5 Jenis Biji Kopi Terbaik Ini Mesti Kamu Cicipi

Rasanya yang sangat menggugah selera, aromanya yang amat menggoda, serta efeknya yang begitu terasa, mungkin seperti itulah gambaran kopi yang ada dalam benak para pencintanya. Bagi pencinta kopi, minuman ini mungkin sudah menjadi kuliner wajib yang harus ada tiap harinya.

3.000 tahun yang lalu, bangsa Etiopia yang merupakan salah satu bangsa di benua Afrika menemukan olahan minuman yang terbuat dari bahan baku kopi. Minuman tersebut tak hanya dikenal sebagai minuman berenergi semata, namun kaya akan manfaat pula.

Seiring berkembangnya waktu, kopi mulai populer di daerah Timur Tengah. Karena khasiatnya yang mampu meningkatkan stamina, mayoritas pencinta kopi kala itu merupakan kaum muslimin yang mengkonsumsi kopi ketika hendak mendirikan sholat di malam hari.

Saat ini, keberadaan kopi mungkin sudah menyebar hampir ke seluruh dunia. Jenis-jenis kopi yang ada pun berbeda-beda, baik biji kopinya maupun setelah diolah menjadi berbagai jenis minuman yang sangat nikmat.

Berikut ini merupakan beberapa jenis biji kopi yang paling diminati oleh penggemarnya.

1. Biji Kopi Robusta

Biji Kopi Robusta

Sumber : The Best Coffee Beans

Kopi robusta merupakan jenis kopi yang banyak beredar di pasaran. Harganya yang terbilang cukup terjangkau membuatnya semakin banyak memiliki penggemarnya. Namun biarpun begitu, kopi robusta tetap merupakan jenis kopi yang nikmat.

Kopi robusta ini juga termasuk salah satu jenis kopi yang dapat tumbuh di negara Indonesia ini. Karakternya yang tangguh dalam bertahan dari hama pengganggu menjadikan tanaman penghasil kopi robusta banyak ditanam oleh para petani kopi di Indonesia.

2. Biji Kopi Arabika

Biji Kopi Arabika

Sumber : Rwandan Coffee – WordPress.com

Kopi Arabika merupakan jenis tanaman kopi yang berhasil untuk pertama kalinya dibudidayakan oleh para petani kopi, bahkan hingga saat ini. Walaupun dinamakan kopi Arabika, kopi ini sebenarnya berasal dari Etiopia dan juga Brazil.

Saat ini, kopi Arabika merupakan jenis biji kopi yang paling digemari. Biji kopi robusta lah yang menguasai pasar kopi di dunia. Rasanya yang dikenal sangat nikmat tentu berefek pada harganya yang cukup tinggi.

Indonesia sendiri juga merupakan daerah penghasil biji kopi Arabika. Ada beberapa daerah di Indonesia yang menjadi pusat perkebunan kopi Arabika ini, seperti di daerah Aceh, Sumatera Utara, Toraja, serta di beberapa daerah pulau Jawa.

3. Biji Kopi Luwak

Biji Kopi Luwak

Sumber : Cat Poop Coffee Inc

Kopi luwak merupakan jenis kopi khas Indonesia. Dinamakan kopi luwak karena biji kopi ini dibuat melalui sisa proses pencernaan luwak (musang pandan atau musang bulan). Walaupun kesannya sangat menjijikan, namun kopi luwak ini justru memiliki rasa serta khasiat yang luar biasa.

Karena berbagai kelebihan yang dimilikinya, kopi luwak diberi harga dengan angka yang sangat tinggi. Bahkan saat ini kopi luwak memegang rekor sebagai jenis kopi paling mahal yang ada di dunia ini. Hal yang unik bukan? Kopi yang terbuat dari sisa kotoran luwak ternyata justru memiliki harga yang sangat tinggi dengan manfaat yang begitu melimpah.

4. Biji Kopi Hijau (Green Coffee)

Biji Kopi Hijau (Green Coffee)

Sumber : gethcgcanada.com

Kopi hijau dikenal juga dengan sebutan Green Coffee. Kopi hijau ini merupakan jenis biji kopi yang tidak melewati proses pemanggangan sehingga masih berwarna kehijau-hijauan. Keberadaan kopi hijau yang ada saat ini ternyata sudah dikenal sejak tahun 1100 Masehi.

Kopi hijau sendiri dikenal sebagai salah satu jenis kopi yang unik dan memiliki khasiat tersendiri. Kopi hijau atau Green Coffee dipercaya efektif dalam pengobatan alzheimer dan darah tinggi. Kopi ini juga sangat baik untuk kelangsungan diet, meningkatkan metabolisme tubuh, membuat kulit lebih lembab, sebagai pendetoks alami, dan masih banyak lagi.

Beli Green Coffee

5. Biji Kopi Toraja

Biji Kopi Toraja

Sumber : Food & Beverage Online

Sesuai dengan namanya, biji kopi yang satu ini merupakan salah satu biji kopi khas Indonesia, tepatnya Toraja. Sejak dahulu, Toraja memang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Karenanya, kopi Toraja pun memiliki rasa yang sangat nikmat dikonsumsi.

One Response

  1. Sekolah Kapal Pesiar Yogyakarta October 20, 2016

Leave a Reply