50 Jenis dan Pengertian Phobia Aneh Sekaligus Unik yang Dimiliki Manusia di Dunia Ini

Setiap orang terkadang memiliki hal-hal unik dan aneh dalam dirinya, termasuk phobia. Lalu, apa phobia itu? Untuk itu, artikel ini akan merangkum pengertian phobia beserta 50 jenis phobia yang dimiliki oleh manusia. Dimulai dari phobia yang wajar, sampai phobia yang aneh dan jarang dimiliki orang lain.

Pengertian Phobia

Pengertian Phobia

pickywallpapers.com

Pada dasarnya, phobia merupakan sebuah perasaan takut yang tidak sewajarnya dengan sebuah objek dalam bentuk materi, kondisi, atau keadaan. Ketika orang tersebut mengalami phobia, ia akan cenderung berusaha sebisa mungkin agar menjauh dari objek yang ia takuti. Berbeda dengan ketakutan yang masih dalam konteks normal, penderita phobia akan merasakan ketakutan yang sangat berlebihan.

Phobia disebabkkan karena faktor biologis yang dimiliki seseorang. Misalnya seperti aliran darah atau metabolisme di dalam otak yang tiba-tiba meningkat. Selain itu, penyebab lain phobia adalah karena adanya bagian yang tidak normal di struktur otaknya. Namun, para ahli psikolog sepakat bahwa phobia yang paling sering terjadi adalah phobia yang diakibatkan oleh kejadian traumatis dan membekas di pikirannya.

50 Jenis Phobia, Baik Phobia yang Normal Maupun Phobia yang Aneh

1. Achluophobia

Jenis Phobia Gelap

pixabay.com

Achluophobia adalah phobia terhadap ruangan atau lingkungan yang gelap. Penderita phobia gelap ini ternyata tidak hanya dialami oleh anak kecil saja, tak jarang banyak orang dewasa yang juga takut phobia dengan kegelapan.

Mereka yang mengidap phobia gelap ini pastinya akan sangat ketakutan jika ditinggalkan di dalam sebuah tempat yang gelap sendirian, apalagi jika tempat tersebut sangat sepi. Bahkan dalam beberapa kasus, mereka bisa sampai pingsan jika berada di tempat gelap dan sepi tersebut.

2. Acrophobia

Jenis Phobia Ketinggian

architizer.com

Phobia yang satu ini juga merupakan jenis phobia yang cukup sering dialami masyarakat. Acrophobia merupakan phobia atau rasa takut yang berlebihan ketika berada di tempat-tempat yang tinggi.

Istilah acrophobia ini diambil dari bahasa Yunani, yaitu Akron yang berarti puncak dan Phobos yang berarti takut. Dari penggabungan kedua istilah asing tersebut, acrophobia dapat disimpulkan sebagai rasa takut yang tidak wajar terhadap ketinggian.

Persentase penderita phobia ini diperkirakan sebesar 3-5 persen penghuni dunia ini. Selain itu, phobia ini sering kali dialami oleh wanita dibanding pria, sehingga jumlah wanita penderita acrophobia berjumlah 2 kali lebih banyak dari pria.

3. Agoraphobia

Jenis Phobia Keramaian - Kerumunan Orang

theprospect.net

Agoraphobia merupakan salah satu jenis phobia yang cukup aneh dan jarang dimiliki kebanyakan orang. Agoraphobia merupaka phobia atau perasaan takut luar biasa tempat terbuka atau tempat dimana ada kerumunan orang banyak. Contohnya seperti takut pergi berbelanja ke pasar, takut berekreasi ke tempat wisata yang ramai pengunjung, dan lain sebagainya.

Selain itu, agrophobia ini juga bisa diartikan sebagai ketakutan untuk meninggalkan tempat yang aman. Biasanya, para penderita phobia jenis ini tidak berani untuk meninggalkan rumah. Mereka akan lebih memilih berada di rumah sendirian ketimbang harus berada di kerumunan orang.

 

4. Agyrophobia

Jenis Phobia Menyebrang Jalan

pixabay.com

Agyrophobia adalah jenis phobia atau rasa takut yang dimiliki seseorang ketika hendak menyebrang jalan. Penderita phobia ini termasuk phobia yang cukup sering dialami. Tentunya, phobia menyebrang jalan ini merupakan sebuah phobia yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kita, mulai dari bersekolah, bekerja, bermain, dan lain sebagainya.

Phobia ini biasanya muncul karena penderitanya pernah mengalami kejadian buruk di jalan raya hingga trauma. Contohnya, mengalami kecelakaan hingga cacat fisik, melihat kecelakaan maut, pernah menabrak orang hingga meninggal, dan lain sebagainya.

5. Agrizoophobia

Jenis Phobia Binatang Liar

hd-wallpapersdownload.com

Agrizoophobia juga merupakan salah satu phobia yang banyak dialami. Agrizoophobia ini adalah jenis phobia atau rasa takut yang berlebihan ketika melihat atau menyentuh binatang liar. Phobia jenis ini mungkin tidak akan begitu mengganggu kegiatan sehari-hari, karena saat ini binatang liar sudah tidak lagi banyak berkeliaran.

Agrizoophobia ini sifatnya menyeluruh. Penderita phobia ini tidak hanya takut dengan satu jenis hewan liar saja, melainkan beberapa atau bahkan semua hewan liar.

6. Aichmophobia

Jenis Phobia Jarum

pixabay.com

Istilah aichmophobia ini berasal dari bahasa Yunani yaitu aichmo yang berarti tombak dan phobos yang berarti takut. Dengan kata lain, aichmophobia adalah jenis phobia atau rasa takut yang berlebihan dengan benda-benda berujung tajam seperti jarum.

Orang-orang yang menderita aichmophobia ini biasanya akan mengalami gemetar, sesak napas, mual, pusing, berkeringat, dan jatungnya akan berdebar lebih cepat ketika melihat atau menyentuh benda tajam seperti jarum.

7. Ailurophobia

Jenis Phobia Kucing

dogville.com.br

Ailurophobia adalah jenis phobia yang ditandai dengan adanya rasa takut secara irasional dan berlebihan terhadap kucing. Ailurophobia juga dikenal dengan istilah phobia kucing.

Bagi penderita ailurophobia ini kucing merupakan sebuah ancaman. Mungkin pemikiran tersebut timbul karena penderitanya pernah mengalami kejadian tak menyenangkan yang diakibatkan oleh kucing ketika ia kecil sehingga selalu membekas hingga ia dewasa. Misalnya seperti tangannya dicakar hingga mengalami luka sobek yang cukup dalam, atau jarinya digigit ketika sedang memegang perut kucing, dan lain sebagainya.

8. Alektorophobia

Jenis Phobia Ayam

dierenafbeeldingen.com

Alektorophobia ini merupakan jenis phobia yang cukup aneh walaupun penderitanya cukup banyak. Alektorophobia adalah jenis phobia atau rasa takut yang berlebihan dan tidak normal terhadap ayam atau jenis unggas lainnya. Alektorophobia juga bisa meliputi dari mulai telur ayam hingga ayam yang sudah menjadi menu masakan.

Penyebab terjadinya phobia ini berbeda-beda. Bisa jadi alektorophobia ini disebabkan oleh ketakutan dipatuk atau bentuk serangan lain dari ayam hidup. Selain itu, phobia ini bisa diakibatkan karena teringat akan kebiasaannya yang menjijikan seperti memakan makanan dari tumpukan sampah, atau hidup di atas kotorannya sendiri, dan lain-lain.

9. Algophobia

Jenis Phobia Rasa Sakit

wallpaperwidehd.blogspot.com

Algophobia ini juga merupakan jenis phobia yang cukup aneh. Algophobia adalah jenis phobia terhadap rasa sakit atau nyeri yang dialami, walaupun rasa sakit tersebut sangat ringan. Istilah algophobia sendiri berasal dari bahasa Yunani algos yang artinya nyeri dan phobos yang artinya takut.

Biasanya, phobia jenis ini tidak berbentuk rasa takut secara langsung. Phobia sakit ini lebih ke arah respon yang ia alami ketika mengalami rasa sakit atau nyeri, seperti rasa mual, pusing, dan lain sebagainya.

10. Alliumphobia

Jenis Phobia Bawang Putih

pixabay.com

Phobia yang satu ini termasuk salah satu phobia yang paling aneh dan jarang terjadi. Alliumphobia namanya. Alliumphobia adalah jenis phobia atau ketakutan secara luar biasa dan berlebihan terhadap bawang putih.

Penderita alliumphobia sebisa mungkin akan selalu menghindari makanan-makanan yang mengandung bawang putih. Mereka juga akan ketakutan hanya dengan mencium aromanya saja.

Selain manusia, nyamuk juga merupakan makhluk hidup lain yang memiliki alliumphobia ini. Karenanya, bawang putih akan efektif sebagai bahan alami pengusir nyamuk.

11. Allodoxaphobia

Jenis Phobia Pendapat Orang Lain

creacoach.it

Allodoxophobia ini juga merupakan jenis phobia yang tidak lazim sekaligus tidak wajar. Allodoxophobia adalah ketakutan yang luar biasa terhadap pendapat atau opini seseorang. Istilah allodoxaphobia berasal dari bahasa Yunani, yakni allo yang berarti berbeda, dox yang berarti pendapat dan phobos yang diambil dari nama Dewa Ketakutan dari Yunani.

Para penderita allodoxaphobia akan merasakan rasa takut yang berlebihan dan ketidaknyamanan ketika ada orang lain yang memberikan saran kepadanya. Sering kali, penderita allodoxphobia tidak menyadari kalau mereka termasuk penderita phobia ini.

12. Amathophobia

Jenis Phobia Debu

hdwallpapers.im

Amathophobia juga merupakan jenis phobia yang cukup aneh dan jarang terjadi. Amathophobia ini menyebabkan rasa takut yang berlebihan terhadap debu atau kuman bagi penderitanya. Tentu saja, phobia yang satu ini bisa menjadi hal yang merepotkan dan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Namun di sisi lain, phobia ini memiliki dampak positif. Phobia jenis ini akan mendorong penderitanya sangat tertarik dengan benda-benda yang bersih dan tidak berdebu, apalagi jika tersusun dengan rapi.

13. Ambulophobia

Jenis Phobia Berjalan

vimeo.com

Ambulophobia adalah jenis phobia yang mengakibatkan penderitanya mengalami ketakutan untuk berjalan atau berdiri. Karena tidak berani untuk berdiri atau bahkan berjalan, tentu saja penderitanya tidak dapat hidup normal.

Biasanya penderita ambulophobia akan ketakutan hingga menghembuskan nafas dengan cepat dan pendek, mengeluarkan keringat, pusing, mual, badan bergetar, hingga perasaan panik yang luar biasa. Phobia jenis ini biasanya disebabkan oleh pengalaman cidera atau luka fisik seperti di daerah kaki yang menyebabkan penderitanya merasa sangat kesakitan ketika berjalan.

14. Amychophobia

Jenis Phobia Goresan

gclup.blogspot.com

Amychophobia juga termasuk jenis phobia yang sangat aneh. Amychophobia adalah jenis phobia dimana penderitanya mengalami perasaan takut yang luar biasa ketika melihat atau menyentuh goresan.

Dalam kasus lain, penderita amychophobia bisa juga merasa ketakutan jika bagian tubuhnya tergores, seperti takut tergores kukunya sendiri dan lain sebagainya. Karena itu, phobia jenis ini merupakan jenis phobia yang cukup merepotkan penderitanya.

15. Anablephobia

Jenis Phobia Melihat ke Atas

www.hdwallpapers.in

Di saat orang-orang normal melihat ke atas untuk menikmati birunya langit yang cerah, namun tak begitu bagi penderita anablephobia. Penderita anablephobia akan merasakan rasa takut yang luar biasa ketika ia menengok ke arah atas.

Sama seperti phobia lainnya, penderita anablephobia juga mengalami respon fisik seperti mual, pusing, tegang, dan lain sebagainya di saat ia melihat ke atas. Bukan hanya langit, respon tersebut akan muncul setiap kali ia menengokkan kepalanya ke arah atas.

16. Androphobia

Jenis Phobia Pria

www.taringa.net

Sudah sewajarnya ketika seorang wanita memiliki ketertarikan kepada laki-laki. Namun, apa jadinya ketika ada wanita yang justru phobia terhadap laki-laki? Jawabannya adalah androphobia. Androphobia adalah phobia yang mengakibatkan penderitanya merasa ketakutan secara terus menerus kepada laki-laki.

Sering kali, para penderita androphobia disebabkan oleh pengalaman buruk yang menimbulkan efek trauma. Misalnya seperti pernah melihat ibunya dilecehkan secara fisik oleh preman, pernah menjadi korban pemerkosaan, dan lain sebagainya.

17. Angrophobia

Jenis Phobia Kemarahan

loopele.com

Angrophobia merupakan jenis phobia yang mengakibatkan penderitanya takut untuk marah atau takut akan kemarahan orang lain secara berlebihan. Mereka bisa menjadi sangat ketakutan, merasa down, atau bahkan pingsan ketika melihat kemarahan orang lain.

Angrophobia ini juga biasanya diakibatkan oleh pengalaman buruk yang membekas dan menimbulkan trauma. Misalnya seperti melihat gurunya marah besar hanya karena masalah sepele saat ia masih duduk di bangku sekolah dasar. Pengalaman seperti itu biasanya akan menjadi pemicu timbulnya angrophobia ini.

18. Anthophobia

Jenis Phobia Bunga

www.funchap.com

Anthophobia disebut juga dengan sebutan phobia bunga. Istilah anthophobia sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu anthos yang artinya bunga dan phobos yang artinya takut. Dengan kata lain, Anthophobia adalah phobia atau perasaan takut berlebihan terhadap bunga. Biasanya penderita phobia jenis ini akan mengalami ketakutan ketika menyentuh batang atau daun bunga.

19. Anuptaphobia

Jenis Phobia Hidup Sendiri - Jomblo - Single

www.walldu.com

Phobia yang satu ini mungkin adalah phobia yang sedikit menggelitik. Anuptaphobia adalah phobia menjadi single alias jomblo seumur hidup. Selain karena mengalami kejadian yang mengakibatkan trauma di masa lalu, karakter dan gaya hidup yang terlalu memikirkan “apa kata orang” juga menjadi salah satu faktor pendukung adanya phobia ini.

Sisi buruk phobia ini adalah di saat pihak wanita cenderung tidak selektif ketika memilih pasangan, sedangkan pihak laki-laki menjadi seenaknya berganti-ganti pasangannya.

20. Apeirophobia

 

Jenis Phobia Sesuatu Tak Berujung

desktopwalls.net

Apeirophobia adalah jenis phobia yang unik. Apeirophobia ini adalah jenis phobia dimana penderitanya mengalami ketakutan luar biasa ketika membayangkan suatu hal yang abadi dan tak berujung.

Contohnya ketika seseorang membayangkan tentang kehidupan akhirat yang tidak ada ujungnya, phobia ini akan kambuh. Respon yang timbul tidak berbeda jauh dengan jenis phobia lainnya, bisa terasa lemas, kehilangan mood, badan bergetar, berkeringat dan lain sebagainya.

21. Trypophobia

Jenis Phobia Lubang - Trypophobia

Bagaimana perasaanmu setelah melihat ilustrasi di atas? Merinding kah? Terasa gatal kah? Atau mungkin biasa saja? Jika perasaanmu tidak nyaman, bisa jadi gatal, jijik, bergetar, takut, dan sebagainya, selamat! Kamu memiliki gejala trypophobia.

Jenis phobia yang satu ini sempat menjadi trend di internet. Phobia ini bukan jenis phobia yang aneh lagi karena banyak orang-orang yang ternyata mengalami gejala trypophobia ini. Trypophobia adalah sebagai rasa takut atau perasaan tidak nyaman ketika melihat lubang-lubang kecil dalam cluster asimetris.

22. Arsonphobia

Jenis Phobia Api

Arsonphobia disebut juga dengan phobia api. Penderita arsonphobia ini akan mengalami rasa takut yang berlebihan ketika melihat kobaran api, baik kecil maupun besar. Arsonphobia ini merupakan jenis phobia yang cukup jarang terjadi.

Phobia ini juga cukup merepotkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Penderitanya pastinya akan kerepotan ketika hendak memasak, atau ketika listrik mati dan harus beralih menggunakan lilin sebagai sumber penerangan, dan lain sebagainya.

23. Bathophobia

www.modernhdwallpaper.com

www.modernhdwallpaper.com

Bathophobia merupakan jenis phobia yang mengakibatkan penderitanya mengalami ketakutan yang tidak normal dengan kedalaman air. Bathophobia ini adalah jenis phobia yang hampir mirip dengan phobia ketinggian.

Hebatnya, banyak penderita bathophobia yang ingin menghilangkan phobianya itu. Mereka sering kali menutupi phobianya itu dengan mulai membiasakan diri melakukan diving atau berenang di lautan dalam.

24. Bibliophobia

24. Jenis Phobia Buku.jpg

Bibliophobia ini adalah jenis phobia yang aneh namun berbahaya. Bibliophobia adalah jenis phobia atau ketakutan luar biasa terhadap buku atau membacanya. Sama seperti istilah phobia lainnya, istilah bibliophobia ini berasal dari bahasa Yunani juga, yakni biblio yang artinya buku dan phobia yang artinya buku.

Yang berbahaya dari bibliophobia ini adalah, jika phobia ini tidak dihilangkan, penderitanya akan sangat kesulitan mendapat informasi atau mempelajari ilmu-ilmu yang sering kali berbentuk teks di dalam buku.

25. Blennophobia

Jenis Phobia Lumpur

Merasa jijik dengan kotoran atau lumpur mungkin merupakan suatu hal yang wajar. Namun akan tidak wajar jika yang dirasakan ketika melihat kotoran adalah ketakutan secara berlebihan. Itulah yang dirasakan oleh penderita blennophobia.

Blennophobia adalah jenis phobia atau rasa takut yang luar biasa ketika melihat atau bahkan menyentuh kotoran dan lumpur. Karena itu, blennophobia ini juga disebut dengan phobia lumpur.

26. Botanophobia

hirewallpapers.com

hirewallpapers.com

Phobia jenis ini merupakan jenis phobia yang jarang terjadi. Botanophobia juga merupakan phobia atau rasa takut secara berlebihan yang dialami seseorang terhadap tanaman.

Respon yang dialami penderitanya juga hampir sama dengan jenis phobia lainnya. Ketika menyentuh atau melihat tanaman, penderitanya akan merasakan tidak nyaman, berkeringat, ketakutan, cemas, dan sebagainya. Karenanya, phobia jenis ini juga cukup merepotkan.

27. Bufonophobia

7-themes.com

7-themes.com

Hampir mirip dengan Agrizoophobia atau phobia terhadap binatang liar, namun bufonophobia ini lebih spesifik dan hanya takut pada satu jenis hewan saja, yaitu kodok. Karena itu, bufonophobia ini juga dikenal dengan istilah phobia kodok.

Kodok memang binatang yang menjijikan bagi kebanyakan orang. Namun penderita bufonophobia ini bukan hanya merasa jijik semata, mereka akan benar-benar merasa ketakutan ketika melihat atau menyentuh kodok.

28. Brontophobia

wallpaperswide.com

wallpaperswide.com

Terkenal dengan suaranya yang menggelagar, petir menjadi sebuah hal yang cukup ditakuti kebanyakan orang. Mereka yang ketakutan ketika petir sedang menggelar dikenal dengan penderita brontophobia. Dengan kata lain, brontophobia ini merupakan phobia terhadap kilatan-kilatan petir.

Mendengar suara kilatan petir yang sedang menyambar, penderita brontophobia bisa histeris ketakutan atau bahkan pingsan. Respon yang dialami tentunya kembali kepada penderitanya dan separah apa phobia ini padanya.

29. Bromidrosiphobia

www.dtop10list.com

www.dtop10list.com

Merasa memiliki bau badan yang menyengat? Jangan coba-coba mendekati bromidrosiphobia. Penderita bromidrophobia ini adalah orang yang mengalami phobia atau ketakutan secara berlebih terhadap bau badan.

Tak hanya terhadap bau badan orang lain, penderita phobia ini juga akan merasa ketakutan dengan bau badannya sendiri. Ketika ia mengeluarkan bau badan, ia akan dihantui perasaan takut dan tidak nyaman yang sangat mengganggu. Karena itu, jenis phobia ini termasuk jenis phobia yang merepotkan.

30. Carnophobia

wall.alphacoders.com

wall.alphacoders.com

Mereka yang mengidap carnophobia ini tentunya akan aman dari mahalnya harga daging di pasaran negara kita ini. Bukannya vegetarian, bagi mereka daging merupakan hal yang mengerikan dan mengancam. Itulah sebabnya carnophobia ini dikenal juga dengan istilah phobia daging.

Ketika penderita carnophobia ini memegang, melihat, atau memakan daging, mereka akan merasa ketakutan dan merasa tidak nyaman. Bisa jadi mereka akan mengalami muntah-muntah atau bahkan hingga jatuh pingsan setelahnya.

31. Geliophobia

wallpaperscraft.com

wallpaperscraft.com

Tertawa merupakan salah satu bentuk ekspresi seseorang ketika sedang bahagia atau melihat sesuatu yang lucu. Selain itu, tertawa juga dapat menghilangkan beban emosi dan masalah yang kita miliki. Karenanya, tidak heran banyak orang yang menjadikan tertawa sebagai sarana untuk melakukan terapi jiwa.

Namun ternyata ekspresi positif ini juga menjadi hal yang sangat menakutkan bagi orang yang menderita geliophobia. Penderitanya akan sangat ketakutan dan juga sangat cemas secara ekstrim ketika mendengar gelak tawa orang-orang di sekitarnya.

32. Catoptrophobia

www.dpreview.com

www.dpreview.com

Dengan berkaca di depan cermin, tentunya kita akan bisa melihat penampilan kita pribadi. Namun, bagi penderita catoptrophobia cermin adalah sebuah bahaya sekaligus ancaman yang selalu ia hindari.

Terkadang, penderita mengkait-kaitkan ketakutannya dengan hal-hal menakutkan seperti penampakan dan lain sebagainya. Karena itu, catoptrophobia ini adalah ketakutan yang timbul akibat kepercayaan yang ia bayangkan tersebut, bukan pada cerminnya.

33. Chrematophobia

www.tmwallpaper.com

www.tmwallpaper.com

Inilah jenis phobia paling aneh dan tidak wajar. Chrematophobia merupakan phobia terhadap uang. Ketika melihat atau menyentuh uang, secara otomatis ia akan merasa sangat ketakutan, merinding, mual, pusing, dan mengeluarkan respon-respon lainnya.

Penyebab chrematophobia biasanya biasanya akibat peristiwa masa lalu yang bersifat traumatik tentang masalah keuangan. Namun, phobia yang satu ini juga bisa juga merupakan faktor genetik yang diturunkan orang tuanya, kemudian mempengaruhi susunan saraf di otak.

34. Chronomentrophobia

www.fullwallpapers.in

www.fullwallpapers.in

Waktu merupakan sesuatu yang sangat penting untuk menggapai kesuksesan. Dengan adanya jam, waktu akan menjadi lebih mudah diatur dan lebih efektif.

Namun, apa jadinya jika ada orang yang justru takut melihat jam? Mereka itulah adalah orang-orang yang mengalami chronomentrophobia atau phobia terhadap jam. Setiap kali penderita phobia ini melihat jam, ia akan mengalami rasa takut yang luar biasa. Tentu saja, hal itu sangat merepotkan dan penggunaan waktu pun bisa tidak teratur.

35. Cryophobia

www.hdwallpapers.in

www.hdwallpapers.in

Pernah mencoba mengunjungi tempat-tempat ice skating? Atau menikmati es krim yang sangat nikmat? Bagaimana rasanya? Nikmat bukan?

Namun, bagi penderita cryophobia hal-hal tersebut justru bukan hal yang nikmat, justru sebaliknya. Cryophobia adalah jenis phobia terhadap suhu dingin yang ekstrem. Karena itu, para penderita cryophobia justru akan merasa ketakutan dengan hal-hal seperti itu.

36. Didaskaleinophobia

7-themes.com

7-themes.com

Didaskaleinophobia merupakan jenis phobia yang dialami seseorang ketika hendak berangkat sekolah. Phobia ini cukup sering terjadi di kalangan anak sekolah yang menduduki bangku SMP.

Penyebab jenis phobia yang satu ini bermacam-macam, namun tetap beralasan karena lingkungan. Kasus yang paling sering terjadi diakibatkan oleh penderita didaskaleinophobia ini mengalami masalah dengan guru killer atau mendapat bullying dari teman-temannya sehingga ia merasa tidak nyaman untuk bersekolah. Jelas phobia ini merupakan jenis phobia yang sangat berbahaya.

37. Gerascophobia

www.resimkoy.xyz

www.resimkoy.xyz

Sudah menjadi hal yang lumrah terjadinya sebuah proses penuaan. Namun, pada penderita gerascophobia, penuaan adalah hal yang amat dan teramat mengerikan. Hal itu dikarenakan, gerascophobia merupakan phobia terhadap penuaan.

Ketika masih dalam usia muda, para penderita gerascophobia yang secara tidak sadar memiliki phobia ini. Namun, mereka sudah merasa khawatir tentang proses penuaan yang akan menjadikan mereka hidup sendiri tanpa ada yang mengurus diri mereka nanti. Para penderita gerascophobia ini biasanya akan merasa ketakutan dengan masa depan, namun di sisi lain mereka juga takut untuk mengandalkan orang lain kelak ketika tua.

38. Hylophobia

wallpapercave.com

wallpapercave.com

Hylophobia adalah phobia atau rasa takut yang berlebihan terhadap hutan. Sesuai dengan namanya, para penderita phobia ini sangat takut dengan hutan. Ketika mereka berada di tengah hutan, mereka akan merasa sangat tegang, cemas, panik, sesak nafas, jantung berdebar kencang, berkeringat dingin, atau bahkan pingsan.

Penyebab phobia jenis ini juga bervariasi. Ada yang disebabkan pernah mengalami kejadian atau pengalaman yang bersifat traumatis, ada pula yang disebabkan oleh rasa takut dengan hantu atau binatang buas, dan masih banyak lagi.

39. Iatrophobia

hdwallpapersfit.com

hdwallpapersfit.com

Iatrophobia adalah phobia terhadap dokter atau pergi berobat. Phobia jenis ini akan menimbulkan perasaan takut ketika dokter akan melakukan proses operasi, memberikan diagnosa medis, atau hal-hal lain di dalam dunia medis.

Karena phobia ini, ketika penderita membutuhkan perawatan, ia justru terhalang oleh phobianya sehingga tidak bisa menerima perawatan medis yang mereka butuhkan. Tak jarang, keterlambatan dalam menangani masalah ini dapat berakibat fatal yang bisa menyebabkan kerusakan permanen atau bahkan kematian. Karenanya, phobia ini termasuk phobia yang sangat berbahaya.

40. Ideophobia

pcwallart.com

pcwallart.com

Ideophobia merupakan jenis phobia yang cukup aneh. Ideophobia adalah jenis phobia dimana penderitanya akan merasa sangat ketakutan terhadap suatu ide atau alasan. Para penderita ideophobia akan merasa takut sekaligus tidak percaya terhadap ide-ide atau alasan yang dikemukakan oleh orang lain. Bahkan tak jarang ia akan mengalami ketakutan terhadap idenya sendiri.

41. Lachanophobia

beautifulhdwallpaper.com

beautifulhdwallpaper.com

Tidak suka sayuran itu wajar, namun kalau takut dengan sayuran itu namanya lanchanophobia. Lanchanophobia merupakan ketakutan yang luar biasa terhadap sayuran. Sama dengan phobia-phobia lainnya, lanchanophobia juga bisa ditandai dengan gejala seperti berkeringat, cemas, mual, pusing, dan sebagainya ketika melihat, menyentuh, atau bahkan memakan sayuran. Karena itu, phobia ini bisa dibilang phobia yang cukup aneh.

42. Logizomechanophobia

www.bloggen.be

www.bloggen.be

Di era globalisasi ini, komputer sudah seakan-akan menjadi kebutuhan primer setiap individu untuk menjalani kehidupannya. Tanpa adanya komputer, seolah-olah kehidupan seseorang bisa hancur dan merasa kehilangan harapan.

Namun, ternyata ada juga orang-orang yang mengalami phobia terhadap komputer. Orang-orang seperti itu adalah penderita logizomechanophobia. Para penderita ini akan merasa sangat ketakutan ketika berinteraksi dengan komputer, bahkan hanya untuk bermain game.

43. Mageirocophobia

digitalresult.com

digitalresult.com

Para penderita mageirocophobia merupakan orang-orang yang mengalami rasa takut luar biasa untuk memasak makanan. Hal itu bisa jadi disebabkan pengalaman buruk yang membuatnya merasa trauma. Misalnya seperti kecelakaan ketika memindahkan wajar berisi minyak panas yang tumpah membasahi lebih dari separuh tubuhnya, atau seorang anak yang melihat jari orang tuanya yang teriris pisau ketika sedang memasak, dan masih banyak lagi.

44. Mechanophobia

wallpaperswide.com

wallpaperswide.com

Mechanophobia merupakan jenis phobia yang dialami seseorang terhadap mesin yang memiliki bagian yang dapat bergerak, apalagi mesin tersebut berukuran besar seperti mesin sepeda motor, mesin mobil, baling-baling helikopter dan lain sebagainya.

Penderita jenis phobia ini sudah bisa dipastikan akan kerepotan ketika membutuhkan alat-alat transportasi. Selain itu, mereka yang menderita phobia ini juga tidak akan bisa berprofesi di pabrik-pabrik.

45. Mnemophobia

www.themebin.com

www.themebin.com

Setiap orang tentunya memiliki kenangan-kenangan di dalam hidupnya, baik kenangan indah maupun kenangan pahit. Namun, ada orang-orang yang mungkin mengalami kenangan pahit dan menanggapinya secara berlebihan. Mereka adalah para penderita mnemophobia.

Mnemophobia adalah perasaan takut secara berlebihan terhadap kenangan-kenangan di masa lalunya. Jelas, phobia ini diakibatkan oleh kenangan yang bersifat traumatis dalam hidupnya.

Berbahagia lah bagi kalian yang masih merasakan nikmatnya menjomblo sehingga tidak perlu khawatir terserang mnemophobia karena kenangan pahit bersama mantannya.

46. Nomophobia

wallpaperscraft.com

wallpaperscraft.com

Hampir 50 persen populasi manusia di era globalisasi ini sudah memiliki phobia yang satu ini. Phobia ini juga dikenal dengan istilah Nomophobia.

Tepat sekali, nomophobia adalah perasaan takut atau khawatir untuk jauh-jauh dari handphone atau ponselnya. Hal tersebut bisa berupa panik ketika ponsel ketinggalan, tidak mendapatkan sinyal, atau saat ponselnya mati kehabisan baterai.

47. Pediophobia

www.stylepinner.com

www.stylepinner.com

Pediophobia atau phobia boneka adalah perasaan takut terhadap boneka atau benda-benda lain yang wujudnya menyerupai manusia. Rasa takut yang mereka alami sangat berlebihan dan tidak wajar. Bahkan, perasaan takutnya tersebut tidak sebanding dengan efek yang mereka dapatkan.

Responnya bisa jadi menjerit histeris, mual, berkeringat dingin, badan bergetar, jantung berdetak lebih cepat, pusing, cemas, tegang, dan lain sebagainya. Walaupun tidak begitu merepotkan, phobia ini tetaplah phobia yang cukup aneh.

48. Philophobia

hdhut.blogspot.com

hdhut.blogspot.com

Merasa jatuh cinta dan ingin dicintai merupakan sifat manusia yang selalu diimpi-impikan. Anehnya, ada juga orang yang tidak berpikir hal yang sama. Bahkan, mereka berpikir bahwa perasaan cinta adalah sesuatu yang harus dihindari. Hal seperti itu adalah philophobia dimana seseorang akan merasakan ketakutan untuk mencintai dan dicintai.

Para penderita philophobia ini lebih menyukai hidup dalam kesendirian. Mereka benar-benar tidak ingin melakukan hal-hal yang seharusnya dilakukan manusia, yakni menikah. Phobia jenis ini lebih banyak berlaku bagi kaum wanita ketimbang pria. Mungkin karena sifatnya yang terlalu membawa masalah ke dalam hati.

49. Tachophobia

www.caricos.com

www.caricos.com

Jika melirik ke jalanan sana, tidak jarang kita akan menjumpai kendaraan-kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi. Apalagi ketika kendaraan tersebut dibawa oleh seorang anak yang baru bisa mengendarai kendaraan.

Berbeda halnya dengan para penderita tachophobia. Para penderita phobia ini akan sangat sensitif dengan kecepatan yang cukup tinggi. Ketika mereka dibawa dengan kecepatan tinggi, phobia ini akan muncul dan mereka pun akan mengalami rasa takut yang berlebihan.

50. Triskaidekaphobia

konspirasi.xtgem.com

konspirasi.xtgem.com

Triskaidekaphobia merupakan salah satu jenis phobia terhadap angka, tepatnya angka 13. Kata triskaideka berasal dari bahasa Yunani, yakni tris yang artinya 3, kai yang artinya dan, serta deka yang berarti 10. Jika digabungkan berarti 3 ditambah dengan 10 yang bermakna 13.

Para penderita phobia ini karena mereka menganggap bahwa angka 13 merupakan angka mistis, angka setan, angka pembawa sial, dan lain sebagainya. Padahal, kepercayaan tersebut hanyalah mitos belaka yang tidak bisa dibuktikan secara ilmiah.

***

Seperti itulah kira-kira informasi mengenai jenis dan pengertian phobia aneh sekaligus unik yang dimiliki manusia di dunia ini. Semoga bermanfaat.

Tags:

Leave a Reply