terdapat pada bagian tubuhnya saja. Sedangkan di bagian ekornya hanya memiliki satu warna saja, yaitu kemerah-merahan.

6. Ikan Guppy Mozaic

Jenis Ikan Guppy Mozaic

hdimagelib.com

Seperti namanya, ikan guppy mozaic ini mempunyai corak mozaic di bagian ekornya. Corak ini cenderung teratur dan berbentuk garis di ekornya. Pangkal ekor ikan guppy jenis mozaic ini biasanya berwarna biru.

7. Ikan Guppy Grass Blue

Jenis Ikan Guppy Grass Blue

www.tropical-fish-keeping.com

 

Ikan guppy jenis grass blue ini dinamakan grass blue karena ekornya terlihat seperti rumput yang berwarna biru. Warna biru pada bagian ekornya ini kemudian dihiasi dengan bintik-bintik kecil berwarna hitam.

Harga Ikan Guppy Tercantik di Dunia

Harga Ikan Guppy Tercantik

www.aquascapingworld.com

Harga ikan guppy sangat bervariasi dan selisihnya bisa sangat drastis. Ada ikan guppy yang harganya masih terjangkau bagi semua orang dan ada pula yang berharga hingga ratusan ribu rupiah. Semua itu dikarenakan kualitas ikan guppy yang berbed-beda.

Untuk ikan guppy kualitas rendah, harganya berada di kisaran 5 sampai 10 ribu rupiah saja per ekornya. Untuk ikan guppy kualitas menengah hargany berkisar di angka 20 hingga 50 ribu rupiah setiap ekornya. Sedangkan, untuk ikan guppy dengan kualitas tinggi, harganya dimulai di angka 100 hingga 350 ribu per ekornya.

***

Begitulah kira-kira informasi tentang harga 7 jenis ikan guppy tercantik yang ada di dunia ini. Walau bagaimana pun, kecantikan ikan guppy ini akan selalu memperindah tampilan akuarium yang kamu miliki.

Baca juga : 7 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik dan Paling Diminati

Leave a Reply