Melihat Kecantikan Jenis-Jenis Ikan Cupang Paling Populer di Kalangan Breeder

Kebanyakan orang tentu sudah mengenal jenis ikan yang satu ini. Ya, ikan cupang namanya. Selain dikenal sebagai ikan hias yang amat cantik, ikan cupang juga sering dijadikan ikan aduan karena karakternya yang bisa dibilang sangat agresif.

Sama seperti halnya ikan-ikan lain, ikan Cupang ini juga memiliki nama latinnya sendiri, yakni Betta sp. Oleh karena itu, terkadang banyak pula orang-orang penggemar ikan hias yang memanggil ikan hias jenis ini dengan nama Betta.

Ikan cupang merupakan jenis ikan yang banyak ditemukan di perairan yang tenang atau bahkan tergenang. Sawah, rawa-rawa, kolam, dan sejenisnya menjadi tempat favorit bagi ikan cupang untuk dijadikan tempat tinggalnya.

Pada awalnya, ikan cupang ini sudah tersebar di beberapa perairan Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan masih banyak lagi. Namun karena kepopulerannya, ikan cupang ini sudah banyak menyebar ke berbagai penjuru dunia.

Jenis Ikan Cupang Paling Populer

Jenis Ikan Cupang Paling Populer

wallpaperfolder.com

Jenis atau varietas ikan cupang sendiri sangat beragam. Banyak di antara varietas ikan cupang yang memiliki tubuh begitu indah, baik karena ekor dan siripnya yang menggebyar, warnanya yang cerah, corak-coraknya yang unik, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, jenis-jenis ikan cupang yang ada bisa digolongkan menjadi 3 kelompok. Penggolongan tersebut antara lain yaitu ikan cupang hias, ikan cupang aduan, dan yang terakhir adalah ikan cupang liar.

Untuk pembahasan lebih spesifik mengenai tiap-tiap jenis ikan cupang, berikut ini merupakan beberapa jenis ikan cupang yang ada di dunia.

1. Jenis Ikan Cupang Crown Tail (Serit)

Jenis Ikan Cupang Crown Tail (Serit)

bancabetta.com

Ikan Cupang Crown Tail atau yang lebih dikenal dengan nama ikan Cupang Serit termasuk salah satu jenis ikan cupang yang paling populer dan sangat cantik. Nama Crown Tail sendiri terinspirasi dari ekornya yang menyerupai sebuah mahkota.

Corak serta perpaduan warna yang melekat pada tubuh cantiknya ini berbeda-beda. Banyak jenis ikan cupang crown tail ini yang berwarna merah, putih, hitam, biru, kuning, bisa pula memiliki perpaduan antara beberapa warna dan lain sebagainya.

Karena perpaduan warna dan corak yang berbeda-beda, harga ikan cupang ini tentu berbeda pula karena bergantung pada kualitas ikan cupang Crown Tail itu sendiri. Harga seekor ikan Cupang Crown Tail biasanya berkisar antara 5 hingga 3 ratus ribu rupiah.

2. Jenis Ikan Cupang Double Tail (Cagak)

Jenis Ikan Cupang Double Tail (Cagak)

www.fishlore.com

Ikan Cupang Double Tail ini dikenal juga dengan nama ikan Cupang Cagak. Ciri khas dari ikan Cupang Double Tail ini adalah bagian ekornya yang terbagi menjadi 2 bagian layaknya cagak (bercabang dua).  Karenanya ikan ini dinamakan ikan Cupang Cagak atau Double Tail yang berarti bercabang.

Untuk mendapatkan seekor ikan Cupang Double Tail ini diperlukan kocek dalam kisaran antara 10 hingga 300 ribu rupiah tergantung pada kualitasnya. Namun sayangnya, ikan ini cukup jarang berada di pasaran karena perawatannya yang terbilang sulit.

3. Jenis Ikan Cupang Halfmoon

Jenis Ikan Cupang Halfmoon

www.haustier-anzeiger.de

Persis seperti namanya, ikan Cupang Halfmoon ini berbentuk layaknya seperti setengah bulan. Jika diperhatikan, ikan Cupang Halfmoon ini hampir serupa dengan ikan Cupang Double Tail (Cagak), hanya saja ikan Cupang Halfmoon tidak berekor terbelah.

Keindahan gerakannya ketika menggerak-gerakkan ekornya menjadikan ikan Cupang Halfmoon ini amat diminati. Selain itu, ikan Cupang Halfmoon ini juga memiliki varian warna yang sangat beragam, dimulai dari putih, merah, hitam, kuning, dan warna-warna lainnya.

Sama halnya dengan kebanyakan ikan Cupang lainnya, ikan Cupang Halfmoon ini juga memiliki harga yang tak berbeda jauh. Harganya berkisar antara 5 ribu hingga 300 ribu rupiah. Semakin bagus kualitas yang dimilikinya, semakin mahal pula harga yang diberikan.

4. Jenis Ikan Cupang Giant (Raksasa)

Jenis Ikan Cupang Giant (Raksasa)

www.fishlore.com

Secara keseluruhan, ikan Cupang Giant ini memiliki bentuk, warna, corak, yang biasa saja dan tak jauh berbeda dengan ikan Cupang jenis lainnya. Yang menjadi keunikan dari ikan Cupang Giant ini adalah ukuran tubuhnya yang terbilang raksasa untuk ukuran seekor ikan Cupang.

Ukuran tubuh ikan Cupang Giant ini bisa mencapai hingga 3 kali ukuran tubuh ikan Cupang pada umumnya. Karena itulah ikan Cupang jenis ini dinamakan Giant yang berarti raksasa. Ikan Cupang Giant ini berasal dari Thailand.

Karena ukuran tubuhnya yang terbilang sangat besar, kisaran harga untuk mendapatkan ikan Cupang jenis Giant ini juga lebih mahal dari ikan Cupang jenis lainnya. Harganya berkisar di angka 50 ribu hingga 5 ratus ribu rupiah.

5. Jenis Ikan Cupang Plakat (Laga)

Jenis Ikan Cupang Plakat (Laga)

www.pinterest.com

Mungkin bagi sebagian orang, ikan Cupang Plakat ini tidak begitu menarik. Pasalnya, ikan Cupang jenis Plakat ini memiliki bentuk tubuh dan sirip yang biasa saja. Bahkan ada pula ikan Cupang jenis ini yang terlihat pendek dan mirip dengan ikan cere.

Namun, ikan Cupang jenis ini memiliki karakter yang ganas dan agresif, baik terhadap sesamanya atau dengan jenis ikan lainnya. Karenanya, ikan Cupang Plakat sering dijadikan sebagai Cupang aduan atau petarung. Itulah mengapa ikan Cupang ini disebut ikan Cupang Laga.

Untuk meningkatkan keagresifan serta skill dalam bertarung, para pemelihara tak jarang memberikan asupan-asupan tambahan bagi ikan Cupang Plakat ini. Harganya sendiri berkisar antara 5 ribu hingga 300 ratus ribu rupiah.

***

Itulah pembahasan sekilas mengenai jenis-jenis ikan cupang beserta harganya. Semoga bermanfaat. Sekedar tambahan, jika anda ingin mendapatkan berbagai informasi dengan lengkap, yuk kunjungi web satu jam.

Leave a Reply