5 Jenis dan Harga Ular Peliharaan Tercantik yang Cocok Bagi Pemula

Ular merupakan jenis hewan melata yang tidak memiliki kaki memiliki tubuh yang panjang. Sama halnya seperti kadal, tubuh ular diselimuti oleh sisik sehingga termasuk ke dalam jenis reptil Squamata atau yang biasa disebut reptil bersisik.

Ular termasuk jenis hewan karnivora. Selain itu, ular juga bisa digolongkan menjadi 2 jenis, yaitu ular berbisa dan juga ular yang tak berbisa. Karena itu, ular menjadi hewan yang sering kali dianggap sebagai ancaman dan ditakuti oleh masyarakat.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kekhawatiran masyarakat terhadap ular pun mulai berkurang. Anak-anak muda saat ini justru mulai menggemari ular dan menjadikannya sebagai hewan peliharaan.

Banyak jenis-jenis ular yang populer dan dijadikan sebagai ular peliharaan. Berikut ini merupakan beberapa jenis dan harga ular peliharaan tercantik yang cocok untuk pemula.

Baca Juga : Mengenal Musang Pandan, Musang Beraroma Daun Pandan yang Menggemaskan

Jenis Ular Peliharaan

1. Jenis Ular Peliharaan Ball python

Jenis Ular Peliharaan Ball python

yoyowallpapers.com

Jenis ular Ball Python merupakan jenis ular yang cocok untuk para penggemar ular pemula. Selain karena tidak memiliki bisa, jenis ular Ball Python ini juga bukan jenis ular yang agresif dan mudah menyerang. Justru, ketika ular ini merasa terancam, ular ini lebih memilih menggulung tubuhnya menjadi seperti bola ketimbang langsung menyerang ancamannya. Karena itu, ular ini dinamakan ular Ball Python.

2. Jenis Ular Peliharaan Python Reticulatus / Sanca Kembang / Retic

Jenis Ular Peliharaan Python Reticulatus - Sanca Kembang - Retic

www.deviantart.com

Jenis ular Python Reticulatus ini dikenal juga dengan nama ular Sanca Kembang. Namun, di kalangan para penggemar ular peliharaan, jenis ular Python Reticulatus ini lebih sering dikenal dengan sebutan ular retic.

Jenis ular peliharaan yang satu ini sangat diminati oleh semua kalangan pecinta ular, mulai dari yang newbie atau pemula sampai yang expert atau berpengalaman. Jenis ular ini sangat diminati karena tubuhnya yang terlihat garang, namun sebenarnya jinak. Ular ini juga tidak agresif, mudah dijinakan, dan tidak berbisa.

Selain itu, di balik corak tubuhnya yang exotic, ular ini cenderung mudah dipelihara dan tidak merepotkan. Karena itu, jenis ular Phyton Reticulatus ini sangat direkomendasikan bagi para pemula.

3. Jenis Ular Peliharaan Blood Python / Dipong

Jenis Ular Peliharaan Blood Python - Dipong

www.free-pet-wallpapers.com

Jenis ular peliharaan yang satu ini termasuk jenis ular python yang berasal dari semenanjung malaya, termasuk pulau Sumatera di Indonesia. Panjang maksimal jenis ular dipong ini hanya sampai dua meter saja, berbeda dengan jenis ular python retic yang bisa tumbuh hingga lebih dari tujuh meter.

Jenis ular dipong ini merupakan jenis ular yang sangat diminati oleh para penghobi ular peliharaan. Selain karena bentuknya yang unik dengan tubuh bantet dan berkepala kecil, jenis ular ini juga relatif aman dipelihara karena tidak memiliki bisa.

4. Jenis Ular Peliharaan Corn Snake

Jenis Ular Peliharaan Corn Snake

wildphotography.biz

Jenis ular Corn Snake juga sangat direkomendasikan bagi pemula untuk memulai hobinya. Karakter ular jenis ini cukup jinak dan tidak agresif. Selain ini, jenis ular ini juga buka termasuk jenis ular yang memiliki bisa. Bahkan, saking jinaknya ular jenis ini aman dipelihara oleh anak kecil sekali pun karena sudah terbiasa dengan manusia selama di peternakan.

Warna tubuh ular peliharaan jenis ini unik dan cerah. Kebanyakan jenis ular Corn Snake ini biasanya berwarna oranye dan bermotif sadel merah atau sedikit kecoklatan. Selain itu, di bagian bawah jenis ular ini juga bisa ditemukan corak yang bentuknya menyerupai papan catur. Ular ini sudah memiliki berbagai corak warna karena sudah banyak disilangkan.

5. Jenis Ular Peliharaan Sunbeam Snake / Ular Pelangi

Jenis Ular Peliharaan Sunbeam Snake - Ular Pelangi

www.realmonstrosities.com

Jenis ular pelangi ini merupakan ular yang aman untuk dipelihara karena sangat jinak dan perawatannya yang mudah. Ular pelangi tidak memiliki bisa dan tidak akan menggigit ketika ditangkap, walaupun dalam keadaan liar. Untuk menghindari bahaya, jenis ular peliharaan yang satu ini akan menggetarkan ekornya.

Kulitnya sangat unik dan menarik. Selain relatif tebal dan bermutu baik, jenis ular pelangi ini juga termasuk salah satu jenis ular yang kulitnya diperjual belikan oleh para pedagang kulit ular. Warnanya hitam, namun bisa membiaskan cahaya matahari yang datang ke tubuhnya sehingga terlihat seperti pelangi.

Harga Ular Peliharaan

Harga ular peliharaan ini tidak bisa dipastikan secara mutlak. Harganya sangat bergantung pada jenis, kualitas, ukuran, kejinakan, tempat penjualan, tempat asal, dan masih banyak lagi.

Biasanya, anakan ular yang dijual dengan harga murah dijual dikisaran puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Namun sering kali dihargai ratusan ribu rupiah. Jenis ular Python Retic anakan juga biasanya dihargai di angka 100 sampai 300 ribu rupiah.

Untuk jenis ular yang dihargai dengan harga tinggi, harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Kebanyakan jenis ular python biasanya dijual seharga 5 juta ke atas. Bahkan, jenis ular Python Lavender Albino termasuk salah satu jenis hewan peliharaan termahal di dunia yang dihargai di angka 20 ribu dolar Amerika per ekornya.

***

Sekian informasi seputar jenis-jenis dan harga dari ular peliharaan tercantik di dunia yang cocok untuk pemula.

11 Comments

  1. Mia hadi December 29, 2016
    • shiddieq January 11, 2017
  2. jami January 24, 2017
  3. topan February 6, 2017
  4. rezian February 27, 2017
    • shiddieq February 27, 2017
  5. chatrass April 4, 2017
    • Kuya Hejo April 4, 2017
  6. syekhan April 7, 2017
  7. Sammy Rafi April 27, 2017
  8. Har Peterson May 8, 2017

Leave a Reply