Cantiknya 5 Jenis Ikan Arwana Termahal di Dunia

Ikan arwana (Scleropages sp) ini adalah salah satu jenis ikan hias yang hidup di air tawar. Ikan arwana tergolong ikan hias yang berukuran besar. Seekor ikan arwana dewasa kebanyakan memiliki panjang sekitar 80 cm hingga 100 cm.

Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling diminati di kalangan para pencinta ikan hias. Dengan ciri khasnya yaitu sisik yang relatif besar dan berkilauan itu, ikan ini semakin terlihat anggun dan cantik.

Ikan arwana ini ternyata memiliki banyak nama. Selain dikenal dengan istilah “arwana”, ikan ini juga dikenal dengan istilah “ikan naga”. Tentu saja, hal itu dikarenakan tubuhnya yang hampir mirip dengan naga di cerita-cerita masyarakat China. Selain ikan naga, ikan hias yang satu ini juga dikenal dengan sebutan ikan siluk, ikan kalikasi, ikan kelasa, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, arwana termasuk jenis ikan yang sudah hidup dari zaman purba kala. Ikan ini masih sanggup mempertahankan spesiesnya di dunia hingga saat ini. Namun jumlahnya sudah semakin berkurang seiring berjalannya waktu karena penjualannya yang terlalu bebas dan memiliki banyak peminat. Bahkan diantaranya sudah berstatus sebagai “hewan langka”.

Soal harga, tentunya sangat bergantung pada kualitas dan jenis ikan ini. Harganya bisa berkisar di skala jutaan rupiah per ekornya. Semakin berkualitas jenis dan semakin cantik fisiknya, harga ikan arwana ini bisa semakin mahal.

Berikut ini adalah 5 jenis ikan arwana termahal yang ada di dunia :

1. Jenis Ikan Arwana Super Red

jenis ikan arwana super red

animals-library.blogspot.com

Ikan arwana super red adalah salah satu jenis ikan arwana yang berasal dari Indonesia, tepatnya di provinsi Kalimantan Barat. Mayoritas ikan arwana jenis super red ini tersebar di danau Sentarum dan juga di sungai Kapuas.

Ikan arwana jenis super red ini termasuk ikan arwana paling diminati di dunia. Karena itulah banyak orang yang mengembangbiakan ikan arwana jenis ini.

Jika dilihat berdasarkan warnanya, ikan arwana jenis super red dibagi lagi menjadi tiga varietas. Yang pertama adalah merah darah atau blood red, yang kedua adalah merah cabai atau chili red, dan yang terakhir adalah merah oranye atau orange red.

Keempat varietas tadi merupakan jenis arwana merah tertinggi atau bisa dibilang tingkat pertama. Karenanya, ikan arwana jenis ini dinamai ikan arwana super red yang berarti sangat merah. Dan itupun berlaku bagi varietas orange red yang warnanya tidak sepekat blood red dan chili red.

Ketika berukuran kira-kira 25 cm, ikan arwana super red ini sudah mulai menampakkan ringnya, namun warna merah belum bisa terlihat. Warna merah akan baru terlihat ketika ikan arwana jenis ini berumur 3-4 tahun. Warna merah itupun akan menjalar di sekujur tubuhnya, termasuk sirip, ekor, bahkan sungutnya.

Untuk harga, ikan arwana jenis ini berkisar di angka 6 jutaan hingga ratusan juta rupiah. Karena itulah ikan arwana super red ini menduduki peringkat pertama sebagai ikan arwana termahal di dunia.

2. Jenis Ikan Arwana Cross Back Golden / X Back Golden

jenis ikan arwana cross back golden

velarowana.blogspot.com

Dari Indonesia, sekarang kita beralih ke negara tetangga. Ikan arwana jenis cross back golden atau biasa dikenal dengan sebutan X back golden ini berasal dari negara Malaysia. Ikan arwana ini merupakan salah satu varietas dari jenis arwana golden yang berarti arwana berwarna emas.

Sesuai dengan jenis dan juga namanya, ikan arwana jenis ini cenderung berwarna keemasan. Selain itu, di bagian punggungnya menjalar warna hitam. Itu lah mengapa ikan ini diberi nama X back.
Walaupun cenderung berwana keemasan, ikan ini ternyata memiliki warna-warna dasar yang bermacam-macam. Warna dasar pada varietas arwana ini antara lain adalah blue base, purple base, silver base, dan yang terakhir tentunya gold base.

3. Jenis Ikan Arwana Golden Red / Red Tail Golden

jenis ikan arwana golden red

www.21food.com

Kembali lagi ke negara Indonesia, ikan arwana golden red atau ikan arwana red tail golden ini berasal dari Pekan Baru – Sumatera. Karakter ikan arwana jenis ini sangat agresif, bahkan lebih agresif dari ikan arwana jenis cross black golden.

Warna dasar ikan arwana jenis golden red ini bermacam-macam. Mulai dari blue base, kemudian green base, dan ada pula yang berwarna gold base. Hampir mirip dengan ikan arwana jenis cross black golden.

Berbeda dengan ikan arwana pada umumnya, ikan arwana jenis golden red ini memiliki kekurangan dari segi warna sisiknya. Warna sisiknya yang indah itu ternyta tidak menutupi seluruh tubuhnya. Kalau diperhatikan, warna khas ikan arwana di jenis ini hanya mencakup 4 tingkatan sisik jika dihitung dari bagian bawahnya. Namun sepertinya hal itu justru menambah keunikan dan daya tarik tersendiri bagi pencintanya.

Harga ikan arwana jenis ini tidak semahal ikan arwana jenis super red. Untuk seekor ikan arwana golden red dewasa dihargai di kisaran angka 4 juta rupiah ke atas.

4. Jenis Ikan Arwana Silver

jenis ikan arwana silver

www.fishlore.com

Jenis ikan arwana silver ini dikenal juga dengan sebutan ikan arwana brazil. Sesuai dengan namanya, ikan arwana jenis ini berasal dari Brazil, Amerika Selatan. Namun saat ini, ikan arwana silver ini sudah menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia.

Dari segi fisik, ikan arwana silver terlihat sedikit berbeda dari ikan arwana jenis lainnya. Bentuk punggungnya sangat datar. Tubuh dan siripnya juga cenderung lebih panjang.

Selain itu, sisik ikan arwana jenis ini pun berwarna silver cerah. Sangat berbeda dengan arwana pada umumnya yang berwarna lebih gelap. Namun semua itu tidak menurunkan kesan yang dimiliki ikan arwana sebagai ikan hias kelas atas.

Harga ikan arwana silver ini memang lebih murah ketimbang ikan arwana jenis lainnya. Namun biarpun begitu, harganya masih belum bisa dibilang murah. Harga seekor ikan arwana silver dewasa saja dimulai di angka 2 juta rupiah. Memang bukan harga yang diperuntukan bagi semua kalangan.

5. Jenis Ikan Arwana Hijau

jenis ikan arwana hijau

duniaq.com

Sesuai dengan namanya, arwana hijau ini memiliki sisik berwarna hijau keperak-perakan. Berbeda dengan ikan arwana jenis lain, ikan arwana ini tidak memiliki ring di sisiknya. Namun warnanya yang cerah ini tetap mampu menarik perhatian para pencinta ikan arwana.

Ikan arwana hijau ini tersebar di beberapa negara di benua Asia seperti Indonesia (Kalimantan), Myanmar, Malaysia, Kamboja, dan Thailand.

Selain disebut arwana hijau, ikan arwana jenis ini juga memiliki beberapa nama lain. Ada yang menyebutnya green arwana, arwana pino, dan juga golden pino.

Harga ikan arwana hijau ini tentunya bergantung pada kualitas dan kondisi fisiknya. Untuk seekor anakan ikan arwana jenis ini dihargai sekitar 250.000 rupiah atau bahkan lebih. Namun untuk ikan arwana hijau dewasa harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Tak jauh berbeda dengan arwana jenis lain.

***

Itulah kelima jenis ikan arwana termahal di dunia. Walaupun harganya bisa dibilang sangat tinggi, namun keanggunan dan kecantikan dari ikan arwana yang luar biasa ini bisa menggantikan semua itu dan menggantinya dengan kepuasan tersendiri. Apalagi bagi mereka kaum pencinta arwana.

Baca juga : 7 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik dan Paling Diminati

One Response

  1. Pusat Motor Indonesia June 4, 2016

Leave a Reply