Inilah Harga Jenis-Jenis Ikan Discus Termahal dan Tercantik di Dunia

Ikan discus merupakan salah satu ikan paling populer di kalangan penggemar ikan hias. Ikan ini memiliki tubuh yang ramping dan cantik. Setiap varietas atau jenis-jenis dari ikan discus ini memiliki pola corak serta warna yang berbeda-beda.

Semakin rumit corak yang dimiliki oleh ikan discus ternyata membuat ikan discus ini tampil lebih cantik. Karena itu, semakin rumit corak yang dimiliki oleh ikan discus mampu meningkatkan harga jual ikan discus tersebut.

Ikan discus ini bernama latin Symphysodon discus. Nama discus sendiri terinsipirasi dari sebuah kepingan CD (Disk). Ikan discus ini masih memiliki hubungan kekerabatan dengan genus Symphysodon dan Cichlidae.

Ikan discus dulunya berasal dari sungai Amazon di negara Brazil. Namun seiring bertambahnya waktu, peminatnya pun semakin bertambah. Karena itu, mulai lah para pencinta ikan hias membudidayakan ikan discus ini, termasuk di Indonesia.

Ikan discus memiliki banyak jenis (varietas). Yang menjadi pembeda diantara banyaknya varietas atau jenis ikan discus adalah pola warna yang ada pada tubuhnya. Keunikan lain yang cukup menarik pada ikan discus ini adalah garis-garis tubuh yang melintang dari ujung ekor sampai kepalanya. Karena itu, ikan discus sangat cocok dipelihara di dalam akuarium.

Baca juga : Ikan Black Ghost, Si Hantu Cantik Penghias Akuarium

Jenis Ikan Discus Termahal dan Tercantik di Dunia :

1. Ikan Discus Angel Blue Diamond

Jenis Ikan Discus Angel Blue Diamond

forum.simplydiscus.com

Ikan discus Angel Blue Diamond adalah salah satu jenis ikan discus tercantik di dunia. Warna biru cerah dan polos pada sisiknya membuat ikan discus jenis angel blue diamond ini terlihat begitu menawan. Warna biru yang dimiliki oleh ikan discus angel blue diamond tersebut terlihat seperti warna biru pada telur bebek (warna biru keputih-putihan).

Harga dan kualitas ikan discus jenis angel blue diamond ini akan semakin bertambah jika warna sisiknya itu semakin terlihat cerah dan seolah-olah bercahaya.

2. Ikan Discus Gold Yellow Diamond

Jenis Ikan Discus Gold Yellow Diamond

syahrullucy.blogspot.com

Ikan Discus Gold Yellow Diamond juga termasuk jenis ikan discus dengan warna tubuh tercantik di dunia. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, ikan discus gold yellow diamond ini merupakan jenis ikan discus yang mempunyai warna kuning keemasan.

Tubuh ikan discus jenis gold yellow diamond ini dipercantik lagi dengan sedikit corak batik berwarna putih di bagian siripnya. Selain di bagian siripnya, corak batik tersebut juga terlihat di bagian sekitar matanya.

3. Ikan Discus Marlboro Red

Jenis Ikan Discus Marlboro Red

urun.gittigidiyor.com

Tak kalah dengan ikan discus jenis angle blue diamond dan jenis gold yellow diamond, ikan Discus Marlboro Red juga termasuk jenis ikan discus tercantik dan sangat diminati di kalangan para pencinta ikan hias.

Ikan discus marlboro red ini merupakan jenis ikan discus yang sisiknya berwarna oranye atau kemerah-merahan. Sisiknya yang berwarna cerah itu nampak seperti menyala. Selain itu, ada sedikit warna merah yang menyala juga di sekitar sirip-siripnya.

Sama seperti ikan discus jenis gold yellow diamond, ikan discus jenis marlboro red ini memiliki sedikit corak batik berwarna putih di bagian sirip dan juga di sekitar matanya. Namun di bagian ekornya berwarna hitam dan sedikit transparan.

4. Ikan Discus Red Ribbon

Jenis Ikan Discus Red Ribbon

www.binatangpeliharaan.org

Warna tubuh ikan discus jenis red ribbon ini merupakan perpaduan antara merah dan kuning. Jenis ikan discus ini juga dihiasi dengan corak batik berwarna putih yang hampir mencakup seluruh bagian tubuhnya. Corak batik yang dimiliki ikan discus jenis red ribbon ini terlihat cenderung lebih memanjang seperti oval.

5. Ikan Discus Pearl Pigeon

Jenis Ikan Discus Pearl Pigeon

.binatangpeliharaan.org

Ikan Discus Pearl Pigeon memiliki warna dasar putih. Warna putih tersebut kemudian dihiasi dengan corak batik berbentuk bintik-bintik kecil yang hampir mencakup seluruh tubuhnya. Corak batik yang dimiliki ikan discus jenis pearl pigeon tersebut berwarna pink.

Berbeda dengan corak yang dimiliki ikan discus jenis red ribbon yang berbentuk seperti oval. Corak batik yang dimiliki ikan discus jenis pearl pigeon ini berbentuk bulatan-bulatan sembarang.

Bagian kepala ikan discus jenis pearl pigeon ini berwarna oranye. Perpaduan warna-warna yang dimiliki ikan discus jenis pearl pigeon tersebut sangat cocok bagi kaum hawa yang merupakan penggemar berat ikan hias akuarium, sangat recommended.

6. Ikan Discus Checker Board Pigeon

Jenis Discus Checker Board Pigeon

http://albertaaquatica.com

Ikan Discus Checker Board Pigoen ini memiliki warna dasar putih kebiru-biruan. Warna putih kebiru-biruan tersebut kemudian dihiasi dengan corak batik berwarna merah. Corak batik berwarna merah tersebut berbentuk garis-garis sembarang dan tak beraturan. Walaupun tak beraturan, justru ikan discus jenis checker board pigeon ini terlihat sangat cantik.

Baca juga : 5 Jenis Ikan Koki Inilah yang Paling Dicari Penggemarnya

***

Harga Ikan Discus Termahal dan Tercantik di Dunia

Harga Ikan Discus Termahal dan Tercantik

www.hdwallpapersact.com

Untuk harga seekor ikan discus ini tergantung pada jenis, kualitas, dan ukurannya. Selain itu, warna dan pola batik yang dimiliki ikan discus ini juga sangat mempengaruhi harganya. Semakin cerah warnanya, dan semakin rumit pola batik yang dimilikinya, ikan discus ini akan berharga semakin mahal pula.

Biasanya, untuk seekor anakan (bibit) ikan discus ini hanya dihargai di kisaran angka 2.000 hingga 10.000 rupiah saja. Namun untuk ikan discus dewasa, harganya dimulai di angka 20.000 dan bisa mencapai ratusan ribu rupiah per ekornya.

Baca juga : Cantiknya 5 Jenis Ikan Arwana Termahal di Dunia

***

Seperti itulah kira-kira informasi mengenai harga jenis-jenis ikan discus termahal dan tercantik di dunia. Masih banyak lagi jenis-jenis ikan discus yang ada di dunia ini. Namun, jenis-jenis lainnya kebanyakan tidak secantik dan seanggun keenam jenis ikan discus di atas.

Baca juga : 7 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik dan Paling Diminati

 

10 Comments

  1. Jenis Discus March 4, 2016
    • shiddieq March 5, 2016
  2. Blog sekolah April 11, 2016
  3. Gayahidupku.com May 26, 2016
  4. Budi Hart June 21, 2016
    • shiddieq June 21, 2016
  5. fadhra August 4, 2016
    • shiddieq August 5, 2016
  6. jajang jaelani November 10, 2016
    • Kuya Hejo November 10, 2016

Leave a Reply