Deretan Mobil Sport Termahal, Tercepat, dan Termurah di Dunia

Mobil Sport – Dunia otomotif tentunya selalu berkembang setiap saatnya. Seiring perkembangannya, perubahan di segi fungsional pun tak bisa dihindari. Jika dulu kendaraan hanya berfungsi sebagai sarana untuk mempermudah perjalanan seseorang, namun kini tak jarang banyak orang yang menggunakannya sebagai simbol kemewahan mereka.

Soal kemewahan dari sebuah mobil, mungkin mobil sport lah yang menduduki peringkat nomor satu ketimbang jenis-jenis mobil lainnya. Desainnya yang elegan dan sporty, mesin dengan kapasitas besar, dan kenyaman interior semakin memikat hati mereka yang berdompet tebal.

Dari sekian banyak mobil sport yang telah diciptakan pabrikan-pabrikan mobil, tentunya ada beberapa yang diciptakan lebih dan bergelar paling ter- dibanding yang lainnya. Berikut deretan mobil sport yang menyandang gelar mobil sport termahal, mobil sport tercepat, dan mobil sport termurah sejagat saat ini.

Mobil Sport Termahal di Dunia

Lamborghini Veneno Roadster

www.stylereport.ro

www.stylereport.ro

Produsen mobil sport berlambangkan banteng asal Italia ini lah yang memegang rekor mobil sport termahal di dunia. Lamborghini veneno roadster, mobil ini mendapat julukan mobil sport termahal di dunia karena dihargai US$ 5,6 juta atau senilai dengan 72,5 miliar rupiah.

Harganya yang begitu tinggi, tentu berpengaruh pada jumlah produksinya juga. Mobil sport termahal di dunia ini hanya diproduksi sebanyak 9 unit saja oleh pihak lamborghini. Mungkin karena harganya yang setinggi langit itu, jumlah peminat yang berani mengeluarkan isi dompet tebalnya juga tidak akan sebanyak konsumen mobil-mobil pada umumnya.

Dengan menggendong mesin V12 berkapasitas 6,5 liter, membuat mobil ini mampu menyemburkan tenaga hingga 750 tenaga kuda. Mobil yang dijuluki mobil termahal di dunia ini ternyata mampu melesat hingga kecepatan 355 km/jam. Tak hanya itu, dalam kurun waktu di bawah 3 detik saja, mobil ini sudah mampu menginjak angka 100 km/jam.

Koenigsegg CCXR Trevita

www.brunchnews.com

www.brunchnews.com

Lamborghini veneno roadster yang menyandang gelar sebagai mobil sport termahal di dunia kemudian diikuti oleh kehadiran Koenigsegg CCXR Trevita sebagai mobil yang bertarung di kelas mobil sport termahal dunia. Mobil ini dihargai 4,8 juta dolar Amerika atau sekitar 67 miliar jika dirupiahkan.

Mobil sport Koenigsegg CCXR Trevita ini sudah dibekali dengan mesin V8 supercharge yang diklaim mampu memuntahkan tenaga hingga 1.004 tenaga kuda. Hanya membutuhkan waktu 2,4 detik saja, mobil ini sudah bisa berlari dari kecepatan 0 hingga 100 km/jam, sedangkan top speednya mencapai 410 km/jam.

Di bagian eksterior, orang-orang yang melihatnya akan dimanjakan dengan desain aerodinamis yang futuristik nan elegan. Desainnya bisa dibilang cukup unik karena mampu memadukan kesan sangar dan mewah menjadi satu. Selain itu, pintu-pintu yang terdapat pada mobil tersebut begitu unik, tak serupa dengan kebanyakan mobil spor lainnya.

Lamborghini Veneno

Lamborghini Veneno

gtathecompletesaga.altervista.org

Selain type roadster, Lamborghini Veneno juga hadir dalam type tertutupnya yang sudah lahir sebelumnya. Harganya memang tak semahal Veneno versi roadster, tapi tetap menyandang gelar mobil sport termahal di dunia. Mobil ini dihargai sebesar 4,5 dolar atau setara dengan 63 milyar rupiah.

Desainnya sangat mirip dengan Lamborghini Veneno versi roadster, bahkan bisa dibilang persis karena memang satu jenis mobil yang sama. Perbedaan paling signifikan terlihat pada atapnya. Jika Lamborghini Veneno Roadster tampil tanpa atap penutup, versi standar Veneno ini tampil dengan atapnya.

Pun sama halnya dengan mesinnya, Lamborghini Veneno ini juga memiliki mesin yang sama dengan versi roadsternya. Mobil ini dibekali mesin V12 yang mampu menyemburkan 750 tenaga kuda sehingga dapat mencapai kecepatan 355 km/jam sebagai top speednya.

Mobil Sport Tercepat di Dunia

Bugatti Chiron

Bugatti Chiron

www.techdice.com

Bugatti Veyron yang dulu memegang gelar mobil sport tercepat dunia, kini dipecahkan oleh penerusnya sendiri, yaitu Bugatti Chiron. Mobil sport yang dirilis di Geneva Motor Show 2016 kemarin ini mampu menembus top speed hingga kecepatan 46,3 km/jam.

Desainnya terlihat begitu futuristik, mewah, dan tentunya sporty. Walaupun masih menggunakan desain khas ala mobil sport Bugatti, Bugatti Chiron ini berani tampil jauh lebih mengagumkan ketimbang pendahulu-pendahulunya. Terutama di bagian headlampnya yang begitu sangar.

Bagian dapur pacunya dibekali dengan mesin W16 berkapasitas 8000 cc, mobil sport ini mampu berakselerasi dengan sangat mengagumkan. Untuk menempuh kecepatan 100 yang dimulai dari posisi diam, Bugatti Chiron ini hanya membutuhkan waktu 2 detik saja.

Koenigsegg Regera

Koenigsegg Regera

www.digitaltrends.com

Pabrikan asal Swedia, Koenigsegg kembali berkreasi lagi. Tak mau kalah dari pabrikan-pabrikan lain, Koenigsegg juga ikut bersaing memperebutkan rekor sebagai mobil sport tercepat di dunia dengan meluncurkan mobil terbarunya yaitu, Koenigsegg Regera.

Mesinnya sendiri menggunakan mesin V8 twin turbo 5 liter dengan 3 motor listrik. Selain itu, Koenigsegg menerapkan teknologi unik pada mobil ini, yaitu tanpa adanya gearbox, termasuk gear R. Namun mobil ini tetap mampu melakukan parkir mundur karena mengadopsi teknologi yang terinspirasi dari seperda fixie.

Dengan mesin tersebut, mobil Koenigsegg Regera ini mampu menghasilkan tenaga hingga 1100 hp dari mesin V8nya, ditambah dengan 700 hp dari motor listriknya. Top speednya memang belum dipublikasi, namun mobil ini diklaim mampu berakselerasi dari kecepatan 0-400 km/jam dalam waktu 20 detik saja.

Hennessey Venom GT

www.carpixel.net

www.carpixel.net

Rekor mobil sport tercepat di dunia yang selanjutnya dipegang oleh pabrikan Hennessey, yaitu Hennessey venom GT. Bermodalkan mesin 7.01 (427ci) LSX Twin Turbocharged V8-1,244 hp, mobil sport Hennessey Venom GT ini ternyata mampu menembus top speed hingga 435,3 km/jam.

Selain kecepatan maksimalnya yang begitu mengagumkan dan mungkin tidak akan bisa dirasakan di jalanan pada umumnya, poin lain yang menjadikan Hennessey Venom GT bergelar mobil sport tercepat di dunia tentunya adalah akselerasinya. Ternyata, dari kondisi diam hingga menempuh kecepatan 100 km/jam, mobil ini hanya membutuhkan waktu 2,4 detik saja.

Mobil Sport Termurah di Dunia

Honda CR-Z

carsautodrive.com

carsautodrive.com

Tak hanya berasal dari benua Eropa dan benua Amerika, benua Asia juga tak mau kalah saing soal mobil sport yang paling ter- dari yang lainnya. Selain mobil sport termahal tentunya ada juga mobil sport termurah di dunia.

Pabrikan Honda yang berasal dari Jepang inilah yang memproduksi mobil sport dengan gelar mobil sport termurah di dunia. Dengan produknya, yaitu Honda CR-Z, Honda berhasil memikat konsumen yang kondisi keuangannya belum cukup untuk membeli sebuah mobil sport pada umumnya.

Demi mendapatkan gelar mobil sport termurah, mobil ini hanya dibekali mesin SOHC 1.5 L 4 silinder segaris dengan 16 katup, i-VTEC, DWB dan TBR sehingga mampu menyemburkan daya maksimal hingga 120 PS pada 6.600 RPM dengan torsi maksimal mencapai 145 Nm.

Karena mengadopsi teknologi hybrid, kemampuan mesinnya ditambah lagi dengan motor listrik yang menggunakan baterai 12 V-28 Ah. Motor listriknya itu mampu menambahkan tenaga hingga 20 PS pada 2.000 RPM dengan torsi maksimal 78 Nm pada 1.000 RPM.

Dengan spesifikasi yang tidak begitu bisa dibanggakan untuk sebuah mobil sport, Honda CR-Z ini hanya dihargai di angka 505 juta rupiah saja. Harga yang sangat jauh dibandingkan dengan Lamborghini Veneno Roadster yang menyandang gelar mobil sport termahal di dunia.

Toyota 86

Toyota 86

randomwallpapers.net

Selain honda, toyota juga mengambil peluang bisnis mobil sport di kelas murah. Toyota 86 diluncurkan sebagai pemain di sana. Mobil toyota 86 ini juga disebut-sebut sebagai kembaran dari Subaru BRZ. Harganya dibanderol dikisaran 670 juta hingga 713 juta rupiah.

Didesain dengan begitu cantik, mobil ini menjadi para pencinta mobil sport yang belum mampu membeli mobil sport dengan harga milyaran rupiah. Mobil sport toyota 86 ini memiliki 2 buah pintu masuk, namun kapasitas penumpang yang dapat ditampungnya hingga 4 orang penumpang.

Untuk dapur pacunya sendiri, toyota 86 dibekali mesin berkapasitas 1998 cc DOHC dengan 4 silinder. Selain itu, mobil ini menggunakan transmisi 6 percepatan yang tersedia dalam versi manual maupun otomatis. Dengan begitu, mobil ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 7,7 detik dan top speed 225 km/jam.

Peugeot RCZ

Peugeot RCZ

www.carsguide.com.au

Dari Jepang kembali lagi ke Eropa, pabrikan mobil Peugeot juga tak ketinggalan dalam bermain di mobil sport kelas bawah. Untuk itu, pihak Peugeot meluncurkan Peugeot RCZ untuk bersaing di sana. Harganya hanya 689 juta rupiah saja untuk setiap unitnya, sangat murah untuk ukuran mobil sport.

Mobil ini didesain dengan 2 pintu, namun mampu menampung kapasitas penumpang hingga 4 orang. Desainnya mungil dan terlihat begitu cocok untuk digunakan di jalanan umum. Biarpun mungil, Peugeot RCZ ini masih memiliki aura sporty layaknya sebuah mobil sport.

Untuk dapur pacunya sendiri tidak semenakjubkan mobil sport pada umumnya karena memang dibuat untuk harga murah. Silindernya hanya  berkapasitas 1600 cc saja. Dengan mesinnya tersebut, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 163 hp dengan torsi maksimal 240 Nm.

***

Itulah beberapa mobil sport yang menyandang gelar dan pemegang rekor sebagai mobil sport termahal, mobil sport tercepat, dan mobil sport termurah. Jika seandainya Anda tertarik memiliki salah satu mobil tersebut, ada baiknya untuk melakukan pertimbangan terlebih dahulu seperti fungsional, biaya, perawatan, dan lain sebagainya.

Sekian informasi tentang mobil sport paling ter- sedunia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply